Faktor Penyebab Terjadinya Benjolan Di Payudara

tasik-herbal-respostbanner
By | 27/10/2016

Benjolan payudara atau tumor jinak merupakan kondisi ketika adanya sel di payudara yang berkembang abnormal dan cepat. Adanya benjolan di payudara bukan berarti kanker. Penyebab benjolan di payudara lebih umum daripada tumor dan kanker.

Faktor Penyebab Terjadinya Benjolan Di Payudara

Faktor Penyebab Terjadinya Benjolan Di Payudara

Faktor Penyebab Terjadinya Benjolan Di Payudara,- Tidak semua benjolan di payudara merupakan kanker. Ada  beberapa perbedaan yang mendasar terkait benjolan payudara biasa dengan kanker. Tetapi benjolan pada payudara juga bisa merupakan pertanda kanker. Sel kanker malah berkembang lebih cepat dari sel normal, sehingga menimbulkan benjolan. Benjolan di payudara pun bisa memiliki karakter seperti berikut : Kista payudara berisi cairan, benjolan menyebabkan rasa nyeri, jika berukuran besar benjolan ini dapat mengubah bentuk dan ukuran payudara. Jika berkembang pada jaringan dalam saluran susu, maka bisa menyebabkan munculnya cairan dari puting. Inilah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya benjolan di payudara :

Benjolan non kanker :

Kista adalah kantong yang berisi cairan dalam jaringan payudara dan menimbulkan benjolan. Ukuran kista lebih dari 2,5 cm dan bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada payudara.

Perubahan Fibrokistik adalah perubahan karena ketidakstabilan hormon selama siklus menstruasi. Perubahan ini menimbulkan benjolan di payudara yang terasa nyeri.

Fibroadenoma adalah benjolan padat yang terjadi akibat kelebihan pembentukan kelenjar penghasil susu atau lobulus dan jaringan di sekitar payudara. Benjolan ini umumnya tidak terasa sakit dan jika diketan akan bergeser.

Infeksi Bakteri merupakan kondisi benjolan ini akan menimbulkan rasa nyeri. Biasanya dialami oleh ibu menyusui. Infeksi sendiri terjadi ketika bakteri dari permukaan kulit atau dari mulut bayi masuk ke saluran susu melalui puting.

Papiloma Intraduktal merupakan kondisi benjolan ini biasanya terjadi pada wanita usia 45-50 tahun dan terbentuk seperti benjolan kecil yang menyerupai kutil pada dinding saluran susu dekat puting.

Lemak Nekrosis Traumatik adalah kondisi adanya lemak pada payudara yang membentuk benjolan dan berbentuk bulat, padat, kencang, dan tidak terasa nyeri.

Faktor-faktor diatas adalah benjolan yang terjadi dan sifatnya non kanker. Benjolan di payudara seperti yang sudah dijelaskan pun bisa menjadi pertanda kanker payudara. Kanker terjadi jika sel-sel dalam payudara mulai tumbuh secara tidak normal. Sel kanker berkembang lebih cepat dari sel normal, sehingga menimbulkan benjolan. Tanda tanda benjolan akibat kanker adalah :

  • Benjolan terasa keras, berbeda dengan daerah di sekitarnya. Biasanya jarang ditemukan rasa sakit. Jika ditekan benjolan tidak bergeser.
  • Payudara mengalami perubahan ukuran dan bentuk
  • Puting susu tertarik ke bagian dalam
  • Walaupun jarang, puting susu bisa mengeluarkan cairan yang mengandung darah
  • Pada beberapa daerah payudara bisa menyebabkan penebalan kulit

Faktor-Faktor Lain yang Menyebabkan Tumbuhnya Benjolan Di Payudara

  • Keturunan dari keluarga

Seorang wanita yang berasal dari keturunan penderita benjolan tumor di payudara akan 2 kali lebih beresiko terserang tumor payudara dibanding dengan wanita yang tidak mempunyai faktor keturunan.

  • Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas

Berat badan berlebih bisa meningkatkan resiko terkena penyakit tumor payudara khususnya pada kaum wanita saat mengalami masa menopause. Ini karena tubuh mengalami kelebihan lemak dan menyebabkan peningkatan kadar hormon estrogen dan insulin penyebab tumor payudara.

  • Faktor Usia

Seorang wanita jika bertambah umurnya dan mengalami keterlambatan menopause bisa cenderung lebih mudah mengalami tumor payudara.

  • Faktor Persalinan

Seorang wanita yang mengalami keterlambatan proses persalinan pun bisa terkena tumor payudara.

  • Terkena Radiasi

Terlalu sering menggunakan alat medis X-Ray pun bisa memicu seseorang mudah terkena radiasi pada tubuhnya dan bisa terkena penyakit tumor payudara.

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Tumor

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Terjadinya Benjolan Di Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *