Penyakit Mata Entropion

Penyakit Mata Entropion,- Pernah mendengar istilah penyakit mata entropion ? Jika belum mari simak artikel mengenai entropion dibawah ini.

Apakah anda mengalami bulu mata atau kelopak mata anda melipat ke dalam dan mengakibatkan iritasi mata ? Bisa jadi itu merupakan kelopak mata terbalik (entropion). Kondisi ini akan menyebabkan ketidaknyamanan mata, peradangan dan infeksi

Entropion adalah kondisi dimana pinggiran kelopak mata melipat ke dalam mata. Dan menyebabkan bulu mata terus menerus bergesekan dengan kornea (bagian depan transparan mata) dan konjungtiva (membran yang melapisi mata) dan terkadang merusak struktur bagian tersebut. Entropion ini lebih sering terjadi pada kelopak mata bagian bawah.

Penyakit Mata Entropion

Gejala Penyakit Mata Entropion

Entropion ditandai dengan gejala keluarnya air mata yang berlebihan, pergerakan kelopak mata dan keluarnya kotoran mata, kesat atau terasa seperti berpasir, nyeri ketika terpapar cahaya terang dan penglihatan terasa buram.

Penyebab Penyakit Mata Entropion

Penyebab yang paling umum penyakit mata entropion ini adalah penuaan usia akibat jaringan yang menopang kelopak mata bagian bawah menjadi lemah. Ini menyebabkan pinggiran kelopak mata menggulung ke dalam. Kondisi ini juga kadang dipengaruhi oleh luka pada permukaan kelopak mata bagian dalam akibat peradangan, infeksi kronis atau cidera. Entropion yang berlangsung memakan waktu lama akan menyebabkan luka secara bertahap pada kornea dan dapat meningkatkan resiko infeksi kornea.

  • Kelemahanan Otot. Saat anda semakin menua, otot-otot mata anda cenderung melemah dan tendon pun dapat berelaksasi. Jika otot-otot tendon lemah dan berelaksasi, maka entropion dapat berkembang.
  • Guratan atau operasi sebelumnya. Bekas luka pada kulit akibat luka bakar zat kimia, trauma atau operasi dapat mendistrorsi kurva normal kelopak mata, sehingga menyebabkan entropion.
  • Infeksi Mata. Meskipun kondisi ini jarang terjadi tetapi infeksi mata yang biasa disebut trachoma masih umum di Afrika Utara dan Asia Selatan. Trachoma akan menyebabkan parut pada kelopak mata bagian dalam, yang menyebabkan entropion bahkan kebutaan akibat komplikasi kornea.
  • Peradangan atau Infeksi. Masalah kelopak mata disebut entropion spastik dapat disebabkan oleh infeksi atau peradangan.
  • Pengembangan Komplikasi. Ini jarang sekali terjadi, entropion yang terjadi pada saat lahir (kongenital). Lebih sering, saat bayi membuka bulu mata saat lahir dan memiliki lipatan ekstra kulit pada kelopak mata, disebut epiblepharon.

Pengobatan Penyakit Mata Entropion

Biasanya untuk penanganan penyakit mata ini dengan mengencangkan kelopak mata bawah dan bagian yang terkait. Jika ingin menunda operasi maka gunakan tetes mata pelumas dan salep yang dapat membantu meringankan gejala. Entropion ini perlu diperbaiki melalui pembedahan sebelum gesekan kelopak dan bulu mata menyebabkan kerusakan kornea. Pembedahan pun biasanya dilakukan dengan bius lokal dan penderita tidak perlu diraawat. Hanya dilakukan pengencangan kelopak mata. Setelah pembedahan mata ditutup selama 24 jam dan diberi salep antibiotik selama sekitar 1 minggu.

Komplikasi Penyakit Mata Entropion

Komplikasi yang paling serius terjadi adalah iritasi dan kerusakan kornea. Karena bulu mata dan kelopak mata terus menerus menggosok kornea. Inilah yang menyebabkan rentannya kerusakan kornea dan borok, yang dapat menyebabkan kehilangkan penglihatan permanen. Obat tetes mata dan salep dapat membantu melindungi kornea dan mencegah kerusakan hingga menjalani operasi untuk memperbaiki entropion.

Penyakit mata entropion perlu segera diperbaiki kondisinya sebelum terjadi komplikasi dan semakin memburuk penglihatan secara permanen. Jika entropion terjadi pada mata katarak, disarankan untuk mengkoreksi ketidaknormalan kelopak mata terlebih dahulu sebelum operasi katarak.

Baca Juga : Cordyceps Plus Capsule Green World

By : tasikherbal.com  | Penyakit Mata Entropion

Tinggalkan Balasan