Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma

 

Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma,- Glaukoma adalah kondisi dimana penderitanya mengalami peningkatkan tekanan cairan di dalam mata. Glaukoma ini bisa terjadi secara tiba-tiba bahkan jika sudah kronis dapat menyebabkan kebutaan. Glaukoma kronis ditandai dengan peningkatkan tekanan di dalam mata dan terjadi selama beberapa bulan atau beberapa tahun tanpa disertai gejala apapun. Untuk itu perlunya kewaspadaan yang tinggi terhadap penyakit mata glaukoma.

Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma

Jenis-Jenis Glaukoma

Glaukoma terbagi menjadi 2 jenis dan keduanya disebabkan oleh tekanan pada mata. Yang pertama adalah glaukoma sudut terbuka dan yang kedua adalah glaukoma sudut tertutup.

  • Glaukoma sudut terbuka merupakan jenis gangguan yang paling umum dan bisa disebut juga glaukoma kronis karena muncul dan berkembang secara perlahan-lahan.
  • Glaukoma sudut tertutup lebih jarang terjadi dan dikenal sebagai glaukoma akut karena terjadi secara tiba-tiba. Glaukoma sudut tertutup merupakan kondisi darurat karena dapat menyebabkan kebutaan permanen dengan cepat.

Glaukoma dapat dipicu oleh faktor-faktor yang menyebabkan glaukoma semakin parah yaitu peradangan dan infeksi parah pada mata, penyakit yang mendasar seperti diabetes, dan efek samping dari penggunaan obat-obatan steroid. Glaukoma juga beresiko lebih tinggi seiring dengan usia seseorang, terutama bagi mereka yang berada diatas 40 tahun.

Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma

  • Orang yang terkena glaukoma rasanya ingin mengedip terus dengan menekan kedipan berlebih
  • Penglihatan yang makin menyempit hingga pada akhirnya tidak dapat melihat obyek sama sekali
  • Penderita akan merasakan sakit mata karena matanya membengkak
  • Penderita glaukoma saat memandang cahaya lampu rumah akan merasakan timbulnya warna pelangi di sekitar cahaya lampu tadi

Memiliki kondisi mata yang terkena glaukoma memang Pada sebagian pasien kerusakan mata yang ditimbulkan oleh glaukoma sulit diobati. Tetapi ada baiknya penderita glaukoma mengurangi tekanan intraokular pada mata dan mencegah meluasnya kerusakan pada mata.

Mengobati sangatlah penting, tetapi mencegah penyakit jauh lebih penting. Seperti penyakit mata glaukoma yang umumnya menyerang lansia yang berusia 40 tahun tetapi glaukoma bisa menyerang siapa saja dan usia berapapun. Jika glaukoma dapat dicegah sebelum terjadi kerusakan pada retina dan saraf mata, kemungkinan besar anda sembuh dari glaukoma akan semakin besar. Oleh sebab itu sekali lagi mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tips Mencegah Penyakit Mata Glaukoma

  • Lakukan pemeriksaan mata secara rutin dan teratur
  • Lakukan juga pemeriksaan segera jika mata terasa buram
  • Berhati-hati jika tekanan mata lebih dari 21mmHg
  • Hati-hati jika salah satu anggota keluarga anda menderita glaukoma

Sebagian besar faktor resiko glaukoma seperti usia, resiko keturunan memang tidak dapat dicegah. Tetapi kesehatan mata dan pemeriksaan yang teraturlah yang sangat penting untuk deteksi sejak dini. Diagnosa dini adalah kunci atau usaha untuk mencegah kebutaan akibat glaukoma.

Anda Ingin Mencegah Mata Glaukoma? Atau Sudah Terlanjur Divonis Glaukoma

Kini Telah Hadir Obat Khusus Masalah Kesehatan  Mata Walatra Sehat Mata Softgel

EFEKTIF SEMBUHKAN MATA GLAUKOMA SECARA ALAMI

KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT !

 

Baca Juga : Jenis Operasi Bedah Mata

By : Walatra Sehat Mata Softgel | Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma

 

Ciri-Ciri Saraf Mata Rusak

Ciri-Ciri Saraf Mata Rusak,- Saraf mata merupakan kumpulan saraf yang memiliki peranan penting untuk sistem indera penglihatan manusia. Cahaya yang didapat oleh mata kemudian ditransfer melalui saraf menuju otak untuk dapat diterjemahkan. Tanpa adanya saraf mata indera mata tidak akan berjalan sesuai fungsinya dengan sempurna. Tetapi seperti halnya organ lain, saraf mata inipun kerap mengalami gangguan seperti saraf mata putus, rusak dll. Gangguan ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang sangat parah bahkan menimbulkan kebutaan.

Ciri-Ciri Saraf Mata Rusak

Penyebab Saraf Mata Rusak

Penyebab rusaknya saraf mata bermacam-macam bisa karena putus, robek, saraf mata lemah atau saraf mata lepas. Apakah hal yang dapat menyebabkan saraf mata rusak ini ? Saraf mata rusak bisa diakibatkan karena beberapa sebab, yaitu : Kelainan di mata, penambahan produksi cairan mata dari badan siliar, penyakit yang mempengaruhi saraf mata, pengeluaran cairan mata di daerah sudut bilik mata, bisa juga celah pupil yang berkurang. Yang satu lagi efek samping dari konsumsi obat-obatan dan bisa juga akibat dari faktor genetik atau faktor keturunan.

Penyebab Saraf Mata Putus : Saraf mata putus ini terjadi akibat cairan mata yang terhambat keluar dan menyebabkan pembengkakan bola mata. Ini membuat bagian belakang bola mata tertekan sehingga saraf mata menjadi kejepit. Saraf mata tidak mendapat cukup aliran darah sehingga membuat saraf mata menjadi rusak dan putus. Penyebab lain kerusakan adalah adanya tumor pada kelenjar pitutary yang menekan saraf tersebut.

Penyebab Saraf Mata Robek : Saraf mata robek terjadi akibat cairan vitreous yang bentuknya seperti jeli menjadi mencair dan menekan retina secara abnormal.

Penyebab Saraf Mata Lepas : Saraf mata lepas ini terjadi karena adanya lubang atau robekan kecil di retina mata. Kerusakan robekan retina mata ini menyebabkan menyusutnya korpus vitreum, yaitu cairan yang mengisi bagian tengah mata. biasanya diakibatkan oleh trauma, peradangan, atau adanya tumor, dan komplikasi diabetes yang menyebabkan penyakit ablasio sekunder.

Ciri-Ciri Saraf Mata Rusak

  • Terasa sakit atau nyeri di bagian belakang mata.
  • Kemamuan melihat secara detail mengalami penurunan termasuk sulit membedakan warna
  • Penyempitan lapangan pandang
  • Penurunan ketajaman penglihatan
  • Penglihatan kabur
  • Kehilangan penglihatan atau mengalami kebutaan

Kehilangan penglihatan atau mengalami kebutaan adalah komplikasi yang tidak dapat dihindari ketika gangguan penyakit saraf mata ini sudah terjadi. Tanda-tanda anda mengalami kerusakan pada saraf mata bisa dilihat saat anda melihat lampu neon atau sumber cahaya lainnya, akan terlihat warna pelangi di sekitar lampu tersebut. Yang kedua mata akan terasa sakit ketika mata membengkak. Lalu penglihatan sebelumnya kabur tetapi seiring berjalannya waktu kembali normal. Dan yang terakhir rasa terus menerus mengedipkan mata.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Ciri-Ciri Saraf Mata Rusak semoga dapat bermanfaat. Pengobatan saraf mata yang rusak ada bermacam-macam, bisa melalui operasi dan mengkonsumsi obat herbal. Mengkonsumsi obat herbal dapat dikatakan lebih aman dan lebih hemat untuk pengobatan saraf mata rusak.

Anda Ingin Mendapati Gejala Saraf Mata Rusak ?

Kini Telah Hadir Obat Khusus Masalah Kesehatan Mata Walatra Sehat Mata Softgel

EFEKTIF SEMBUHKAN SARAF MATA RUSAK SECARA ALAMI

KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT !

Baca Juga : Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma

By : Walatra Sehat Mata Softgel

 

Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Anda tahu apa itu penyakit trakoma pada mata? Penyakit menular ini dapat menyebabkan kebutaan yang diakibatkan oleh infeksi yang menimpa lebih dari 20 juta warga di dunia, maka ketahui Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata selengkapnya hanya disini.

Trakoma merupakan salah satu penyebab utama kebutaan yang masih dapat dicegah. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan bahwa penyakit trakoma bertanggung jawab pada penderita tunanetra dari 2,2 juta orang di mana diantaranya 1,2 juta adalah ireversibel buta.

Mulanya penyakit trakoma mata ini hanya dapat menyebabkan gatal-gatal atau iritasi ringan pada mata dan kelopak mata sehingga anda bisa mengetahuinya dari tanda kelopak mata yang mulai membengkak serta mengeluarkan nanah pada air mata. Sebagian dari infeksi ini biasanya akan berlangsung dengan menyebabkan rasa sakit pada mata serta penglihatan yang kebur dari hari ke hari. Jika infeksi ini tidak diobati dengan cepat dan tepat, maka dapat menyebabkan jaringan parut terjadi di dalam kelopak mata.

Maka sari itu, wajib bagi semua kalangan untuk mengetahui Ciri Ciri serta Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata yang dominannya terjadi karena faktor kesehatan lingkungan yang kurang mendukung.

Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Ciri Ciri Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Penyakti mata trakoma sudah banyak berkembang di negara-negara berkembang di mana kondisi kondisi hidup penduduknya yang sangat padat dan sanitasi lingkungan kyang tidak memadai sehingga mambantu penyebaran penyakit lebih cepat. Hal ini dapat menular dan menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi trakoma atau lewat benda-benda yang terkontaminasi olehnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa sebagian besar anak-anak dan perempuan memiliki infeksi trakoma yang aktif di tubuhnya dengan ciri-ciri penyakit trakoma sebagai berikut :

  • Gatal-gatal ringan dan iritasi yang terjadi pada mata dan kelopak mata
  • Mengalami perubahan dari kondisi mata menjadi mengandung lendir atau nanah
  • Terjadi pembengkakan pada kelopak mata
  • Sinsitivitas terhadap cahaya (photophobia)
  • Sakit mata

Ciri-ciri atau gejala pada penyakit trakoma ini berkembang dalam 5 tahapan, yakni :

  1. Peradangan – Folikel, infeksi baru akan dimulai dalam tahap ini, antara lima atau lebih folikel (benjolan kecil yang berisi limfosit sejenis sel darah putih) akan terlihat dengan pembesaran pada permukaan bagian dalam kelopak mata bagian atas (konjungtiva)
  2. Peradangan – Intens, pada tahapan ini, mata akan menjadi sangat menular menyebarkan virus infeksi trakoma dengan penebalan atau pembengkakan pada kelopak mata atas.
  3. Jaringan parut pada kelopak mata, infeksi yang terjadi secara berulang dapat menyebabkan jaringan parut pada kelopak mata bagian dalam. Kelopak mata dapat menjadi terdisrotsi dan dapat berubah dalam (entropion).
  4. Bulu mata yang tumbuh ke dalam (trichiasis). Lapisan bagian dalam yang harus berubah bentuk seiring kondisinya yang semakin memburuk, maka menyebabkan bulu mata untuk menyerah akan kondisi mata sehingga bulu-bulu mata ini menggosok pada permukaan luar transparan pada mata (kornea).
  5. Kornea berkabut, kornea akan terpengaruh oleh peradangan yang terjadi, peradangan terus menerus meningkat karena efek dari gesekan bulu mata yang berbalik arah ke mengaburkan kornea.

Dalam kondisi tertentu, jaringan kelenjar kelopak mata termasuk kelenjar air mata (kelenjar lakrimal) juga dapat berpengaruh sehingga menyebabkan kekeringan ekstrim pada mata yang akan memperparah masalah trakoma bahkan lebih.

Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Berbagai gejala yang terjadi pada penyakit trakoma tidak akan hadir tanpa penyebab. Penyakit trakoma terjadi disebabkan subtipe tertentu dari pertumbuhan bakteri Chlamydia trachomatis yaitu bakteri yang juga menyebabkan terjadinya penyakit menular seksual klamidia.

Penyakit trakoma dapat menyebar dan menular melalui kontak dengan langsung dengan mata, kelopak mata, hidung ataupun sekresi tenggorokan dari orang yang telah terinfeksi bakteri chlamydia. Kontak langsung bisa berupa cairan yang keluar dari mata atau hidung, atau berbagai arah lain, seperti tangan, pakaian, handuk dan serangga yang bisa menjadi rute atau perantara untuk transmisi bakteri tersebut. Di berbagai negara berkembang, lalat menjadi salah satu sarana transmisi penyebaran infeksi bakteri pada trakoma mata.

Anda Divonis Mengalami Mata Trakoma ?

Kini Telah Hadir Obat Khusus Masalah Kesehatan Mata Walatra Sehat Mata Softgel

EFEKTIF SEMBUHKAN MATA TRAKOMA SECARA ALAMI

KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT !

Baca Juga : Penyebab Mata Juling

by : Walatra Sehat Mata Softgel | Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Gejala Katarak Ringan

Terkadang penyakit katarak bisa datang tanpa kita sadari, padahal dari hal-hal ringan pun sebenarnya bisa menjadi sebuah tanda, maka dari itu ketahui Gejala Katarak Ringan sejak dini agar dapat melakukan pencegahan dan pengobatan sedini mungkin.

Kebanyakan penyakit mata katarak ditemukan setelah berada dalam kondisi yang sudah parah. Banyak dari mereka yang tidak menyadari akan Gejala Katarak Ringan yang menimpanya sehingga dengan sendirinya mereka membiarkan penyakit katarak terus berkembang.

Kenapa banyak dari mereka yang tidak menyadari adanya gejala katarak ringan? Mungkin ini berhubungan dengan faktor yang mempengaruhi daya ingat penderita, karena kebanyakan penderita katarak yaitu didominasi oleh orang tua atau lanjut usia sehingga secara otomatis daya ingat mereka pun sudah mulai menurun. Atau mereka menganggap bahwa gejala yang terjadi bukanlah suatu yang perlu dikhawatirkan.

Gejala Katarak Ringan Yang Harus Anda Ketahui

Gejala Katarak Ringan

Penyakit mata katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di seluruh dunia yang menyebabkan berjuta-juta orang kehilangan penglihatannya secara perlahan.

Katarak sendiri ialah suatu perubahan penuaan universal lensa mata secara alami. Di mana suatu kondisi yang berkembang dari waktu ke waktu seiring bertambahnya usia, semakin parah penyakit mata katarak maka akan semakin parah pula gejala yang dirasakan oleh penderita. Namun sebelum berkembang pada potensi penyakit yang lebih parah, gejala-gejala ringan juga mungkin terjadi pada awal penyakit katarak.

Katarak dapat berkembang selama bertahun-tahun, pada awalnya memang diawali dengan permasalahan yang tidak begitu mencolok menandakan penyakit katarak. Bahkan penyakit mata katarak dapat berkembang di kedua mata walaupun masing-masing dari kedua mata memiliki pengaruh yang berbeda satu sama lain.

Penglihatan kabur biasanya akan menandai pada awal gangguan penyakit ini, atau juga mempengaruhi padndangan dengan cara berikut ini :

  • Anda mungkin akan kesulitan untuk melihat dalam cahaya yang redup atau bahkan sangat terang.
  • Silau dari lampu yang terang akan menyilaukan atau membuat tidak nyaman ketika melihatnya.
  • Pengliahatan terhadap warna akan memudar akan kurang jelas.
  • Segala yang dilihat mungkin akan bernada kuning atau coklat.
  • Kemungkinan memiliki penglihatan ganda.
  • Dapat melihat halo atau lingkaran cahaya di sekitar lampu terang, seperti lampu depan mobil atau lampu jalan.
  • Jika menggunakan kacamata mata, mungkin anda akan menemukan bahwa penggunaan kacamata sendiri sudah dirasa tidak efektif dari waktu ke waktu dalam membantu penglihatannya.

Penyakit katarak tidak akan membuat mata menjadi menyakitkan dan tidak pula mengiritasi mata, hanya saja dapat sedikit menyebabkan mata menjadi merah.

Siapa saja yang dapat terpengaruh terhadap penyakit katarak?

Tidak heran jika penyakit katarak banyak terjadi pada lansia karna memang usia merupakan salah satu faktor utama dari penyebab berekmbangnya penyakit mata katarak. Bahkan di Inggris, kebanyakan orang yang berusaia antara kisaran 65 tahun atau lebih memiliki beberapa derajat gangguan penglihatan yang disebabkan oleh penyakit mata katrak, tak mengenaljenis kelamin pria dan wanita sama-sama bisa terpengaruh.

Meskipun demikian, namun kadang-kadang penyakit katarak juga dapat mempengaruhi anak-anak bahkan bayi atau yang lebih dikenal dengan sebutan katarak kecil.

Katarak pada masa kanak-kanak lebih sering disebut sebagai :

  • Katarak kongenital, yaitu katarak yang hadi sejak bayi lahit atau sesudahnya.
  • Perkembangan, yaitu penyakit mata katarak pada yang terjadi pada anak-anak atau remaja.

Katarak pada bayi dan anak-anak memang jarang terjadi, diperkirakan dapat mempengaruhi antara tiga dan empat orang di setiap 10.000 anak di Inggris.

Gejala Katarak Ringan Pada Anak-Anak

Seperti halnya penyakit mata katarak yang terjadi pada orang tua, katarak pada anak-anak pun bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata. Cairan berawan pada lensa mata juga bisa membesar dan dapat lebih berkembang seiring waktu sehingga fungsi visual dang anak juga semakin terpengaruh. Katarak pada anak juga dapat menyebabkan “mata bergoyang-goyang” dan juling di mana mata menunjuk dalam arah yang berbeda.

Ketika usia anak masih sangat muda, mungkin akan sangat sulit untukk menemukan tanda-tanda katarak. Namun untuk mengetahui mata bayi anda terpengaruh katarak atau tidak anda bisa melakukan pemeriksaan mata secara rutin dalam waktu 72 jam setelah lahir dan ketika mereka berusia enam sampai delapan minggu. Bahkan penyakit mata katarak justru dapat terlihat perkembangannya setelah melihat hasil tes skrining.

Itulah beberapa Gejala Katarak Ringan yang memang sepele tapi ini sangat penting sebagai upaya untuk mengetahui potensi atau perkembangan penyakit mata katarak.

Anda Ingin Merasakan Gejala Katarak Ringan Seperti Diatas ?

Kini Telah Hadir Obat Khusus Masalah Kesehatan Mata Walatra Sehat Mata Softgel

EFEKTIF SEMBUHKAN GEJALA KATARAK SECARA ALAMI

KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT !

Baca Juga : Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

by : Walatra Sehat Mata Softgel | Gejala Katarak Ringan

Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus

Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus – Kebanyakan penderita mata minus akan menyadari terkena mata minus setelah kondisi mata minusnya sudah terlanjut tinggi sehingga merasa sulit untuk melakukan pengobatan. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus secara lengkap agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Read moreCiri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus