Penyakit Mata Endoftalmitis

Penyakit Mata Endoftalmitis,- Endoftalmitis. Sekilas nama tersebut sangat asing, tetapi tahukah anda bahwa endoftalmitis merupakan gangguan kesehatan pada mata ? Endoftalmitis adalah peradangan berat dalam bola mata yang disebabkan oleh infeksi. Endoftalmitis ini memiliki 2 tipe, yang pertama endogen dan yang kedua eksogen. Endoftalmitis endogen penyebabnya adalah penyebaran bakteri dari tempat lain di tubuh kita melalui aliran darah. Endoftalmitis eksogen dapat terjadi akibat trauma tembus atau infeksi pada tindakan pembedahan yang membuka bola mata. Sedangkan endoftalmitis endogen sangat jarang terjadi hanya 2-15% dari seluruh endoftalmitis.

Penyakit Mata Endoftalmitis

Gejala Penyakit Mata Endoftalmitis

Gejala endoftalmitis yang paling sering terjadi adalah rasa sakit yang sangat pada mata, kelopak mata menjadi merah dan bengkak, kelopak sulit dibuka, konjungtiva kemotik dan merah, kornea menjadi keruh, bilik mata depan keruh. Lalu akan terjadi penurunan tajam penglihatan dan fotofobia (takut cahaya). Endoftalmitis yang terjadi akibat pembedahan dapat terjadi setelah 24 jam dan penglihatan akan semakin memburuk dengan berlalunya waktu. Jika sudah memburuk, akan terbentuk hipopion (kantung berisi cairan putih di depan iris). Mata pun mengalami penurunan fungsi penglihatan. Penglihatan sedikit kabur atau buram dan efek yang lebih parahnya dapat menyebabkan kebutaan.

Penyebab Terjadinya Endoftalmitis

Penyebab Endoftalmitis ini masih dalam peninjauan medis. Tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyaktit ini, antara lain :

  • Endoftalmitis yang disebabkan oleh trauma tembus atau efek dari pembedahan yang pernah terjadi pada bola mata.
  • Terjadi akibat infeksi alat-alat pembedahan mata
  • Disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang masuk ke tempat lain area tubuh melalui aliran darah atau masuk secara langsung pada luka di bola mata.
  • Jamur yang tumbuh dalam bola mata

Pencegahan Penyakit Mata Endoftalmitis

Bagi anda yang pernah mengalami operasi katarak, kurangi resiko terjadinya infeksi dengan cara mengikuti intruksi dokter tentang perawatan mata setelah operasi dan juga kontrol teratur ke dokter mata untuk mengetahui perkembangan perbaikan mata setelah operasi. Untuk mencegah endoftalmitis yang disebabkan karena trauma mata, gunakan pelindung mata saat ditempat kerja dan saat olahraga berat. Kacamata pelindung atau helm dapat melindungi dari terjadinya trauma pada mata di tempat kerja.

Endoftalmitis adalah penyakit yang darurat dan berbahaya. Penanganan serta pengobatan yang tepat harus segera diberikan. Apabila tidak segera ditangai akan menimbulkan masalah yang semakin parah, bahkan bisa menyebabkan kehilangan bola mata dan kebutaan permanen

Pengobatan Penyakit Mata Endoftalmitis

Jika penyebab penyakit mata ini adalah adanya bakteri yang menyebabkan infeksi langkah paling baik adalah dengan memberikan obat antibiotik untuk mata. Bisa berbentuk obat tetes, pel oral, atau lewat intra vena. Bisa juga dengan memberikan suntikan antibiotik langsung pada mata. Cara ini yang paling bagus karena langsung dapat mencapai titik luka. Tetapi ini harus dengan resep dokter dan dilakukan oleh dokter profesioanl. Jika terjadi kesalahan akan berakibat fatal nantinya.

Jika penyebabnya oleh jamur, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan obat atau senyawa anti jamur untuk mata. Senyawa anti jamur antara lain seperti amphoterichin B dan fluconazol. Ampeoterichin digunakan secara langsung pada mata. Jika fluconazol obat oral atau langsung diminum. Menggunakan kedua cara diatas adalah penanganan paling mudah dan dilakukan pada endoftalmitis yang belum terlalu parah atau akut. Jika infeksi sudah menyebar ke seluruh bagian mata, maka metode yang paling tepat adalah dengan melakukan operasi atau pembedahan (victrectomy) yang tujuannya adalah mengambil cairan atau nanah dari kotoran lainnya yang menumpuk pada bola mata.

Penyakit mata endoftalmitis ini tidak boleh disepelekan. Lebih baik anda langsung ke dokter jika anda merasakan tanda-tanda dari gejala penyakit ini. Agar dokter cepat bisa menganalisa serta memberikan penanganan yang tepat agar penyakit ini bisa disembuhkan dan tidak menimbulkan masalah yang semakin parah.

Baca Juga : Penyakit Mata Trachoma

By : Tasik Herbal | Penyakit Mata Endoftalmitis

Tinggalkan Balasan