Faktor Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah kondisi sakit yang terjadi di area bawah tulang rusuk atau iga hingga diatas tulang kaki. Sakit pinggang bukan merupakan sebuah penyakit melainkan gejala suatu penyakit. Gejala sakit pinggang tergangung sumber penyebabnya, rasa sakit yang muncul bisa menyebar atau berkumpul di satu titik, sifatnya bisa berkelanjutan atau sebentar.

Faktor Penyebab Sakit Pinggang

Faktor Penyebab Sakit Pinggang,- Sakit pinggang adalah keluhan yang banyak dialami oleh sebagian orang apalagi bagi mereka yang aktif bekerja di usia produktif atau bagi mereka yang sudah lanjut usia. Keluhan ini membuat rasa tidak nyaman dan terkadang merusak mood dan aktivitas sehari-hari. Pada beberapa kasus sakit pinggang, penyebabnya mungkin tidak bisa diketahui. Tetapi ada faktor-faktor lain yang menyebabkan timbulnya sakit pinggang, yaitu :

Faktor Penyebab Sakit Pinggang

Penyebab umur dari sakit pinggang adalah cedera otot (strain) atau ligamen (keseleo). Sakit pinggang juga bisa karena cedera pinggang yang serius, seperti patah tulang belakang, arhritis dan perubahan yang berkaitan dengan usia juga infeksi tertentu.

  • Otot Terkilir dan Keseleo

Sakit pinggang akut bisa disebabkan karena terkilir akibat kondisi otot atau tendon meregang berlebihan atau robeknya ligamen (jaringan ikat sendi). Ini biasanya terjadi ketika anda memutar tubuh, mengangkat benda yang terlalu berat, mengangkat barang dengan posisi tubuh yang tidak tepat, atau melakukan peregangan berlebihan.

  • Faktor Trauma

Ligamen, tendon dan otot luka bisa diakibatkan oleh cedera ketika berolahraga, kecelakaan mobil atau jatuh dari ketinggian tertentu.

  • Bentuk Tulang Belakang

Ternyata tulang belakang yang mengalami kelainan seperti kifosis atau lordosis bisa menjadi penyebab sakit pinggang kambuh di usia pertengahan.

  • Gangguan Pada Ginjal

Ginjal letaknya di daerah pinggang, jika mengalami gangguan maka bisa menimbulkan gejala sakit pinggna sebelah kiri. Sakit yang diakibatkan terganggunya organ ini bisa dirasakan diantara tulang rusuk terbawah dan panggul. Gangguan ginjal tersebut bisa karena batu ginjal atau infeksi ginjal yang berpotensi menyebabkan sakit pinggang.

Penyakit Usus Buntu

Usus buntu merupakan kantong sebesar jari yang terhubung ke usus besar. Jika ada pembengkakan pada usus buntu bisa menghasilkan rasa sakit pada bagian perut bawah sisi sebelah kanan.

Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang organ reproduksi wanita, seperti tuba falopi, overium, uterus, dan rahim. Infeksi ini bisa muncul saat penyakit menular seksual.

Konstipasi Atau Kram Usus

Ada kondisi yang bisa menyebabkan penyakit ini. Diantaranya bisa terjadi karena pola makan yang kurang sehat dan penggunaan obat-obatan atau gangguan pencernaan.

Faktor Penyebab Sakit Pinggang Lainnya

Adapula kondisi lain yang bisa menyebabkan sakit pinggang adalah pelvis dan endometriosis. Keduanya bisa menjadi faktor pemicu munculnya sakit pinggang akut. Ada juga sakit pinggang kronis ditandai dengan gejala selama 6 bulan atau lebih dan sifatnya berkelanjutan dan kambuhan biasanya muncul karena :

  • Infeksi saluran kemih yang bersifat kambuhan. Frekuensi buang air kecilnya semakin tinggi disertai rasa sakit dan perih.
  • Sakit punggung bawah
  • Adenomiosis. Kondisi ketika endometriosis mulai berkembang ke lapisan otot rahim. Akibat kondisi ini adalah pembengkakan rahim dan juga siklus menstruasi yang berlebihan.
  • Hernia. Penyakit ini timbul akibat dari organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat lewat otot atau kondisi celah jaringan di sekitarnya yang melemah.
  • Kista ovarium yang muncul kembali. Saat sakit pinggang disebabkan karena kondisi ini, maka perlu dilakukan prosedur pengangkatan kista atau ovarium.

Karena sakit pinggang bukanlah sebuah penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit meskipun kelihatannya sepele tetapi ada baiknya langsung periksakan ke dokter jika gejala berkelanjutan. Bergerak dan olahraga merupakan salah satu cara untuk sembuh dari sakit pinggang, mensiasatinya juga bisa dengan mengganti posisi tidur dan melakukan pola hidup sehat. Salam Sehat !

Baca Juga : Cara Mengobati Mata Keratitis

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Sakit Pinggang

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>