Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Tipes

Tipes atau tifus adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri Salmonella typhi. Tipes ini merupakan penyakit endemik dan masalah kesehatan yang serius dan bisa menghambat sistem kekebalan tubuh.

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Tipes

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Tipes

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Tipes,- Tipes cepat menular. Infeksi demam tiroid terjadi saat seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri. Penyakit ini umumnya banyak terjadi di negara berkembang dan dialami oleh anak-anak juga dapat membahayakan jiwa jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat. Gejala tipes ini umumnya mulai muncul pada 1-3 minggu setelah tubuh terinfeksi, dan ciri-cirinya adalah munculnya demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala dan sakit perut.

Tipes terjadi akibat infeksi dari virus. Tetapi ada beberapa penyabab dan pemicu penyakit bakteri tersebut menginfeksi yang menyebabkan penurunan kesehatan setelah 3-7 hari terinfeksi oleh bakteri. Inilah yang menyebabkan tipes muncul.

Faktor Makanan

Makanana yang kurang terjaga kesehatannya bisa menyebabkan tipes. Karena dalam makanan yang kurang bersih pasti terdapat atau sudah terkontaminasi bakteri. Biasanya terdapat dalam makanan yang dicuci oleh air yang telah terkontaminasi bakteri, makanan mentah atau makanan laut.

Faktor Kebersihan

Benda-benda kotor yang menempel pada benda sebenarnya bisa juga menjadi penyebab bakteri. Apalagi jika disentuh dan menempel di tangan. Tangan yang digunakan untuk makan tidak dicuci terlebih dahulu. Ini sama dengan mengantarkan bakteri masuk dalam tubuh. Contoh seperti pada toilet umum yang digunakan bersama orang yang telah terkontaminasi virus bakteri tipes dapat menularkan bakteri tipes tersebut.

Beberapa situasi yang bisa menyebakan penyebaran tipes :

  • Mengkonsumsi seafood dari air yang terkontaminasi urin dan tinja
  • Mengkonsumsi sayuran yang menggunakan pupuk yang terdiri dari kotoran manusia yang terinfeksi
  • Mengkonsumsi produk susu yang telah terkontaminasi
  • Melakukan seks oral dengan pembawa bakteri Salmonella typhi

Faktor Lingkungan

Lagi-lagi lingkungan yang kotor bisa menjadi tempat yang disenangi oleh bakteri, lingkungan kotor pun bisa menjadi penyebab tipus.

Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Daya tahan tubuh yang menurun dan mudah terkena infeksi menjadi salah satu penyebab bakteri mudah masuk.

Tidak Melakukan Vaksin

Jika tidak melakukan vaksin, resiko terkena penyakit tipes lebih besar daripada orang yang tidak melakukan suntik vaksin. Akibatnya tubuh pun mudah terserang infeksi tipes.

Penyakit tipes dapat menyebabkan kesehatan tubuh semakin menurun secara perlahan. Biasanya hal tersebut berlangsung saat infeksi selama 3-7 hari. Demam dan sakit kepala merupakan gejala utama tubuh merespon infeksi yang dialami penderita tipes. Tipes pun membuat badan lemah dan otot tubuh sulit dan terasa sakit ketika digerakan. Untuk menghindari tipes mudah masuk dalam tubuh ada baiknya anda selalu menjaga kebersihan serta kesehatan. Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Baca Juga : Faktor Penyebab Usus Buntu

By : Walatra Sehat Mata Softgel | Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Tipes

Leave a Comment