Faktor Penyebab Penyakit Wasir

8 Nov

Wasir adalah kondisi pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus.

Faktor Penyebab Penyakit WasirFaktor Penyebab Penyakit Wasir,- Pembuluh darah yang membengkak dalam anus tidak dapat terlihat, kondisi ini biasa disebut hemoroid internal. Pembengkakan pada anus pun bisa terjadi di luar anus yang terasa lebih nyeri, yaitu di dekat lubang anus, disebut juga hemoroid eksternal. Penyebab hemoroid wasir ini masih belum dapat dipastikan. Tetapi penyakit ini dihubungkan dengan adanya peningkatan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan di sekitarnya. Banyak hal yang bisa mempengaruhi faktor penyebab penyakit wasir ini, diantaranya :

Peningkatkan tekanan darah di area anus dan rektum bisa disebabkan akibat terlalu lama mengejan saat buang air besar. Konstipasi bisa menjadi penyebab utama dari orang mengejan. Konstipasi yang terjadi pun biasanya terjadi akibat dari kekurangan nutrisi serat dalam makanan. Inilah hal hal yang memunculkan resiko terkena hemoroid :

Faktor Penyebab Penyakit Wasir

  • Sering mengangkat benda berat

Sering mengangkat benda berat bisa mengakibatkan tekanan yang berlebihan pada perut. Perut yang terpapar tekanan secara terus menerus dan dalam jangka panjang, bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya hernia.

  • Usia semakin bertambah, membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah

kira-kira 15% dari tulang kerangka menyusut selama proses menua. Proses ini bisa mengakibatkan tulang rapuh dan lemah, tetapi juga kehilangan beberapa unsurnya. Akibatnya wasir lebih mudah muncul.

  • Batuk yang terus menerus atau sering muntah

Batuk juga bisa menyebabkan penyakit hernia muncul. Batuk yang terlalu keras apalagi bisa menyebabkan kesakitan.

  • Kelebihan Berat Badan

Obesitas bisa membuat tubuh mengalami pembesaran melebihi kapasitas. Banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan obesitas ini terjadi. Obesitas ini bisa menyebabkan hernia muncul akibat gemuknya badan yang melebihi ukuran normal.

  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid atau faktor genetik

Faktor genetik memang menjadi faktor yang tidak bisa dihindari, pasalnya jika ada anggota keluarga yang mengalami hernia maka kemungkinan keturunannya terkena hernia 2x lebih besar.

  • Faktor Gender

Jenis kelamin pun mempengaruhi penyakit wasir, wasir paling rentan dialami pria yang sudah berumur. Maka dari itu pria perlu berhati-hati terhadap penyakit ini.

  • Kelahiran Premature

Bayi yang dilahirkan prematur dalam usia kandungan 7 bulan memiliki beberapa penyebab yaitu salah satunya akibat dari pecah ketuban, yang harus segera melakukan proses melahirkan. Faktor penyebab hernia adalah karena kelahiran premature.

  • Sedang hamil

Kehamilan bisa beresiko terkena penyakit hernia akibat kondisi tubuh.

Selain faktor-faktor diatas ada lagi hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya hernia yaitu :

  • Sering melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse)
  • Sering duduk dalam waktu lama

Baca Juga : Penyebab Penyakit Jantung Koroner

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Wasir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *