Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Dan kondisi ini dapat membahayakan bahkan dikenal sebagai pembunuh.

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Darah Tinggi

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Darah Tinggi,- Hipertensi bisa dilihat dari hasil pengukuran tekanan darah. Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80. Hipertensi dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya hipertensi yaitu :

Faktor Usia

Hipertensi biasa terjadi pada usia yang semakin tua. Karena semakin tua tekanan darah semakin sulit terkendali.

Faktor Genetik

Faktor genetik memang tidak pernah absen dari berbagai penyebab munculnya penyakit. Genetik memegang peranan penting, karena gen yang dibawa oleh anggota keluarga berpengaruh terhadap keturunannya.

Faktor Stress

Stress juga bisa menyebabkan seseorang berpotensi tekanan darahnya meningkat.

Kurang Olahraga

Kurang olahraga biasanya detak jantungnya cenderung akan lebih cepat, sehingga jantung bekerja lebih keras. Kerja jantung akan lebih keras dan meningkatkan tekanan darah.

Merokok

Sudah ditekankan berkali-kali bahwa merokok merupakan salah satu aktivitas yang akan membahayakan kesehatan. Merokok akan meningkatkan tekanan darah dan zat kimia di dalamnya pun dapat merusak dinding arteri, inilah yang menyebabkan arteri jadi menyempit dan tekanan darah meningkat.

Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol memiliki kandungan yang keras bagi organ jantung sehingga dapat menimbulkan kerusakan.

Kalium Rendah

Kalium akan membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan jumlah natrium dalam cairan sel. Jika tubuh kekurangan kalium, natrium yang berlebihan dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan sehingga resiko hipertensi menjadi meningkat.

Obestitas

Obesitas atau kegemukan lagi lagi menjadi penyebab kelebihan berat badan akan menjadi pemicu beragam penyakit termasuk hipertensi. Massa tubuh yang besar membutuhkan lebih banyak darah untuk menyediakan oksigen dan makanan ke jaringan tubuh, jika darah yang mengalir dalam pembuluh darah semakin banyak maka dinding arteri akan mendapatkan tekanan lebih besar. Kelebihan berat badan pun akan membuat frekuensi denyut jantung dan kadar insulin dalam darah meningkat.

Faktor Obat-Obatan

Ada beberapa jenis obat-obatan tertentu misalnya pil kontrasepsi, analgesik, atau obat pereda sakit, obat pilek, dan dekongestan.

Hipertensi juga bisa disebabkan karena adanya penyakit kronik seperti diabetes, ginjal, kondisi yang mempengaruhi jaringan tubuh seperti lupus, penyempitan pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke ginjal dan gangguan hormon atau tiroid.

Resiko terkena penyakit hipertensi bisa dikurangi dengan membiasakan diri menjauhi hal-hal diatas. Jangan lupa pula selalu periksakan tekanan darah secara rutin untuk membantu mendiagnosis gejala-gejalanya pada tahap awal sehingga bisa segera diatasi. Lakukan pula pola hidup sehat sejak dini untuk menghindari berbagai macam penyakit termasuk hipertensi dalam tubuh.

Baca Juga :

By : Tasik Herbal | Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Darah Tinggi

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>