Khasiat Jahe Untuk Syaraf Kejepit

Khasiat Jahe Untuk Syaraf Kejepit

Khasiat Jahe Untuk Syaraf Kejepit,– Jahe yang merupakan salah satu rempah rempah penyedap makanan yang khasiatnya tidak hanya sebagai penyedap tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit termasuk syaraf kejepit.

Jahe termasuk dalam katerogi tanaman rimpang yang kepopulerannya sebagai rempah rempah dan bahan obat tidak dapat diragukan lagi. Rimpang jahe ini bentuknya jemari yang menggembung di ruas ruas tengah. Rasa dominan pedas pada jahe ada karena kandungan senyawa keton yang dinamakan zingeron. Jahe termasuk dalam kategori suku Zingiberaceae.

Jahe juga bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh, misal saat cuaca dingin meracik produk olahan jahe yang bisa membantu menghangatkan tubuh dengan rasa pedasnya.

Ciri Morfologis Jahe

Jahe memiliki batang semu dengan tinggi 30 hingga 100cm, akarnya ini berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga merah dengan bau yang menyengat. Daunnya menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm lalu panjang 8 hingga 15 mm.Tangkai daunnya berbulu halus.

Bunga jahe ini tumbuh dari dalam tanah dengan bentuk bulat telur dan panjang 3,5 hingga 5cm juga lebar 1,5 hingga 1,75. Gagang bunga bersisik sebanyak 5-7 buah. Bunganya berwarna hijau kekuning kuningan. Bibir bunga pun memiliki kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Khasiat Jahe Untuk Syaraf Kejepit

Dalam jahe terdapat nutrisi penting yang baik untuk tubuh dan sangat cukup yaitu A,B,C dan E, Fosfor, zat besi, magnesium, kalsium dan juga betakaroten.  Jahe pun memiliki kandungan anti inflamasi yang kuat sehingga baik untuk digunakan.  Inilah alasan mengapa jahe bisa mengatasi beberapa penyakit termasuk syaraf kejepit. Biasanya untuk mengobati syaraf terjepit orang orang menerapkan bubuk jahe di bagian tubuh yang mengalami syaraf kejepit. Jahe juga mampu meringankan rasa nyeri dan rasa sakit akibat peradangan.

Cara Membuat Jahe Serbuk

  • Giling jahe
  • Hasil gilingan jahe tambahkan dengan air, gunakan saringan yang halus agar ampas bisa terpisah dengan baik
  • Saring gilingan jahe dengan air, gunakan saringan yang halus agar ampasnya terpisah dengan baik
  • Diamkan hasil perasan kurang lebih 5-6 jam dan lihat jika jahe sudah benar benar mengendap
  • Pisahkan pati jahe dengan menuang ke tempat yang berbeda
  • Lalu setelah itu masak campuran gula dan sari jahe sesuai selera takarannya
  • Setelah mendidih aduk terus campuran api tetapi jangan terlalu besar
  • Pengadukan bisa terus dilakukan tanpa henti, karena jika tidak campuran bisa hangus atau berwarna coklat pekat
  • Setelah campuran berbentuk bulatan seperti serbuk, kecilkan api, sambil terus diaduk sambil menghancurkan bulatan agar menjadi serbuk
  • Jika berhasil, hasil serbuk jahe akan berwarna coklat muda, dan baunya khas jahe

Nah resep ini bisa digunakan untuk mengatasi syaraf kejepit. Semoga syaraf kejepit anda lekas sembuh, salam sehat pembaca Tasikherbal.com 🙂

Artikel Terkait Mengenai Syaraf Kejepit :

Khasiat Jahe Untuk Syaraf Kejepit

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>