Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

12 Oct

Gout atau yang biasa disebut asam urat adalah kondisi gejala nyeri yang tidak tertahankan, menyebabkan pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Asam urat menjadi salah satu kondisi yang paling banyak dialami oleh sebagian orang terutama kaum laki-laki dengan usia diatas 30 tahun.

Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat,- Semua sendi bisa terkena asam urat, tetapi yang paling sering adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Asam urat sebenarnya bukan penyakit lebih kepada kondisi tetapi orang-orang biasa menyebutnya asam urat. Padahal asam urat yg dimaksud alah penumpukan zat asam urat dalam darah yang menyebabkan tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi.

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan penumpukan asam urat dalam sendi. Jika zat asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Saat kristal tajam tersebut masuk ke ruang persendian dan menggangu lapisan lunak sendi maka terjadilah peradangan yang terasa sangat sakit.

Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

Jenis Kelamin

Penumpukan asam urat ini biasanya dialami oleh pria. Pria memang memiliki resiko lebih besar terkena asam urat dibanding dengan wanita. Ini karena kadar hormon estrogen pada wanita dapat menurunkan kadar asam urat juga memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat dalam tubuh pria meningkat selama masa puber.

Faktor Usia

Sebagian besar gejala asam urat memang dialami oleh mereka yang berusia diatas 30 tahun antara 40 hingga 50 tahun. Jika pada wanita umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause. Gangguan asam urat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja.

Faktor Genetik

Riwayat keluarga memang menjadi salah satu faktor dari semua penyakit termasuk asam urat. Jika ada seorang keluarga yang mengalami asam urat akan memungkinkan mewariskan hal yang sama bagi keturunannya nanti.

Mengkonsumsi Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan juga bisa menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan kadar asam urat menjadi tinggi. Mengkonsumsi obat-obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung dan kondisi degeneratif lainnya. Lalu misal mengkonsumsi aspirin dengan dosis rendah setiap hari biasanya digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke, mengkonsumsi levodopa yang biasa digunakan untuk mengobati penyakti parkinson, dan niacin yang digunakan untuk meningkatkan density lipoprotein (HDL) dalam darah.

Minum Alkohol

Alkohol memanglah sumber dari segala penyakit. Oleh karena itu alkohol adalah salah satu barang yang diharamkan. Alkohol dengan dosis tinggi ataupun sedang dapat meningkatkan potensi resiko asam urat dan penyakit berbahaya lainnya.

Makanan

Mengkonsumsi makanan dengan kandugan zat purin tinggi yang berlebihan juga dapat menyebabkan asam urat. Misalnya daging merah, jeroan (hati dan ginjal), ikan kalengan, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol, kacang dan jamur juga dapat menimbulkan resiko asam urat.

Mengkonsumsi Minuman Terlalu Manis

Penelitian menunjukan minuman ringan yang terlalu manis atau minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa merupakan zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.

Baca Juga : Penyebab Diabetes

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *