Category Archives: Penyebab Penyakit

Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pengobatan Benign Prostatic Hyperplasia

Pengertian, Penyebab, Gejala dan Diagnosis Benign Prostatic Hyperplasia

Anda baru mendengar nama penyakit ini ? Inilah kami paparkan informasi lengkap mengenai BPH atau Benign Prostatic Hyperplasia.

Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pengobatan Benign Prostatic Hyperplasia

Kondisi BPH adalah kata lain dari pembesaran prostat jinak adalah kondisi yang menyebabkan kelenjar prostat mengalami bengkak, tetapi tidak bersifat kanker. Kelenjar prostat ini fungsinya adalah untuk memproduksi air mani dan terletak di rongga pinggul antaranya kandung kemih dan juga penis.

Tentu saja penyakit ini hanya dialami kaum pria karena kelenjar prostat hanya dimiliki oleh pria, dan umumnya pria yang terkena kondisi ini adalah pria berusia diatas 50 tahun.

Gejala Pembesaran Prostat Jinak

Gejala pertama akan diawali dengan :

  • Selalu ingin berkemih, apalagi saat malam hari
  • Inkotinensia urine atau beser
  • Sulit mengeluarkan urine
  • Mengejan saat berkemih
  • Aliran urine tersendat-sendat
  • Mengeluarkan urine yang disertai dengan darah
  • Merasa tidak tuntas setelah berkemih

Gejala-gejala tersebut akan muncul karena adanya tekanan di kandung kemih dan juga uretra ketiak kelenjar prostat mengalami pembesaran.

Penyebab Pembesaran Prostat Jinak

Penyebab utama pembengkakan prostat jinak ini masih belum diketahui, tetapi diperkirakan kondisi ini terjadi karena adanya perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan.

Pada sistem kemih pria terdapat saluran yang fungsinya adalah untuk membuang urine keluar dari tubuh melalui penis, atau uretra. Dan jalur lintas uretra inilah yang secara maksimal melewati kelenjar prostat. Jika terjadi pembesaran pada kelenjar prostat, maka secara bertahap bisa mempersempit uretra dan akhirnya aliran urine pun mengalami penyumbatan. Penyumbatan inilah yang membuat otot pada kandung kemih membesar dan lebih kuat untuk mendorong urine keluar.

Faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena BPH adalah :

  • Kurang berolahraga dan mengalami obesitas
  • Faktor penuaan
  • Menderita jantung atau diabetes
  • Efek samping obat-obatan penghambat beta
  • Karena faktor keturunan

Pengobatan Pembesaran Prostat Jinak

Penanganan pembesaran prostat jinak atau BPH dibagi menjadi 2, yaitu penanganan BPH dengan gejala ringan dan BPH dengan gejala menengah hingga parah.

Untuk kasus BPH biasanya ditangani dengan obat-obatan, terapi menahan kemih dan perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup disini yaitu :

  • Mulai berolahraga secara teratur, misalnya berjalan kaki hingga ke satu jam setiap hari
  • Mulai mengurangi dan berhenti mengkonsumsi kafein dan juga minuman keras
  • Mencari jadwal konsumsi obat yang tepat untuk menghindari nokturia atau meningkatkan frekuensi buang air kecil sepanjang malam
  • Mulai membiasakan diri untuk tidak minum apapun sebelum waktu tidur agar terhindar dari nokturia atau berkemih sepanjang malam.

Inilah informasi lengkap mengenai pembengkakan kelenjar prostat, semoga bisa bermanfaat ūüôā

3 Penyebab Bisul dan Pencegahannya

3 Penyebab Bisul dan Pencegahannya,- Bisul merupakan penyakit kulit dengan kondisi adanya benjolan merah di kulit dan terasa sakit. Benjolan ini bisa muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi di folikel rambut atau lubang tempat rambut tumbuh.

Bagian tubuh yang sering terkena bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong dan paha. Kondisi ini terjadi karena bagian tersebut sering mengalami gesekan dan juga berkeringat. Bisa juga tumbuh di kelopak mata.

3 Penyebab Bisul dan Pencegahannya

Gejala gejala yang bisa menyebabkan bisul adalah, munculnya benjolan merah  di kulit. Di tahap awal ini ukuran bisul biasanya lebih kecil dan disertai dengan kulit yang memerah, bengkak dan hangat jika disentuh, benjolan berisi nanah dan bertambah besar, berbentuk titik putih di bagian benjolan. Berikut Ini 3 Penyebab bisul :

3 Penyebab Bisul dan Pencegahannya

Kurang Menjaga Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh yang kurang terjaga bisa menyebabkan mudah munculnya bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Bakteri yang sering terjadi adalah “

Terjadinya Infeksi Akibat Bakteri

Penyebab utama bisul adalah bakteri Stapylococcus aureus yang merupakan bakteri yang masuk hingga ke folikel melalui luka gores atau gigitan serangga.

Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit akibatnay bakteri pun mudah timbul.

Cara Mencegah Bisul

Budayakan pola hidup sehat dan bersih

Terapkan pola hidup bersih dan sehat, hal ini bisa dilakukan dengan cara mandi dan juga membersihkan badan dengan menggunakan sabun secara rutin.

Gunakan jenis sabun yang memiliki kandungan anti bakteri dan selalu mandi juga bersihkan diri anda sesuai dengan ketentuan seperti mandi 2x sehari, cuci dan basuh wajah anda setiap mandi dan lain lain.

Hindari Kuman dan Debu

Salah satu penyebab utama dari timbulnya bisul adalah bakteri debu dan kuman, yang bisa menyebabkan alergen di udara. Hal ini bisa menyebabkan menempel dalam tubuh dan membuat tubuh terkena ifneksi, sehingga muncul bisul atau jerawat.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat berperan sebagai anti bakteri. Hal ini bisa membantu mencegah bisul, makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang kaya akan vitamin dan juga mineral yang peranannya sangat penting sebagai anti bakteri, makanan yang mengandung vitamin C, makanan yang mengandung vitamin A dll.

Kurangi Makanan Berprotein Tinggi, Jangan Berlebihan Pula Mengkonsumsinya

Satu hal yang dapat menyebabkan bisul adalah mengkonsumsi protein yang berlebihan. Sumber makanan yang mengandung protein antar lain susu, daging merah, telur bisa membuat bisul tumbuh. Cobalah kurangi konsumsi protein.

Artikel Terkait :

By Tasik Herbal

12 Penyebab Ambeien dan Pencegahannya

12 Penyebab Ambeien dan Pencegahannya,- Ambeien bisa disebut juga hemoroid, penyakit ini sangatlah mengganggu dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Ambeien bisa disebut juga dengan wasir, kondisi ini terjadi karena pembuluh vena mengalami bengkak dan radang di sekitar anus sehingga menyebabkan rasa sakit.

12 Penyebab Ambeien dan Pencegahannya

Wasir akan ditandai dengan gejala pendarahan dari dubur, gatal dan iritasi di daerah anus serta adanya benjolan di daerah anus. Hal ini tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Inilah faktor penyebab penyakit ambeien bisa terjadi :

Terlalu Lama Duduk

Duduk dalam waktu lama bisa menyebabkan tekanan yang abnormal, tekanan tersebut bisa menyebabkan terjadinya wasir dan mengalami resiko cedera punggung.

Mengejan Terlalu Keras

Saat mengalami susah buang air besar yang mengejan terlalu keras bisa menyebabkan otot anus yang membengkak karena adanya tekanan yang terlalu besar. Anda akan mengalami rasa sakit yang luar biasa dan tidak nyaman saat duduk.

Kehamilan

Wasir selama kehamilan ini dianggap biasa, karena wasir ini biasanya timbul akibat adanya perubahan hormon di dalam tubuh, selama masa kehamilan kadar hormon progesterol meningkat dan juga memperkuat serta menahan janin dalam rahim.

Diare Kronis

Seiring waktu ukuran janin bertambah besar dan mendesak sejumlah pembuluh darah di sekitar perut juga panggul. Akibatnya wasir pun tidak dapat dihentikan.

Diare bisa memicu wasir hemoroid, oleh karena itu mulai dari saat ini konsumsi minum cairan seperti air putih dan lakukan olahraga ringan.

Mengangkat Beban Terlalu Lama

Mengangkat beban terlalu lama bisa menyebabkan otot menjadi kaku, dan anus mengalami tekanan sehingga timbul pembengkakan. Hal ini juga bisa menyebabkan turun berok.

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan bisa memicu wasir ambeien

Selain itu faktor penyebab ambeien adalah :

  • Sering melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse)
  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid
  • Batuk terus menerus atau sering muntah

Cara Mencegah Penyakit Ambeien

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang berlebihan apalagi yang pedas dan asam karena bisa memicu asam lambung berlebih, hindari juga makanan yang bersifat panas seperti daging kambing dan minum jahe. Ambeien ini bisa dicegah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang panas, mengandugn lemak dan minyak yang bisa menyebabkan sembelit.
  • Hindari makanan olahan yang banyak mengandung gula dan banyak mengandung lemak, hindari makanan olahan rendah serat seperti keju dan daging merah yang bisa membuat kotoran jadi keras dan sulit untuk dikeluarkan sehingga menimbulkan rasa sakit. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran, sereal dan kacang kacangan
  • Jangan mengkonsumsi soft drink dan minuman yang berkarbonasi karena bisa menjadi perangsang faeces yang membuat anus mengalami iritasi. Hal ini terjadi karena infeksi dan gatal gatal di bagian anus luar. Pada saat BAB hindari mengejan karena kontraksi yang kuat otot anus bisa memperberat ambeien.
  • Konsumsi air putih yang cukup. Air putih bisa membantu mencegah sembelit dan wasir. Konsumsi hingga 6-8 gelas sehari.
  • Rajin Berolahraga. Tubuh yang kurang aktif atau jarang olahraga bisa berpengaruh buruk terhadap kesehastan, jangan hanya duduk saja kini saatnya berikan waktu untuk berolahraga yang mampu mencegah ambeien dan mencegah kolesterol tinggi.
  • Pastikan BAB lancar. Ambeien atau wasir ini juga bisa terjadi karena pembesaran pembuluh darah di bagian anus yang merupakan mengejan waktu BAB. Usahakan jangan mengejan terlalu kuat.
  • Diet Sehat dan Seimbang. Tidak hanya fokus pada minum air putih, makanan sehat dan olahraga. Nutrisi yang penting juga dibutuhkan tubuh seperti vitamin dan mineral. Karena penyebab ambeien bisa terjadi akibat sembelit, maka dengan diet yang sehat sembelit pun bisa dicegah.

Artikel Terkait :

12 Penyebab Ambeien dan Pencegahannya | Tasik Herbal

Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mencegahnya

Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mencegahnya,- Gusi Bengkak merupakan kondisi adanya pembengkakan pada gusi ditandai dengan adanya pembesaran, menggelembung, atau menonjol pada gusi. Di sebagian kasus pun bisa menyebabkan gigi tertutupi secara keseluruhan. Gusi bengkak bisa menjadi terasa sakit sakit dan mudah berdarah.

Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mencegahnya

Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mencegahnya

Gusi bengkak memang merupakan kondisi umum yang biasa terjadi, penyebab umum dair gusi bengkak ini adlaah akibat gangguan salah satu gusi karena menumpuknya plak di gigi. Plak di gigi ini terbentuk saat proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yang bisa mengganggu kesehatan gusi. Berikut ini faktor lain yang menyebabkan gusi bengkak yaitu :

Gingivitis

Kondisi ini adalah sejenis infeksi yang terjadi karena adanya peradangan dan juga bengkak di gusi. Gingivitis yang tidak segera diatasi bisa menimbulkan potensi berbahaya dimana gusi dan juga tulang penahan gigi bisa melemah. Gigi pun bisa tanggal dengan sendirinya dan kondisi gusi bisa semakin parah.

Kurang Gizi (Malnutrisi)

Kurang gizi (vitamin dan mineral) bisa menyebabkan kesehatan gusi menjadi terganggu. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sendiri meliputi vitamin B, C, Kalsium dan juga Asam Folat termasuk vitamin C.

Gigi yang Berlubang

Gigi berlubang pun termasuk salah satu masalah mulut yang sering terjadi. Gigi berlubang yang tidak segera ditambal bisa menyebabkan makanan tersangkut dan menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri yang bersarang bisa menyerang saraf dan pembuluh darah sehingga tubuh melakukan perlawanan. Reaksi dari peradangna lalu timbul di daerah akar gigi saat sistem imun bekerja dan menyebabkan gusi menjadi bengkak.

Berubahnya Hormon (Perubahan)

Gusi bengkak ini juga dialami oleh wanita saat masa pubertas, menjelang datang bulan dan juga hamil. Saat mereka mengalami perubahan hormon yang meningkatkan aliran darah ke gusi menyebabkan gusi mudah iritasi dan juga bengkak.

Perubahan hormon ini pun berpengaruh bagi kemampuan tubuh untuk melawan bakteri penyebab radang gusi dan meningkatkan resiko gingivitis.

Kondisi Lainnya …

Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi merupakan proses alami, biasanya dimulai sejak usia 6 bulan hingga gigi geraham bungsu muncul di usia dewasa. Memang kondisi tumbuh gigi tidak menyebabkan semua orang merasakan rasa sakit di proses ini, tetapi justru sebagian pun mengalami nyeri. Rasa sakit masih bisa dianggap wajar dalam 3-5 hari tetapi jika berkelanjutan ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Gusi bengkak bisa terjadi jika gigi tumbuh dengan posisi yang tidak tepat.

Herpes Stomatitis

Infeksi jamur dan virus ini bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak. Misal virus herpes simpleks bisa menimbulkan herpes stomatitis. Infeksi ini pun bisa menular dan menyebar dengan cepat.

Leukimia

Penderita leukimia umumnya merasakan tanda tanda gusi bengkak, lunak dan mudah berdarah yang menjadi salah satu gejala penderita leukimia. Ini terjadi karena banyaknya sel darah putih muda yang menginfiltrasi jaringan gusi. Masalah ini pun biasanya terjadi secara berulang disertai dengan gejala lainnya.

Kondisi Lainnya …

Kehamilan

Saat hamil juga bisa menyebabkan gusi bengkak selama kehamilan, hal ini terjadi karena hormon tubuh saat hamil bisa meningkatkan aliran darah di gusi. Peningkatan aliran darah ini pun bisa menyebabkan gusi menjadi mudah iritasi dan bengkak.

Akibat Infeksi Bakteri

Gusi bengkak juga bisa terjadi karena adanya infeksi oleh jamur dan virus.

Cara Mencegah Gusi Bengkak

Langkah langkah dibawah ini adalah langkah penanganan dan juga untuk mengatasi gusi bengkak :

  • Cobalah berkumur dengan larutan air asin untuk membersihkan gigi, gusi dan juga rongga mulut dan bakteri
  • Minum banyak air untuk membantu menyiram mulut dari bakteri. Air pun bisa membantu merangsang produksi air liur, dan membunuh bakteri penyebab gusi bengkak.
  • Menyikat gigi dan flossing dengan lembut sehingga tidak menyebabkan gusi mengiritasi.
  • Menghindari hal hal yang menyebabkan iritasi misal obat kumur yang keras, alkohol, tembakau dan juga rokok
  • Cobalah menempatkan kompres hangat di wajah (pada gusi yang bengkak) untuk mengurangi rasa sakit di gusi.
  • Biasakan sikat gigi secara rutin, hal ini merupakan¬†kegiatan penting untuk menjaga kesehatan gigi anda setiap saat.
  • Saat gusi bengkak sedang kambuh bisa dibantu dengan berkumur menggunakan baking soda. Obat kumur ini bisa mengurangi rasa sakit di gusi dan mencegah terjadinya bakteri pembengkakan gusi.
  • Selalu konsumsi makanan makanan sehat yang tidak menimbulkan panas di perut. Makanan sehat tersebut adalah sayuran, buah yang segar.
  • Kurangi Stres.Stres berlebih bisa menyebabkan berbagai macam penyakit bermunculan.

Artikel Terkait :

 

Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya,- Sakit Gigi merupakan kondisi umum yang biasa dikeluhkan oleh sebagian masyarakat. Mereka yang mengalami sakit gigi tentu tahu rasanya. Kadang orang juga lebih memilih sakit hati ketimbang sakit gigi. Karena kondisi ini memang sangat menyakitkan dan membuat keadaan menjadi tidak nyaman.

Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

Salah satu penyebab utama sakit gigi adalah “ASPEK KESEHATAN GIGI” jika gigi sehat maka kondisi sakit gigi tidak mudah timbul. Berikut ini faktor penyebab terjadinya sakit gigi :

  • Erosi Gigi¬†

Erosi gigi adalah kondisi permukaan gigi yang terkikis akibat dari proses yang terjadi secara kimiawi, dimana lingkungan mulut yang bersifat asam pH dibawah 5. Adanya bakteri ini menyebabkan erosi gigi terjadi dan juga karena cara menggosok gigi yang kurang tepat bisa menyebabkan erosi gigi.

  • Gigi yang Rusak

Rusaknya gigi adalah penyebab sakit gigi yang paling sering dialami banyak orang. Pada mulanya akan muncul lubang kecil dan tanpa disadari lubang tersebut bisa menjadi bertambah besar dan menembus emali gigi hingga ke lapisan dentin gigi. Gigi pun menjadi lebih sensitif.

Kondisi lain yang menyebabkan sakit gigi…

  • Mengalami Gusi Bengkak

Kondisi gusi bengkak ini juga bisa penyebab sakit pada gigi lho ! Ini karena adanya bagian gusi di mulut mengalami peradangan dan menyebabkan bengkak, merah dan pada beberapa kasus bisa mengeluarkan darah dan menjadikan gusi mengalami infeksi dan bagian gigi lain yang berhubungan dengan gusi ini mengalami rasa sakit.

  • Gigi Miring

Kondisi gigi miring terjadi karena struktur gigi yang tidak rata dan juga miring bisa menyebabkan rasa sakit di gigi. Rasa sakit ini terjadi karena pada saat gigi mengunyah maka makanan pun menjadi tidak rata dan menyebabkan gigi menjadi miring bisa terpengaruh dan menyebabkan rasa sakit.

  • Adanya Benturan di Gigi

Penyebab sakit gigi selanjutnya adalah karena terjadinya trauma gigi akibat gigi yang pernah terbentur dengan sesuatu lalu patah dan bergoyang. Jika hal ini terjadi biasanya menyebabkan seseorang merasakan sakit gigi yang begitu mendalam.

  • Akan Tumbuh Gigi Bungsu

Akan tumbuh gigi bungsu atau graham juga bisa menyebabkan rasa sakit pada gigi. Hal ini terjadi karena gigi bungsu tidak memiliki cukup ruang ketika sedang tumbuh sehingga mengakibatkan tekanan pada gigi yang letaknya berdekatan sehingga gigi terasa sakit.

  • Sedang Melakukan Perawatan Ortodentik

Setelah memasang kawat gigi atau melakukan perawatan gigi misal menggunakan kawat gigi bisa menyebabkan rasa sakit di gigi.

Kondisi lain yang menyebabkan sakit gigi adalah :

  • Mengalami pembusukan gigi (kondisi gigi berlubang)
  • Penumpukan nanah di dasar gigi karena infeksi (Abses)
  • Penyusutan gusi
  • Adanya gigi retak
  • Tambalan yang rusak (kondisi gigi yang pernah ditambal)
  • Adanya cedera pada sendi temporomandibular (sendi yang menghubungkan rahang dengan tengkorak kepala)
  • Tukak gusi

Cara Mencegah Sakit Gigi

Cara mencegah sakit gigi paling mudah adalah dengan memperhatikan kondisi dengan rajin menggosok gigi. Diusahakan anak anda sejak dini pun dibekali pemahaman yang baik tentang pentingnya menyikat gigi minimal 2 kali sehari.

Cara Mencegah Sakit Gigi yang tak kalah penting lainnya ..

  • Hindari menggunakan tusuk gigi sesudah makan

Menggunakan tusuk gigi setelah makan bisa berpotensi merusak gusi, gusi yang rusak bisa berpotensi menimbulkan sakit gigi.

  • Selalu rawat dan periksakan gigi ke dokter minimal 6 bulan sekali

Merawat dan memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali merupakan cara mencegah munculnya gangguan kesehatan gigi yang paling utama.

  • Lakukan penambalan pada kondisi gigi yang berlubang

Jika gigi mengalami berlubang segera tambal untuk menghindari nyeri gigi di kemudian hari.

  • Batasi konsumsi makanan yang berpotensi membuat gigi berlubang dan terasa sakit (gula, cokelat dan permen)

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gigi berpotensi menyebabkan gigi berlubang dan mengalami nyeri gigi.

  • Hindari menggosok gigi terburu buru dengan menggunakan gerakan yang keras

Jangan menggosok gigi terburu-buru, tergesa gesa atau terburu buru bisa membuat gusi tergesek sehingga menimbulkan ngilu atau gusi berdarah yang berpotensi menimbukan nyeri gigi.

  • Pilihlah sikat gigi yang lembut bagi gigi

Sikat gigi yang lembut menghindari resiko gusi tergesek saat menyikat gigi.

  • Biasakan menggosok gigi sebelum tidur

Kebiasaan ini perlu dipupuk sejak dini, hal ini agar tidak ada kuman yang menempel atau kuman yang berkembangbiak saat tidur. Kuman dan bakteri di gigi bisa berpotensi menimbulkan karang gigi dan masalah mulut lainnya.

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu panas dan dingin

Jangan biarkan gigi dan gusi anda mengalami ngilu dengan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan suhu terlalu panas atau terlalu dingin.

  • Hindari merokok, merokok bisa merusak gigi

Merokok bisa membuat gigi menjadi kuning dan tidak terawat. Gigi yang tidak terawat juga bisa menyebabkan gangguan pada gusi sehingga menimbulkan sakit gigi.

Artikel Terkait : Obat Sakit Gigi Di Apotik

By : Tasik Herbal | Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

Faktor Penyebab Koreng Di Tubuh

Faktor Penyebab Koreng Di TubuhFaktor Penyebab Koreng Di Tubuh,- Koreng merupakan masalah umum yang sering terjadi pada kulit. Koreng paling sering muncul di kaki, tetapi bisa juga dibagian lainnya seperti tangan dan kepala. Semua kalangan bisa terjangkit koreng, karena penyakit kulit ini bisa muncul pada anak, remaja, dewasa, bahkan lansia. Koreng bisa sangat menyakitkan karena koreng dapat menyebabkan kulit terkelupas, bernanah dan berair.

Ada berbagai macam penyebab koreng di tubuh yaitu :

Faktor Penyebab Koreng Di Tubuh

Infeksi Kulit

Penyebab koreng yang paling sering terjadi adalah akibat infeksi. Infeksi kulit menyebabkan adanya koreng, infeksi pun ada penyebabnya yaitu karena virus ataupun bakteri. Bakteri dan virus pun disebabkan oleh kondisi kulit yang kurang bersih, imun tuubh yang lemah dan karena faktor lain yang bisa menyebabkan kulit terinfeksi. Tetapi yang paling sering adalah karena bakteri. Bakteri bisa menumpuk akibat kebersihan kulit yang tidak terjaga.

Terbakar

Koreng pun bisa terjadi akibat kulit yang terbakar (terkena air panas, terkena kobaran api, menyentuh benda panas). Kulit yang terkena koreng akibat luka bakar bisa sangat sulit disembuhan dan bisa menimbulkan bekas.

Alergi

Koreng pun bisa disebabkan karena alergi, misal alergi makanan dan alergi udara kotor.

Tergores

Faktor lain penyebab timbulnya koreng adalah goresan pada kulit oleh benda tajam yang menyisakan koreng yang ringan.

Iritasi Kulit

Koreng pun bisa terjadi karena iritasi kulit akibat produk perawatan yang dioleskan pada kulit dan tidak cocok.

Penyakit Kulit

(cacar, herpes, eksim) bisa menyebabkan koreng muncul. Kondisi ini disebabkan karena adanya peradangan. 

Hal yang paling sering bisa menyebabkan koreng adalah akibat luka yang digaruk terus menerus. Itu merupakan salah satu alasan utama mengapa koreng bisa terjadi. Oleh karena itu sangat penting menjaga kerbersihan kulit agar koreng tidak mudah muncul. 

Bagi anda yang mempunyai keluhan masalah koreng, kami mempunyai solusinya. Rekomendasi kami gunakan Jelly Gamat QnC obat alami koreng di kepala, kaki, tangan dan seluruh tubuh.

TELAH HADIR OBAT KORENG HERBAL (PENGOBATAN DIOLES DAN DIMINUM) LUKA SEMBUH 3X LEBIH CEPAT

Menyembuhkan secara alami karena terbuat dari olahan teripang emas pilihan. Klik >> Obat Koreng (dalam artikel tersebut kami akan paparkan bagaimana jelly gamat qnc menyembuhkan koreng + jika anda berminat pesan kami berikan DISKON khusus).

Baca Juga :

By : Tasik Herbal

Faktor dan Penyebab Kadar Kreatinin Tinggi Pada Ginjal

Faktor dan Penyebab Kadar Kreatinin Tinggi Pada Ginjal,- Selamat datang di situs kami TasikHerbal.com . Disini kami akan memberikan informasi mengenai kesehatan dan juga sebagai toko online pusat penjualan obat herbal berkualitas premium dengan harga terjangkau.

Melayani pemesanan ke seluruh Indonesia dengan pelayanan istimewa “KIRIM BARANG DULU BARU TRANSFER PEMBAYARAN” (Pemesanan 1-2 botol).

Faktor dan Penyebab Kadar Kreatinin Tinggi Pada GinjalFaktor dan Penyebab Kadar Kreatinin Tinggi Pada Ginjal

Sebelum anda mengetahui mengapa kreatinin bisa berkadar tinggi dan bahayanya alangkah baiknya anda mengetahui apa itu kreatinin dan bagaimana saja fungsinya. Cukup 10 menit untuk membaca artikel ini ..

Apa Itu Kreatinin ?

  • Kreatinin merupakan molekul limbah kimia yang dihasilkan dari metabolisme
  • Kreatinin sendiri dihasilkan dari creatine, sebuah molekul penting dan utama untuk produksi energi di otot
  • Sekitar 2% creatine tubuh diubah menjadi kreatinin setiap hari
  • Kreatinin sendiri diangkut melalui darah ke ginjal. Dan ginjal menyaring sebagian kreatinin lalu membuangnya ke dalam urin.
  • Karena massa otot dalam tubuh relatif konstan dari hari kehari, produksi kreatinin biasanya tetap dan dasarnya tidak berubah setiap harinya.

Normalnya kadar kreatinin darah seseorang berkisar antara 0.6 hingga 1.2 mg/dl. Nah jika kadar kreatinin seseorang meningkat bisa disebabkan karena produksi kreatinin atau meningkat atau pembuangan kreatinin terhambat.

Bahaya Kadar Kreatinin Meningkat Pada Ginjal

Ginjal bisa mempertahankan kadar kreatinin darah dalam kisaran normal. Kreatinin menjadi salah satu indikator penting untuk fungsi ginjal. Tingkat kreatinin yang meningkat menandakan kerusakan fungsi ginjal atau penyakit ginjal salah satunya adalah penyakit gagal ginjal kronik dan batu ginjal.

Faktor dan Penyebab Pemicu Kreatinin Tinggi

  • Mengkonsumsi daging dan makanan yang berprotein tinggi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan hasil pemeriksaan kreatinin meningkat
  • Dehidrasi atau kurangnya cairan pada tubuh baik karena kurang minum atau pada orang pasca terkena diare, muntah dan DBD.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang mempengaruhi kadar kreatinin abnormal.
  • Kondisi penyakit diabetes yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kreatinin tinggi
  • Infeksi ginjal, rhabdomyolysis (pemecahan otot abnormal) dan obstruksi saluran kemih pun bisa meningkatkan kadar kreatinin.

Itulah faktor penyebab mengapa kreatinin bisa meningkat abnormal dan membahayakan kesehatan ginjal. Kreatinin tinggi bisa dicegah dengan pola hidup sehat, cukup minum air putih, dan mengontrol penyakit yang anda derita. Sayangi tubuh anda. Jika bukan anda siapa lagi ? Dan satu lagi, “You is What You Eat” . Jagalah pola makan anda dengan baik, makanan apa saja yang anda konsumsi agar di masa mendatang tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Salam Sehat !

Baca Juga :

By : Tasik Herbal | Faktor dan Penyebab Kadar Kreatinin Tinggi Pada Ginjal

Faktor Penyebab Penyakit Eksim

Eksim adalah kondisi adanya peradangan pada kulit yang bisa menyebabkan munculnya rasa gatal-gatal. Kondisi ini disertai dengan kulit yang memerah, kering dan pecah-pecah. Eksim ini bisa termasuk jenis penyakit kulit jangka panjang dengan gejala yang muncul kembali lalu kemudian menghilang.

Faktor Penyebab Penyakit Eksim

Faktor Penyebab Penyakit Eksim

Faktor Penyebab Penyakit Eksim,- Eksim berbagai macam jenisnya. Ada dermatitis discoid, dermatitis verikosa, atopik, kontak, dishidrotik, numularis, seboroik dan statis. Tetapi yang paling sering muncul terjadi adalah dermatitis atopik. Eksim atopik ini reaksi umum adalah reaksi alergi dan bukan alergi biasa terntunya. Penyakit ini umumnya muncul pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan pada orang dewasa pun terjadi. Banyak hal yang menyebabkan eksim ini muncul. Entah karena alergi, atau karena kondisi medis hay fever atau sensitif karena serbuk sari dan juga bisa jadi karena asma. Inilah faktor-faktor yang bisa menimbulkan terjadinya eksim dan memperburuk gejala eksim :

  • Menggaruk kulit dan menyebabkan luka serta iritasi

Menggaruk kulit dengan tangan yang tidak bersih, dapat menyebabkan kuman mudah masuk dalam kulit dan menyebar serta dapat memperburuk kondisi eksim atau bisa menyebabkan luka dan iritasi.

  • Kulit Kering

Bagi anda yang memiliki kulit kering, biasanya cenderung lebih mudah terkena eksim.

  • Faktor infeksi bakteri dan virus

Infeksi bakteri bisa menyebabkan eksim muncul akibatnya sistem imun tubuh pun berkurang. Virus pun menjadi penyebab gejala eksim yang utama.

  • Tingkat kelembapan dan cuaca

Cuaca yang panas dan kondisi lembap bisa menimbulkan gejala eksim muncul.

  • Keringat Tubuh

Tubuh yang terlalu banyak berkeringat bisa menyebabkan gatal-gatal, gatal gatal akan menyebabkan garukan dan memunculkan gejala eksim.

  • Cairan pelarut, pembersih, sabun dan deterjen

Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan iritasi bagi sebagian kulit, terutama pemilik kulit sensitif. Dan bisa pula menyebabkan gejala eksim atopik.

  • Faktor Makanan

Makanan juga bisa menyebabkan timbulnya gejala eksim . Makanan tersebut seperti telur, susu, kacang, kedelai, dan ikan. Ini mudah sekali terjadi pada bayi dan anak kecil.

  • Debu dan Serbuk Sari

Debu dan serbuk sari juga bisa menyebabkan gejala eksim atopik.

  • Asap Rokok dan Polusi Udara

Asap rokok dan juga polusi udara yang menempel pada kulit sensitif bisa menimbulkan eksim. Ini juga terjadi pada pemilik kulit sensitif dan kulit kering.

  • Kondisi Lingkungan Yang Kotor

Lingkungan yang kotor bisa menimbulkan munculnya penyakit eksim. Kebersihan pakaian, selimut, karpet dan bahan bahan baju pun berpengaruh.

Baca Juga :

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Eksim

Faktor Penyebab Penyakit Wasir

Wasir adalah kondisi pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus.

Faktor Penyebab Penyakit WasirFaktor Penyebab Penyakit Wasir,- Pembuluh darah yang membengkak dalam anus tidak dapat terlihat, kondisi ini biasa disebut hemoroid internal. Pembengkakan pada anus pun bisa terjadi di luar anus yang terasa lebih nyeri, yaitu di dekat lubang anus, disebut juga hemoroid eksternal. Penyebab hemoroid wasir ini masih belum dapat dipastikan. Tetapi penyakit ini dihubungkan dengan adanya peningkatan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan di sekitarnya. Banyak hal yang bisa mempengaruhi faktor penyebab penyakit wasir ini, diantaranya :

Peningkatkan tekanan darah di area anus dan rektum bisa disebabkan akibat terlalu lama mengejan saat buang air besar. Konstipasi bisa menjadi penyebab utama dari orang mengejan. Konstipasi yang terjadi pun biasanya terjadi akibat dari kekurangan nutrisi serat dalam makanan. Inilah hal hal yang memunculkan resiko terkena hemoroid :

Faktor Penyebab Penyakit Wasir

  • Sering mengangkat benda berat

Sering mengangkat benda berat bisa mengakibatkan tekanan yang berlebihan pada perut. Perut yang terpapar tekanan secara terus menerus dan dalam jangka panjang, bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya hernia.

  • Usia semakin bertambah, membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah

kira-kira 15% dari tulang kerangka menyusut selama proses menua. Proses ini bisa mengakibatkan tulang rapuh dan lemah, tetapi juga kehilangan beberapa unsurnya. Akibatnya wasir lebih mudah muncul.

  • Batuk yang terus menerus atau sering muntah

Batuk juga bisa menyebabkan penyakit hernia muncul. Batuk yang terlalu keras apalagi bisa menyebabkan kesakitan.

  • Kelebihan Berat Badan

Obesitas bisa membuat tubuh mengalami pembesaran melebihi kapasitas. Banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan obesitas ini terjadi. Obesitas ini bisa menyebabkan hernia muncul akibat gemuknya badan yang melebihi ukuran normal.

  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid atau faktor genetik

Faktor genetik memang menjadi faktor yang tidak bisa dihindari, pasalnya jika ada anggota keluarga yang mengalami hernia maka kemungkinan keturunannya terkena hernia 2x lebih besar.

  • Faktor Gender

Jenis kelamin pun mempengaruhi penyakit wasir, wasir paling rentan dialami pria yang sudah berumur. Maka dari itu pria perlu berhati-hati terhadap penyakit ini.

  • Kelahiran Premature

Bayi yang dilahirkan prematur dalam usia kandungan 7 bulan memiliki beberapa penyebab yaitu salah satunya akibat dari pecah ketuban, yang harus segera melakukan proses melahirkan. Faktor penyebab hernia adalah karena kelahiran premature.

  • Sedang hamil

Kehamilan bisa beresiko terkena penyakit hernia akibat kondisi tubuh.

Selain faktor-faktor diatas ada lagi hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya hernia yaitu :

  • Sering melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse)
  • Sering duduk dalam waktu lama

Baca Juga : Penyebab Penyakit Jantung Koroner

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Wasir

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner terjadi saat pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada arteri koroner.

Faktor Penyebab Penyakit Jantung KoronerFaktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner,- Pada dinding pembuluh darah arteri bisa terjadi kondisi aterosklerosis, atau penumpukan kolesterol dan substansi lainnya yang semakin bertambah dan mempersempit ruang arteri. Tumpukan ini disebut plak. Plak yang menumpuk terlalu lama bisa mengeluarkan zat kimia yang dapat membuat dinding bagian dalam dari pembuluh darah menjadi lengket. Pada saat bersamaan, darah dapat memuat sel-sel inflamasi, lipoprotein, dan kalsium. Zat inilah yang kemudian menempel di dinding pembuluh darah dan membuat timbunan plak semakin banyak. Zat yang menumpuk semakin besar bisa mempersempit arteri koroner sehingga suplai darah kaya oksigen ke jantung semakin menipis. Plak juga bisa pecah dan menyumbat sebagian besar hingga seluruh aliran aliran darah pada pembuluh arteri. Jika hambatan ini terjadi pada arteri koroner, maka bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Semakin besar plak, semakin sempit arteri koroner sehingga suplai darah kaya oksigen ke jantung semakin menipis. Plak pun bisa pecah dan kemudian menyumbat sebagian besar hingga seluruh aliran darah pada pembuluh arteri. Jika hambatan ini terjadi pada arteri koroner, maka bisa menjadi serangan jantung.

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Banyak hal yang bisa memperbesar peluang penyakit jantung koroner. Diantaranya adalah :

  • Riwayat Genetik

Jika anda memiliki keluarga yang menderita penyakit jantung, maka kemungkinan untuk terkena resiko terkena penyakit jantung juga sangatlah besar.

  • Merokok

Aktivitas yang satu ini menjadi penyebab berbagai macam penyakit bermunculan. Menghisap rokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner lebih mudah. Kandungan nikotin serta karbon monoksida dalam asap rokok bisa membuat jantung bekerja lebih cepat dari biasanya. Kedua zat ini pun bisa meningkatkan resiko terjadinya gumpalan darah di arteri.

  • Kolesterol

Kolesterol yang terlalu banyak mengalir dalam darah bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Jenis kolesterol yang bisa membuat jantung koroner tumbuh dan kian besar adalah lipoprotein low-density (LDL) yang disebut dengan kolesterol jahat.

  • Diabetes

Para penderita diabetes pun bisa diprediksi memiliki resiko 2 kali lipat terkena jantung koroner. Ini karena penderita diabetes kemungkinan memiliki lapisan pembuluh darah yang lebih tebal dari orang sehat.

  • Terjadinya Pembekuan Darah

Pembekuan darah atau trombosis terjadi pada arteri koroner bisa memblokir suplai darah menuju jantung. Pembekuan darah ini biasanya terjadi di lokasi yang sama dengan aterosklerosis. Ini karena pembekuan darah menghalangi suplai darah ke oksigen.

  • Tingginya Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah tinggi bisa memperbesar seseorang menderita penyakit jantung koroner. Seseorang dikategorikan memiliki tekanan darah tinggi jika memiliki tekanan sistolik di kisaran 140mmHg atau lebih, atau tekanan diastolik sekitar 90mmHg atau lebih.

  • Obesitas

Umumnya kegemukan atau kelebihan berat badan pun bisa terganggu akibat adanya peningkatan kadar metabolisme kolesterol dalam darah dan menimbulkan terjadinya jantung koroner.

  • Kurang Olahraga

Olahraga bisa menguatkan otot jantung, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, dan bisa meningkatkan suplai darah dan oksigen ke jantung.

Baca Juga : Penyebab Hernia

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner