Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Rematik

tasik-herbal-respostbanner
By | 25/10/2016

Rematik merupakan kondisi yang menimbulkan rasa sakit otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan.

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Rematik,- Rematik memiliki beberapa macam jenis, yaitu Rheumatoid arthritis (RA), Osteoarthritis (OA), Lupus, Sindrom Sjogren, dan Ankylosing spondylitis. Penyakit rematik ini sering dialami oleh masyarakat. Rematik menyerang anggota gerak tubuh, seperti tulang, otot sendi serta jaringan sekitar sendi. Keluhan yang kerap muncul biasanya bengkak, kaku serta rasa nyeri yang membatasi gerak  tubuh yang rasa sakitnya sama ketika merasa keseleo. Banyak hal yang dapat menyebabkan penyakit rematik, diantaranya :

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Rematik

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Rematik

Asam Urat

Asam urat yang paling sering menyebabkan rematik. Ini karena tidak adanya zat alami yang dihasilkan oleh asam urat. Tubuh akan terasa sakit karena bentuk asam urat seperti jarum atau kristal sehingga rasanya tidak nyaman di tubuh.

Osteoporosis

Penyakit yang berkaitan dengan tulang merupakan kondisi kepadatan tulang semakin menipis dan akhirnya jika tidak segera ditangani memicu pengeroposan tulang. Jika tidak segera diatasi maka hal ini akan berkembang hingga menjadi rematik.

Sering Terpapar AC

Mereka yang bekerja di kantoran dan sering terpapar AC terlalu sering bisa menyebabkan tulang dan sendi menjadi sakit. AC yang mengeluarkan udara yang begitu dingin lama-kelamaan bisa menusuk tulang.

Mandi Malam-Malam

Penyebab yang satu ini sering kita dengar, inilah alasan mengapa mandi malam itu dilarang tetapi bukan semata-mata karena mandi malam. Karena air dan udara yang dingin akan memicu pengerutan pada kapsul sendi sehingga membuat persendian semakin nyeri. Itulah alasan mengapa mandi dengan air hangat di malam hari lebih dianjurkan daripada menggunakan air dingin.

Faktor Usia

Tidak bisa dipungkiri, usia menjadi faktor penyebab rematik. Rata-rata penderita rematik adalah mereka yang usianya sudah lanjut dan tubuhnya pun semakin terbatas dan semakin banyak hambatan yang dimiliki sehingga mudah muncul tanda-tanda rematik. Biasanya penderita rematik usianya sudha 45 tahun lebih.

Sering Keluar Malam

Udara malam tidak baik bagi keseahtan. Sering keluar malam pun menjadi salah satu penyebab rematik muncul. Tubuh akan lebih mudah terpapar udara dingin di malam hari dan tidak sehat, ketika terpapar udara dingin, udara yang lembab dan angin kencang, maka tubuh pun mengalami penyumbatan energi.

Mengenakan Baju Basah

Baju basah dapat menyebabkan energi dalam tubuh tersumbat dan menyebabkan rematik. Maka dari itu hindari berlama lama mengenakan baju basah

Melakukan Pekerjaan Berat

Orang yang sudah cukup tua dengan usia yang sudah menginjak 45 tahun keatas akan mudah mengalami yang namanya cepat lelah, karena pergerakan tubuhnya semakin terbatas. Jika ditambah dengan masih melakukan pekerjaan berat, terutama hingga mengabaikan kondisi tubuhnya, maka otomatis rematik pun bisa menghampiri.

Mengkonsumsi Minuman Keras

Alkohol tidak ada manfaatnya sekali jika dikonsumsi. Kandungan alkohol bisa menyebabkan kadar asam urat menjadi lebih tinggi, sama juga dengan gout dan rematik. Alkohol bisa menimbulkan penyakit serius yang bisa membuat kesehatan menjadi terganggu.

Dehidrasi

Dehidrasi ternyata selain kurang bagus untuk kesehatan kulit ternyata bisa menyebabkan fungsi ginjal menjadi tidak teratur dan asam urat pun menjadi rusak. Sehingga rematik asam urat pun menghampiri anda.

Stres

Stres bisa memicu berbagai gangguan kesehatan termasuk rematik dan asam urat.

Mengkonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Ada beberapa jenis obat-obatan yang jika dikonsumsi terlalu sering bisa menyebabkan rematik. Misal obat gagal jantung atau tekanan darah tinggi dimana obat ini bisa menjadikan kadar asam urat semakin tinggi.

Mengkonsumsi Makanan Berkandungan Purin Tinggi

Kadar asam urat dalam darah bisa meningkat jika kadar purinnya tinggi. Purin adalah sebuah zat yang ada dalam sejumlah makanan dan secara alami tubuh akan memprosesnya menjadi asam urat. Makanan berprotein tinggi yang biasanya ditemukan ada purin di dalamnya seperti sayur bayam, sarden, kerang, teri, hati sapi, daging kambing dan daging sapi.

Baca Juga : Penyebab Sinusitis

By : Tasik Herbal | Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Rematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *