Faktor Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga

tasik-herbal-respostbanner
By | 28/03/2017

Faktor Penyebab Benjolan Di Belakang TelingaFaktor Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga,- Hal hal yang bisa memicu tumbuhnya benjolan sangatlah beragam. Penyebab tumbuhnya benjolan di belakang telinga yang menyebabkan rasa sakit atau tidak biasanya timbul akibat infeksi, alergi, bakteri, pertumbuhan tulang yang berlebihan, dan masalah lain yang lebih serius seperti kanker atau tumor. Belakang telinga juga bisa menjadi sasaran sel kanker.  Ada 9 PENYEBAB BENJOLAN DI BELAKANG TELINGA. Simak terus hingga tuntas…

Faktor Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga

# KELENJAR GETAH BENING BENGKAK

Kelenjar getah bening yang bengkak bisa menyebabkan benjolan kecil di beberapa daerah organ tubuh. Bisa menyebabkan benjolan belakang telinga, leher, ketiak dll. Jika muncul biasanya ukurannya seukuran dengan biji jagung atau sebesar kelereng, jika diraba bisa terasa kenyal dan lunak, bisa terasa sakit ataupun tidak. Gejala lain ditandai dengan kelelahan dan demam tinggi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kelenjar Getah Bening Bengkak

Tandanya : Permukaan kulit halus, benjolan di bawah kulitnya bisa muncul satu atua beberapa benjolan.

#JERAWAT

Jerawat bisa membentuk benjolan kecil (papula dan nodul) kulit yang timbul berisi masa padat di permukan kulit (sama dengan jerawat di wajah).

Ciri Ciri : Persis seperti jerawat di wajah. Tidak akan menyebabkan gangguan pendengaran.

# MASTOIDITIS

Kondisi ini merupakan infeksi di tulang mastoid timbul. Infeksi menyebar ke tulang mastoid dan menyebabkan kerusakan struktural dan peradangan. Telinga bisa menjadi kemerahan, sakit telinga, pembengkakan dan pembentukan benjolan. Ada lagi gejala tambahan misal sakit kepala, demam dan penurunan pendengaran.

Ciri Khasnya : Pembengkakan bisa lebih merata dan lebih besar  bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

# KISTA

Jika terdapat kista di kulit, sudah pasti penyebabnya adalah kelenjar sebaceous (penghasil minyak di kulit) yang tersumbat dan menyebabkan penumpukan sebum (zat lemak) atua kista sebaceous.

Ciri-Cirinya : Terdapat benjolan seperti kelereng dan bintik hitam di tengah benjolan tersebut. Jika kulit digerakan benjolan bisa mengikuti.

# ABSES

Abses merupakan kantung dalam tubuh yang berisi nanah dan tumbuh secara abnormal. Kondisi ini  menimbulkan benjolan. Abses ini berbeda dengan kista, kista tidak memiliki nanah sedangkan abses ya.

Ciri Abses di belakang telinga : Kulit bisa terlihat normal dan kemerahan, benjolan teraba terasa lunak seperti meraba plastik berisi cairan.

Penyebab Lainnya ….

# TUMOR JINAK

Tumor jinak ini benjolan belakang telinga dan tidak akan menyebabkan rasa sakit, jika teraba lunak bisa digerakan. Tumor ini tumbuh dari jaringan kelenjar ludah ke bagian belakang telinga

Ciri Tumor : Pada kulit ada struktur yang merusak jaringan dan menyebabkan benjolan dibawah kulit, yang bisa menyebabkan gangguan pendengaran, keluar cairan dari telinga dan pusing.

# INFEKSI JAMUR

Infeksi jamur bisa menyebabkan benjolan yang dibarengi dengan permukaan kulit yang memerah dan meradang. Ada faktor yang menyebabkan infeksi kulit misal stres, perubahan iklim, gangguan pernafasan, masalah persarafan, dan kelelahan juga infeksi kulit.

# KANKER

Adanya pertumbuhan kanker ganas misal kanker kelenjar ludah dan kanker kulit. Kanker jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah.

Baca Juga : Faktor Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

# LIPOMA

Lipoma adalah benjolan lemak yang terbentuk diantara lapisan kulit, kondisi ini bisa ada di bagian tubuh manapun. Hampir semua jenis lipoma tidak menyebabkan bahaya.

Artikel Terkait : 

By Tasik Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *