Faktor Penyebab Penyakit Mata Katarak

1 Nov

Mata katarak merupakan suatu kondisi lensa mata menjadi keruh dan buram serta bisa menyebabkan penurunan penglihatan. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang diatas usia 40 tahun dan merupakan penyebab utama kebutaan di dunia.

Faktor Penyebab Penyakit Mata Katarak

Faktor Penyebab Penyakit Mata Katarak

Faktor Penyebab Penyakit Mata Katarak,- Katarak biasa ditemukan pada manula. Katarak tidak menyebakan rasa sakit tetapi bisa menggangu gangguan penglihatan. Penderita katarak di Indonesia diperkirakan mencapai 210.000 penderita baru yang muncul tiap tahun. Dan dilansir dari alodokter ternyata 50% kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak. Katarak biasanya menyerang kedua mata penderita dengan tingkat keparahan yang berbeda beda dan tidak bersamaan. Penyakit ini berkembang selama bertahun tahun dan tanpa terasa oleh penderitanya.

Penyebab katarak belum diketahui secara pasti. Tetapi seiring bertambahnya usia, protein yang terbentuk di lensa mata akan berubah, termasuk kandungan airnya. Inilah yang menyebabkan lensa mata yang tadinya bening berubah menjadi keruh. Selain itu ada beberapa faktor lain yang memicu kondisi katarak :

  • Faktor Usia

Usia termasuk salah satu penyebab utama terjadinya katarak. Protein lensa pada mata bisa semakin menurun karena bertambahnya usia. Selain faktor tersebut juga faktor lingkungan dapat menyebabkan munculnya katarak.

  • Munculnya penyakit-penyakit tertentu, misalnya diabetes atau peradangan pada bagian tengah mata (uveitis) jangka panjang

Diabetes adalah penyakit yang bisa menyebabkan katarak. Ini karena enzim aldosa reduktase yang ada dalam tubuh penderita diabetes bisa memicu terjadinya katarak.

  • Mengkonsumsi obat kortikosteroid dosis tinggi dalam jangka waktu lama

Penggunaan obat obat tertentu bisa mempengaruhi timbulnya katarak. Oleh karena itu waspadai obat-obatan yang biasa digunakan bisa menimbulkan kondisi katarak.

  • Pernah mengalami cedera mata mata

Cedera mata bisa menyebakan trauma mata dengan kondisi adanya penebalan, pembengkakan, dan munculnya warna putih pada serat lensa. Warna putih yang terbentuk inipun bisa menyebabkan katarak.

  • Memiliki riwayat katarak dalam keluarga atau faktor genetik

Faktor genetik adalah faktor yang tidak dapat dihindari, jika anda memiliki keluarga yang menderita katarak maka kemungkinan anaknya pun bisa menderita katarak ini karena kelainan kromosom bisa mempengaruhi kualitas lensa mata.

  • Pola makan yang tidak sehat serta kekurangan vitamin

Vitamin berpengaruh penting bagi sistem daya tahan tubuh. Terutama kandungan vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh mata untuk membantu menjaga sirkulasi mata agar tetap lancar dan mata pun sehat.

  • Mengkonsumsi minuman keras dalam jumlah yang banyak secara rutin

Minuman kerasa atau alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan, tidak hanya bisa mempengaruhi kesehatan mata tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

  • Melakukan aktivitas merokok

Merokok pun adalah aktivitas yang tidak ada gunanya, merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit kambuh bahkan kanker paru-paru bisa menyerang si perokok aktif. Riwayat kesehatan mata pun bisa terganggu akibat adanya rokok.

Faktor lain yang bisa menyebabkan timbulnya katarak adalah 

  • Pernah menjalani operasi mata
  • Mata yang terkena sinar matahari dalam waktu lama
  • Cacat bawaan sejak lahir

Itulah faktor-faktor yang bisa menyebabkan katarak, untuk menghindari penyakit katarak sejak dini ada baiknya kita menjaga kesehatan mata dari sekarang. Mulai lakukan pola hidup sehat agar kesehatan mata tetap terjaga. Salam sehat para pembaca semua.

Bagi anda yang mengalami masalah katarak jangan khawatir, penyakit ini masih bisa disembuhkan. Anda ingin melakukan perawatan dengan cara medis atau herbal ? Itu pilihan anda. Kami rekomendasikan obat herbal untuk mata katarak. 100% alami >> Obat Mata Eye Care Softgel 

Baca Juga : Bahaya Penyakit Katarak

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Mata Katarak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *