Faktor Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah kondisi adanya peradangan dan juga pembengkakan apendiks atau usus buntu. Usus buntu merupakan organ yang bentuknya menyerupai kantong kecil dan berukuran 5 hingga 10 cm juga terhubung pada usus besar.
Ketika terjadinya peradangan, usus buntu bisa membengkak dan penuh dengan nanah yang terdiri dari bakteri dan juga sel-sel mati sebagai akibat dari infeksi.

Faktor Penyebab Penyakit Usus Buntu

Faktor Penyebab Penyakit Usus Buntu,- Penyakit usus buntu awalnya adalah berupa gejala sakit perut, ciri awal ini merupakan gejala yang umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Ciri khas yang terjadi pada sus buntu adalah sakit perut yang dimula di tengah atau sekitar pusar yang terasa hilang atau timbul. Dalam hitungan jam, rasa sakit ini pun perlahan bergerak ke bagian perut kanan bawah perut dan cenderung fokus pada lokasi usus buntu berada.

Faktor Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyakit ini bisa dialami oleh siapapun, dan penyebabnya pun belum diketahui secara pasti. Tetapi dibawah ini merupakan beberapa pemicu yang dapat menimbulkan usus buntu :

  • Dinding Usus Tipis

Dinding usus yang terlalu tipis bisa menyebabkan peradangan pada usus buntu. Salah satu penyebab tipisnya dinding usus buntu adalah sering menahan membuang gas atau kentut sehingga akan berbalik kembali ke usus buntu sehingga menyebabkan peradangan.

  • Infeksi Pada Usus Besar

Adanya infeksi pada usus besar pun bisa memicu inflamasi pada usus buntu atau tabung kecil yang berada di bagian usus besar sehingga jika makan sembarangan dan kurang bershi bahan pengolahannya bisa menyebabkan bakteri atau virus bisa masuk dalam usus sehingga penyakit ini pun dapat muncul.

  • Fases

Penyebab usus buntu pun dialami dari feses yang memblokir usus besar, karena kondisi itu tidak akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan usus dan juga menyebabkan inflamasi.

  • Pembengkakan Kelenjar

Kelenjar yang bengkak pun bisa menyebabkan usus buntu karena pembengkakan kelenjar getah bening yang letaknya di bagian usus buntu atau usus besar bisa memicu penyakit.

Lalu ada lagi penyebab lain yang dapat menyebabkan timbulnya usus buntu antara lain :

Adanya Sumbatan

Sumbatan sisa makanan atau kotoran yang telah mengeras bisa terjebak di rongga perut dan mengisi usus buntu tersebut.

Faktor Makanan

Ada beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab timbulnya usus buntu. Misalnya biji cabe. Biji cabe tidak bisa digiling halus dan biji tersebut bisa masuk dalam usus buntu, inilah yang menyebabkan timbulnya usus buntu. Tidak hanya biji cabe, contoh lain adalah biji dari buah jambu. Makanan yang kurang serat pun bisa memicu timbulnya penyakit usus buntu. Karena banyak dari anak-anak yang mengalami usus buntu akibat tidak memperhatikan asupan makanan dengan baik. Inilah makanan-makanan yang bisa memicu penyakit usus buntu yaitu makanan yang digoreng, daging instan, daging unggas, dan makanan yang dibakar langsung. Lalu makanan yang mengandung vetsin tinggi.

Faktor Gaya Hidup

Gaya hidup pola makan yang buruk bisa menyebabkan usus buntu, misal sering menunda lapar terlalu lama, susah buang air besar, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa pedas, asam dan asin yang tinggi. Kondisi inipun bisa memicu penyakit asam lambung.

Baca Juga : Faktor Penyebab Miom

By : Walatra Sehat Mata Softgel | Faktor Penyebab Penyakit Usus Buntu

Leave a Comment