Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Asma

17 Oct

Asma adalah penyakit jangka panjang atau kronis di saluran pernafasan dengan kondisi peradangan atau penyempitan saluran nafas sehingga menimbulkan sesak atau sulit bernafas.

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Asma

 

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Asma,- Asma dapat diderita oleh semua golongan usia, baik muda ataupun tua. Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya asma yaitu asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin atau cuaca, infeksi virus atau bahkan terpapar zat kimia. Penderita asma di Indonesia cukup besar, data WHO pada bulan Mei tahun 2014 menyatakan kematian akibat penyakit asma mencapai 24.773 orang atau sekitar 1,77% dari total jumlah kematian penduduk. Oleh karena itu kita perlu waspada terhadap penyakit ini.

Banyak hal yang menyebabkan penyakit ini bisa terjadi, asma yang tidak ditangani secara tepat dapat menyebabkan komplikasi asma seperti masalah psikologis (cemas, stres, atau depresi), menurunnya performa di sekolah atau di pekerjaan, tubuh sering terasa lelah, gangguan pertumbuhan dan pubertas pada anak-anak, status asmatikus, pneumonia, gagal pernafasan, kerusakan pada sebagian atau seluruh paru-paru, dan kematian.

Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Asma

Faktor Genetik

Kambuhnya asma tidak luput dari faktor genetik karena biasanya riwayat keluarga yang memiliki penyakit asma menurunkan gen yang sama kepada keturunannya. Maka asma pun tak dapat dihindari.

Faktor Kondisi Saluran Pernafasan

Iritasi pernafasan menyebabkan kita kesulitan untuk bernafas. Ada beberapa orang yang memiliki kondisi saluran pernafasan yang sangat sensitif, sehingga mudah terjadi iritasi pada saluran pernafasannya. Ini menyebabkan mereka mudah terserang asma, karena kondisi saluran pernafasannya mudah teriritasi.

Faktor Lingkungan

Faktor lain kambuhnya asma adalah lingkungan. Lingkungan yang kotor, memiliki banyak jenis polutan dan hal lain yang membuat saluran pernafasan teritasi sangat berpengaruh. Kondisi ini dapat menyebabkan anda mengalami sesak nafas. (Contoh kondisi lingkungan yang mempengaruhi sistem pernafasan adalah seperti debu dalam rumah, kondisi udara di sekitar, kondisi dalam rumah, jamur dan tungau yang bertebaran, alergi makanan, zat allergen yang terhidup, iritant yang menyebar di udara)

Faktor Kondisi Medis

Faktor lain yang menimbulkan gejala asma adalah faktor yang berasal dari kondisi medis. Kondisi medis bisa berupa efek dari penggunaan obat-obatan tertentu, atau kondisi pasien yang mengalami penyakit yang mempengaruhi kondisi saluran pernafasan mereka. Kondisi medis tersebut misal bronkitis, kelahiran prematur, ibu hamil perokok dan penggunaan obat-obatan.

Faktor Stress

Stress merupakan salah satu kondisi yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Orang-orang dengan tingkat stress yang tinggi bisa mengalami depresi dan beberapa gangguan kesehatan yang salah satunya adalah mengalami asma dan sesak nafas ini.

Olahraga Yang Berlebihan

Apapun yang dilakukan berlebihan tidak baik untuk ke depannya, begitu pula olahraga. Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh tetapi olahraga yang berlebihan pun tidak disarankan apalagi bagi mereka yang menderita asma. Olahraga berlebihan akan sangat menggangu kemampuan pernafasan, sehingga gejala asma dan sesak nafas akan timbul dan menggangu aktivitas.

Baca Juga : Faktor Penyebab Darah Tinggi

By : Tasik Herbal | Faktor Yang Mempengaruhi Penyakit Asma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *