Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Maag

20 Oct

Maag adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh masyarakat. Sakit maag atau dispepsia terjadi ketika adanya radang pada dinding lambung bagian dalam. Radang lambung yang terus menerus ini membuat lapisan dinding lambung bagian dalam terkikis sehingga terbentuklah luka yang disebut tukak lambung.

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Maag,- Penyebab utama sakit maag adalah bakteri helicobacter pylori (H.pylori) yang ada dalam tubuh sehingga menyebabkan iritasi dan munculnya luka pada lambung atau usus bagian atas. Sakit maag yang dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan gangguan kesehatan kronis, obtruksi lambung dan radang yang menghalangi laju makanan melalui sistem pencernaan, perforasi atau robeknya lapisan dinding lambung di titik radang dan pendarahan di titik radang. Banyak hal yang mempengaruhi penyakit maag. Diantaranya :

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Maag

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Maag

Faktor Minuman

Ada beberapa minuman yang dapat menyebabkan kendurnya lower esophageal spinchter (LES), katup antar lambung dan tenggorokan, sehingga memicu gas di lambung naik ke kerongkongan. Akibatnya maag pun tidak dapat dihindari. Jenis minuman tersebut adalah kopi yang terlalu banyak, teh dan minuman yang mengandung kafein jika terlalu banyak dikonsumsi. Ada pula alkohol yang sangat berbahaya bagi kesehatan bisa menyebabkan refluks atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan dan meningkatkan produksi asam lambung.

Faktor Makanan

Makanan menjadi faktor utama yang bisa menimbulkan asam lambung naik. Misal makanan berminyak dan berlemak terlalu banyak akan lama untuk dicerna, akibatnya makanan lebih lama tinggal di lambung. Ini dapat meningkatkan tekanan di lambung dan asam lambung naik ke kerongkongan.

Faktor Terlalu Banyak Makan

Segala sesuatu yang berlebihan dampaknya akan sangat tidak baik bagi tubuh. Perut yang terlalu penuh akan memberikan tekanan ekstra pada katup LES dan dapat meningkatkan peluang terjadinya kejadian berbalik sejumlah makanan ke kerongkongan.

Faktor Asam dan Jus

Buah-buahan yang memiliki rasa asam tinggi akan memicu timbulnya sakit maag jika dikonsumsi pada saat perut kosong.

Faktor Stress

Stress memang menjadi segala penyebab penyakit. Stress dapat menyebabkan emosi tidak stabil dan dapat menjadi pemicu produksi asam lambung secara drastis, sehingga seringkali tidak nampak adanya gejala awal dan dipicu dengan tidak nafsu makan. Akibatnya keringat dingin keluar, dada berdebar-debar, tubuh lemas dan keseimbangan kesadaran menjadi tumbang .

Faktor Obat-obatan

Mengkonsumsi obat antiinflamasi non-steroid seperti ibuprofen dalam waktu panjang pun bisa menyebabkan maag.

Agar terhindar dari sakit maag anda perlu menjauhi hal-hal yang menyebabkan sakit maag bisa terjadi. Biasakan atur waktu makan di jam yang sama setiap harinya, pada sebagian orang telat makan juga bisa menjadi pemicu sakit maag. Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan cairan lambung yang telah tersedia untuk mencerna makanan malah mengiritasi mukosa lambung itu sendiri. Jika proses iritasi ini terjadi secara terus menerus atau sering terlambat makan lama-lama menyebabkan kerusakan pada mukosa lambung sehingga timbul maag. Ini berlaku pada faktor stress yang biasanya memicu nafsu makan berkurang akibatnya sangat fatal. Sayangi tubuh anda, sayangi diri anda. Jika bukan anda siapa lagi?

Baca Juga :  Penyebab Hepatitis

By : Tasik Herbal | Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *