Langkah Mencegah Penyakit Rubella Pada Ibu Hamil

Langkah Mencegah Penyakit Rubella – Virus rubella bisa menyebar dengan sangat mudah. Penularan bisa melalui butiran liur udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin. Berbagi makanan dan minuman dalam piring atau gelas yang sama dengan penderita juga bisa menularkan rubella. Sama halnya jika menyentuh mata, hidung dan mulut anda setelah memegan benda yang terkontaminas i virus rubella.

Langkah Mencegah Penyakit Rubella

Infeksi Virus Rubella Pada Ibu Hamil

Rubella pada ibu hamil bisa juga mengeluarkan ruam di kulit, rubella akan berbeda dengan campak. Penyakit ini memang lebih ringan dari campak. Tetapi jika menyerang wanita hamil, terutama sebelum usia kehamilan 5 bulan, rubella bisa memiliki potensi tinggi untuk menyebabkan sindrom rubella kongenital atau bahkan kematian bayi dalam kandungan.

WASPADAI PERKEMBANGAN INFEKSI VIRUS RUBELLA PADA IBU HAMIL

Langkah Mencegah Rubella

Pencegahan rubella yang efektif adalah dengan vaksinasi, apalagi bagi wanita yang berencana untuk hamil. Sekitar 90% mereka yang menerima vaksin ini bisa terhindar dari rubella. Sejak adanya program vaksin ini, jumlah kasus rubella tercatat secara global berkurang secara signifikan.

Pemerintah saat ini telah mengampanyekan pemberian vaksin MR menggantikan vaksin MMR. Vaksin ini pun bertujuan memberikan perlindungan terhadap campak dan rubella.

Pemberian vaksin MR ini direkomendasikan pada anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun, dan diberikan melalui suntikan pada jaringan lemak (subkutan) lengan atas.

Orang dewasa dan anak-anak hanya mendapatkan satu kali suntikan vaksin MMR, dapat mendapatkan vaksin MR pada usia berapa pun. Apabila anak sudah pernah mendapat vaksin MMR, vaksin MR inipun bisa diberikan.

Wanita yang berencana untuk hamil biasanya pun dianjurkan memeriksakan diri melalui tes darah. Jika hasil tes ini menunjukan bahwa seorang wanita belum memiliki kekebalan terhadap rubella, dokter bisa menganjurkannya untuk menerima vaksin MR. Setelah itu, dia perlu menunggu minimal 4 minggu untuk hamil. Harap ingat bahwa vaksinasi ini tidak boleh dijalani saat sedang hamil.

Selain Pemberian Vaksin, Mencegah Penularan Rubella pun penting. Caranya meliputi :

  • Hindari kontak dengan penderita sebisa mungkin, khususnya untuk ibu hmil yang belum menerima vaksin MR atau MMR dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.
  • Pindahkan penderita ke ruangan terpisah yang jauh dari anggota keluarga
  • Menjaga kebersihan diri, misal mencuci tangan sebelum makan, setelah berpergian, atau jika terjadi kontak dengan penderita

Baca Juga : Penyebab Telinga Berdengung

By Tasik Herbal

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>