Faktor Penyebab Polip di Hidung

tasik-herbal-respostbanner
By | 29/12/2016

Faktor Penyebab Polip di HidungFaktor Penyebab Polip di Hidung,- Polip di hidung adalah polip nasi yang merupakan pertumbuhan jinak (bukan sejenis kanker) dari lapisan mukosa hidung yang berada dalam rongga hidung. Mukosa merupakan lapisan yang sangat basah (berlendir) yang fungsinya untuk melindungi bagian dalam hidung dan sinus juga untuk melembabkan udara yang dihirup sebelum masuk ke paru-paru.

Pertumbuhan berlebih pada jaringan mukosa yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan baik karena infeksi ataupun reaksi alergi, akibatnya mukosa hidung menjadi bengkak dan merah, juga dapat menghasilkan cairan yang menetas keluar (hidung meler ingusan). Iritasi pada mukosa yang berkelanjutan, bisa membentuk polip.

Lalu apa sajakah penyebab polip di hidung ?

Faktor Penyebab Polip di Hidung

Para ilmuwan belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan polip hidung. Tidak jelas mengapa beberapa orang mengembangkan peradangan kronis atau mengapa peradangan berkelanjutan memicu pembentukan polip pada beberapa orang dan tidak pada orang lain. Peradangan yang terjadi pada lapisan cairan memproduksi (selaput lendir) hidung dan sinus. Ada beberapa bukti bahwa orang yang mengembangkan polip memiliki respon sistem kekebalan tubuh yang berbeda dan penanda kimia yang berbeda di selaput lendir mereka daripada mereka yang tidak mengembangkan polip.

Polip hidung dapat terbentuk pada usia berapa pun, tapi mereka yang paling umum pada orang dewasa muda dan setengah baya. Polip hidung bisa terbentuk di mana saja di sinus atau hidung, tetapi mereka muncul paling sering di daerah di mana sinus dekat mata, hidung dan tulang pipi semua saluran melalui berliku bagian dalam hidung Anda (ostiomeatal kompleks).

Setiap kondisi yang memicu peradangan kronis pada saluran hidung atau sinus, seperti infeksi atau alergi, dapat meningkatkan resiko terkena polip hidung. Kondisi sering dikaitkan dengan polip hidung antara lain:

  • Asma, penyakit yang menyebabkan peradangan saluran napas secara keseluruhan dan penyempitan.
  • Sensitivitas aspirin dapat menyebabkan beberapa orang untuk menjadi lebih mungkin untuk mengembangkan polip hidung
  • Alergi sinusitis jamur, alergi terhadap jamur udara
  • Cystic fibrosis, kelainan genetik yang menyebabkan produksi dan sekresi normal tebal, cairan lengket, termasuk lendir tebal dari membran hidung dan sinus
  • Sindrom Churg-Strauss, penyakit langka yang menyebabkan peradangan pembuluh darah

Faktor keturunan memainkan peranan penting dan lebih tinggi resiko terkena kondisi yang sama. Ada beberapa bukti bahwa variasi genetik tertentu yang berkaitan dengan fungsi sistem kekebalan tubuh membuat Anda lebih mungkin untuk mengembangkan polip hidung.

Artikel Terkait :

Tasik Herbal

2 thoughts on “Faktor Penyebab Polip di Hidung

  1. Pingback: Pengobatan Polip Hidung Secara Alami Tanpa Operasi

  2. Pingback: Pengobatan Polip Hidung Secara Alami Tanpa Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *