Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Mata

tasik-herbal-respostbanner
By | 01/12/2016

Sayuran berwarna hijau yang mirip dengan bunga kol ini adalah satu makanan sumber zat besi  yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Mata. Nutrisi yang ada dalam brokoli pun tak bias kita sepelekan begitu saja.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Mata

Selama ini mungkin belum banyak yang tahu akan manfaat yang diperoleh dari sayuran hijau brokoli ini, padahal dalam sayuran brokoli terdapat berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan. Konon katanya, brokoli merupakan sumber yang sangat kaya akan nutrisi nabati yang berguna untuk membantu melindungi tubuh dari bahaya serangan sel kanker prostat yang biasanya terjadi pada pria dan risiko dari penyakit stroke.

Brokoli yang memiliki nama ilmiah Brassica Oleracea ini merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di daerah dingin. Juga membutuhkan tanah yang baik, subur dan kering, karenanya tanaman brokoli tidak dapat tumbuh di sembarang tempat. Sayuran ini lebihsering dimanfaatkan bunganya yang biasanya akan dijadikan sebagai salah satu hidangan masakan, bunga brokoli berwarna hijau ini memiliki kandungan nutrisi penting yang sangat banyak dan unik.

Seperti yang telah dikatakan di awal, bahwa brokoli adalah salah satu sumber zat besi tinggi. Di mana zat besi ini dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk memproduksi sel hemoglobin dan sel myglobin dalam sel darah yang berfungsi untuk mengikat oksigen yang diproduksi oleh paru-paru yang selanjutnya akan dibagikan ke seluruh jaringan di tubuh.  Selain dari kandungan zat besi, brokoli juga dikenal dengan tinggi akan antioksidan penting. Antioksidan inilah yang berperan untuk meningkatkan system imun (kekebalan tubuh) seseorang dengan cara yang sangat efektif dalam upaya untuk mnunda proses penuaan dini. Dengan mengkonsumsi 1 porsi brokoli pada setiap harinya merupakan cara yang paling tepat untuk mendapatkan asupan zat besi pada tubuh anda.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Mata

Brokoli berguna untuk menjaga kesehatan mata

Menurut salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of The National Academy of Science yang mengungkapkan bahwa dalam brokoli memiliki senyawa bernama sulforaphane yang merupakan senyawa pelawan kanker yang ada dalam sayur brokoli.

Menurut Johns Hopkins University menemukan dalam penelitiannya bahwa sel-sel dalam retina manusia juga mampu diobati dengan senyawa sulforaphone yang ada pada brokoli bermanfaat secara terus-menerus untuk melindungi retina mata dari oksidasi akibat radikal bebas yang dapat membuat berbagai kerusakan pada retina dan bagian lain pada organ mata. Yaitu dengan cara meningkatkan kemampuan sel-sel yang ada dalam tubuh sehingga memiliki pertahanan yang amat kuat untuk melawan serangan oksidasi radikal bebas.

Kandungan dalam brokoli yang berperan dalam membantu meningkatkan kesehatan mata

  • Lutein

Lutein memang merupakan kandungan yang sangat penting dan benar-benar dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan mata, dan brokoli adalah salah satunya dari sumber lutein. Sebagian besar lutein dapat disimpan sebagai dalam retina dan lensa mata, di mana lutein ini akan menyerap cahaya biru berbagaya yang sehingga melindungi dari risiko degeneraisi macula, rabun senja pada orang dewasa dari kerusakan ringn hingga diinduksi. Efek perlindungan pada buah brokoli ini memba ini juga membantu dari berbagai kondisi termasuk pada masalah gangguan kesehatan.

Meur Linus Pauling institute, kandungan luteinpada brokoli ini lebih memungkinkan untum, membantu dalam menunda akan timbulnya penyakit mata katarak serta penyakit mata akibat kaitannya dengan faktor usia yaitu degenerasi mamakula.

  • Vitamin A (termasuk beta-karoten dan karotenoid)

Bukan hanya wortel yang dikenal sebagai sayuran kaya manfaat untuk kesehatan mata. Dalam brokoli juga kata akan beta-karoten dan karotenoid yang sangat menguntungkan bagi system penglihatan meskipun melalui jalur yang memiliki walaupun dengan sedikit cataara yang berbeda. Beta-karoten mampu meningkatkan sel-sel nutrisi sehingga menjadikan keberadaan nutrisi penting untuk mata dalam tubuh menjadi semakin meningkat.

Dengan sendirinya tubuh akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A yang sangat penting  bagi sistem penglihatan. Dalam berbagai pembentukan vitamin A, sebenarnya vitamin A juga disebut sebagai “retinoid” karena betapa pentingnya kandungan tersebut pada organ mata.

Jika kandungan gizi di atas mengalami penurunan, maka dapat menyebkan tingkat kebutaan di malam haribahkan jika mengalami kekurangan yang lebih serius dapat mengakibatkan kebutaan secara total.

By : Tasik Herbal | Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *