Faktor Penyebab Penyakit Hernia

Hernia merupakan kondisi yang terjadi saat ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat melalui jaringan otot atau di sekitarnya yang lemah.

Faktor Penyebab Penyakit Hernia

Faktor Penyebab Penyakit Hernia

Faktor Penyebab Penyakit Hernia,- Hernia adalah pembukaan atau kelemahan pada dinding otot,jaringan, atau membran yang biasanya menopang atau menjadi dinding pembatas bersandarnya organ-organ di dalam ruangan yang dibentuknya. Jika pembukaan atau kelemahan terjadi cukup besar, maka sebagian organ bisa melewatinya (keluar atau bocor) melalui lubang atau celah yang terbentuk. Hernia ini berbagai macam jenisnya dan dapat terjadi di tempat dalam tubuh yang rentan. Penyebab penyakit hernia pun bermacam-macam, yaitu :

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya hernia, yaitu usus yang mengalami protrusi melalui area otot yang lemah dan dinding abdomen anterior atau suatu lubang yang ada. Hernia bisa terjadi jika terdapat peningkatan tekanan intra abdomen intermiten, paling sering pada pria yang bekerja mengangkat beban berat.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya hernia yaitu :

  • Reduksi manual dengan memberikan sedikit tekanan
  • Reduksi spontan jika tekanan intraabdomn kembali normal
  • Strangulasi yang mengakibatkan kongesti vena, iskemia, gangren dan obstruksi usus

Karena hernia sendiri disebabkan oleh kombinasi dari tekanan dan pembukaan atau kelemahan otot atau fasia, tekanan bisa mendorong suatu organ atau jaringan dan melewati pembukaan atau titik lemah yang ada. Tetapi terkadang kelemahan otot atau titik lemah tersebut telah ada sejak lahir, peningkatan tekanan dalam perut berpotensi menyebabkan hernia termasuk :

  • Mengangkat benda berat tanpa menstabilkan otot-otot perut

Pada orang yang mengangkat beban dan tidak menstabilkan otot perut dan tak mampu menopang, akan mengalami tekanan yang keras dan bisa merobekan bagian lemah tersebut sehingga menjadi lubang. Karena tekanan yang keras pula, usus akan sedikit-sedikit masuk ke lubang tersebut.

  • Faktor gender

Biasanya hernia atau turun berok ini terjadi pada laki-laki. Laki-laki akan lebih mungkin untuk menderita hernia atau turun berok. Ini karena anatomi dan perkembangan laki-laki dalam kandungan.

  • Riwayat Keluarga

Faktor genetik adalah faktor yang tak dapat dihindari, resiko terjadinya hernia lebih meningkat jika anda memiliki kerabat dekat, seperti orangtua atau saudara, dengan kondisi serupa yang mengalami turun berok.

  • Kondisi medis tertentu

Memiliki penyakit tertentu seperti cystic fibrosis, yaitu penyakit dengan gangguan yang mengancam jiwa dan bisa menyebabkan kerusakan paru-paru yang parah. Dengan gajal berupa sering batuk kronis dan lebih mudah menderita hernia.

  • Batuk atau bersin yang bisa berlangsung berat dan lama (persisten)

Batuk kronis bisa disebabkan oleh berbagai sebab, seperti karena penyakit TBC dan merokok pun juga bisa meningkatkan resiko terjadinya hernia serta kesehatan pernafasan terganggu.

  • Diare atau sembelit

Sembelit kronis bisa menyebabkan mengejan saat buang air besar.

  • Faktor Kehamilan

Kehamilan bisa melemahkan otot perut dan menyebabkan peningkatan tekanan dalam perut.

Itulah informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan penyakit hernia.

Baca Juga : Penyebab Ejakulasi Dini

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Hernia

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>