Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Mata

Ikan salmon dikenal sebagai sumber omega 3 yang memberikan nutrisi penting bagi pertumbuhan. Kini khasiat serta manfaatnya tak hanya dikenal bagi sistem pertumbuhan saja tapi juga bagi kebaikan kesehatan lainnya, termasuk salah satunya adalah Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Mata dan sistem penglihatan.

Minyak ikan memang memiliki banyak manfaat serta keuntungan bagi kesehatan terlebih untuk kesehatan mata dan sistem penglihatannya.

Ini dibuktikan oleh melalui salah satu penelitian yang telah dilakukan oleh seorang pakar kesehatan bernama Jhon Paul San Giovanni, ScD dari National Eye Institut, di mana dalam penelitiannya menunjukan bahwa minyak ikan mampu mencegah berbagai masalah gangguan penurunan penglihatan yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor bertambahnya usia dan akibat sindrom kekeringan pada mata.

Minyak ikan yang paling terkenal adalah yang dihasilkan dari ikan salmon, di mana ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan. Selain ikan salmon juga banyak jenis ikan yang bisa dijadikan sebagai minyak ikan, seperti ikan makare, sarden, tuna, ikan todak dan herring serta pilchard. Kualitas dari minyak ikan salmon sendiri akan tergantung pada jenis ikan yang dipilih.

Sebagai jenis makanan yang dianggap sebagai super food ini minyak ikan salmon mengandung berbagai kandungan baik bagi sistem penglihatan, antara lain Omega 3, Asam amino, Protein kualitas tinggi, Vitamin A, B, B6, D, dan E, serta kandungan lainnya dari kalsium, zat besi, seng, fosfor dan magnesium.

Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Mata

 

Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Mata

Minyak ikan salmon merupakan sumber yang sangat baik dari DHA dan EPAasam lemak serta omega 3. Kandungan asam lemak yang ada pada ikan salmon termasuk jenis asam lemak esensial yang juga dapat membantu drainase yang tepat terhadap cairan intraocular dari mata, mengurangi risiko mata dari tekanan yang tinggi dan penyakit glaucoma mata.

Minyak ikan salmon juga kaya akan kandungan lemak omega 3 berguna untuk menekan risiko dari gangguan penglihatan akibat degenerasi makula atau Age-related Macular Degeneration (AMD) atau suatu gangguan pada mata, yaitu penurunan penglihatan akibat faktor usia hingga lebih dari  30% jika minyak ikan dikonsumsi secara rutin sekurangnya sebanyak 2 kali dalam seminggu

Kandungan omega 3 ini penting sekali untuk kesehatan mata terutama untuk bagian retina mata, karena sekitar 60% retina pada mata terbentuk oleh omega 3 dan jika kekurangan asupan omega 3 akan sangat berpengaruh pada penurunan penglihatan terutama dapat mengakibatkan rabun pada mata.

Selain omega 3, kandungan lain yang juga bermanfaat untuk kesehatan mata yaitu kandungan vitamin A nya. Vitamin A yang terdapat pada ikan salmon dapat menjaga system penglihatan dan kesehatan mata, kandungan ini bermanfaat supaya terhindar dari bahaya penyakit mata katarak dan gangguan lainnya pada mata.

Beberapa penelitian yang dilakukan pada minyak ikan salmon

Selain berbagai penelitian yang telah menyertai manfaat di atas, ada juga penelitian lainnya yang menunjukan bahwa minyak ikan salmon memang memiliki peranan penting untuk kesehatan :

  • Oleh National Eye Institute (NEI) pada tahun 2009, di mana penelitian in menggunakan data yang diperoleh dari Age-Related Eye Disease Study (AREDS) menemukan bahwa peserta dengan tinkat asam lemak tertinggi dalam dietnya menunjukan hasil 30% lebih untuk mengurangi perkembangan degenerasi macula dibandingkan dengan mereka yang berpotensi mengembangkan degenerasi macula lebih cepat.
  • Selang beberapa tahun NEI juga kembali melanjutkan penelitiannya, dengan menunjukan hasil yang sangat mengejutkan, di mana yang melengkapi dietnya dengan 1.000 mg omega 3 (teramasuk 350 mg DHA dan 650 mg EPA) tidak menunjukan pengurangan apapun dari factor-faktir timbulnya risiko pada mereka terkair degenerasi macula secara progresif selama durasi 5 tahun penelitian, dibandingkan dengan peserta yang tidak menerima minyak ikan omega peserta 3.

Kewaspadaan

Seperti halnya suplemen atau obat-obatan lain, penerimaan serta konsumsi minyak ikan salmon juga dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahli kesehatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Meskipun minyak ikan ini juga tergolong pada suplemen kesehatan yang alami, namun tentu saja dosis pemakaiannya juga perlu diperhatikan. Salah satu suplemen yang terbuat dari minyak ikan salmon adalah Deep Sea Fish Oil Softgel. Manfaatnya sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Lipoma Tanpa Operasi

By : Walatra Sehat Mata Softgel | Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Mata

 

Leave a Comment