10 Penyebab dan Cara Mencegah Syaraf Kejepit

15 May

10 Penyebab dan Cara Mencegah Syaraf Kejepit,- Syaraf Kejepit adalah kondisi dimana syaraf mendapat tekanan dari bagian tulang, hal ini bisa menyebabkan rasa nyeri hebat. Syaraf adalah jalinan banyak serat yang fungsinya adalah sebagai penghubung antara organ tubuh dengan sistem saraf pusat dan juga sistem saraf lainnya.

10 Penyebab Syaraf Kejepit dan Cara Mencegahnya

Syaraf kejepit akan dirasakan rasa nyeri hebat di bagian lengan dan kaki, ada juga rasa lemah dibagian tubuh terentu. Beberapa penderita mengalami kesemutan atau mati rasa. Berikut Ini Penyebab Syaraf Kejepit Bisa Terjadi :

Pernah Jatuh

Kondisi pernah jatuh atau kecelakaan kemungkinan menyebabkan cedera dibagian sumsum tulang dan menyebabkan urat terjepit. Saat bagian syaraf terluka akibat jatuh maka bisa menyebabkan rasa nyeri hebat dibagian tubuh tertentu saat tubuh digerakan.

Faktor Usia dan Juga Penuaan

Faktor usia sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan, biasanya kondisi syaraf kejepit inipun dialami oleh lensia akibat faktor penuaan atau usia yang bertambah, karena usia bertambah tua otomatis terjadi kausan pada tubuh dan kondisi ini dinamakan dengan diskus intervertebra. Nama lainnya adalah degenerasi bantalan atau kondisi berkurangnya kadar air pada diskus tulang belakang.

Akibat Mengangkat Benda Berat

Mengangkat beban terlalu berat sangat tidak baik meskipun dilakukan oleh orang muda dan tua. Proses mengangkat benda berat ini bisa memicu kondisi syaraf kejepit jika tidak pas dan hati hati. Kondisi ini bisa terjadi jika menggunakan otot punggung, beda lagi jika menggunakan otot betis dan paha.

Penyebab Lainnya

Faktor Keturunan

Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kesehatan syaraf terjepit bisa berakibat pada saudara atau anaknya. Bahaya syaraf kejepit ini bisa mematikan, apalagi jika diderita orangtua bisa memicu masalah kesehatan yang serupa.

Faktor Pekerjaan

Bagi mereka yang memiliki pekerjaan dengan tuntunan fisik, bisa berpotensi besar mengalami syaraf kejepit. Bahkan resikonya pun bisa melebihi gangguan pada punggung. Mendorong, menarik dan mengangkat barang secara berulang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan syaraf.

Kegemukan

Faktor kegemukan juga berpengaruh pada syaraf tubuh. Berat badan berlebih bisa berpotensi penyakit tangan mati rasa, yaitu syaraf terjepit. Saat kelebihan berat badan dialami, ada tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan diskus punggung bawah.

Melakukan Aktivitas Olahraga Atau Fisik

Kegiatan olahraga yang sejatinya untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, bisa berdampak buruk apabila tidak dilakukan sesuai aturan/prosedur. Kegiatan olahraga tidak selalu membawa kesehatan bagi pelakunya, ada beberapa olahraga yang gerakannya justru bisa menimbulkan syaraf kejepit. Gerakan yang salah pun bisa menjadi penyebab terjepitnya sistem saraf. Pilihlah olahraga yang ringan dan tidak beresiko mengganggu bagian syaraf anda.

Rheumatoid Arthritis

Kondisi ini merupakan peradangan kronis yang terjadi di bagian sendi yang menyebabkan bengkak, kaku dan nyeri. Bagian tangan dan kaki yang paling sering mengalami hal ini bisa berdampak di bagian jaringan area persendian. Dampaknya bisa hingga tendon, ligamen dan juga otot.

Postur Tubuh Tertentu

Postur tubuh pun berpengaruh, seseorang yang berpostur tubuh tertentu bisa membuat saraf terjepit muncul, misalnya posisi dimana sisi dalam siku ditekan atau bisa juga akibat tertekuknya pergelangan tangan dalam waktu yang cukup lama. Sama seperti yang telah dijelaskan, gerakan repetitif atau berulang di area yang saraf lewati sehingga infalmasi bisa terjadi dan memicu saraf terjepit.

Cara Mencegah Syaraf Kejepit

  • Perbanyak konsumsi air putih agar sirkulasi darah lancar
  • Konsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium yang baik untuk sendi dan tulang
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Olahraga sesuai dengan aturan, jangan sembarang olahraga

Artikel Terkait :

Tasik Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *