Faktor Penyebab Penyakit Sinusitis

Sinusitis merupakan kondisi adanya peradangan pada dinding sinus. Sinus terdiri dari 4 tipe yaitu sinusitis akut, subakut, kronis, dan kambuhan.

Faktor Penyebab Penyakit Sinusitis

Faktor Penyebab Penyakit Sinusitis,-  Sinus merupakan rongga kecil yang berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis bisa dilihat dari diagnosis dokter mengenai gejala-gejala yang terjadi, misal hidung tersumbat atau beringus dan rasa nyeri pada wajah. Sinus adalah ruangan kecil yang saling berhubungan melalui saluran udara dalam tulang tengkorak. Rongga sinus membuka lubang pada hidung. Sinus menghasilkan lendir atau mukus yang fungsinya adalah untuk mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru. Lendir ini mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Saluran ini bisa terhalang jika sinus terinfeksi atau mengalami peradangan.

Sinus muncul karena adanya pembengkakan pada dinding dalam hidung. Kondisi ini disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernafasan atas. Banyak hal yang dapat memicu munculnya sinusitis yaitu :

Faktor Penyebab Penyakit Sinusitis

Alergi

Alergi sering dikaitkan dengan penyakit sinusitis. Karena peradangan dapat memblokir saluran hidung dan mencegah pengeringan.

Virus

Kebanyakan infeksi sinus (sinusitis) dimulai saat udara dingin. Pilek disebbakan oleh virus, yang bisa membuat jarinagn hidung membengkak dan menghalangi lubang yang biasanya mengalirkan cairan sinus.

Bakteri

Infeksi bakteri jarang menyebabkan sinusitis tetapi selalu menjadi penyebab komplikasi.

Polutan Udara

Alergen dan polutan udara seperti debu, polusi udara luar ruangan dan bau yang kuat dapat menyebabkan batuk dan iritasi hidung juga menyebabkan peradangan yang bisa meningkatkan resiko sinusitis.

Berenang dan Menyelam

Jika anda rentan terhadap infeksi virus, hindari berenang pada kolam yang mengandung klorin karena dapat mengiritasi lapisan hidung dan sinus.

Naik Pesawat Udara

Ketika tekanan udara berkurang di penerbangan, ini dapat menyebabkan tekanan membangun di kepala anda, yang pada gilirannya bisa memblokir sinus dan saluran udara juga memperburuk gejala flu.

Merokok

Merokok sangat berbahaya sekali bagi kesehatan. Tak jarang merokok dapat mengiritasi hidung dan menyebabkan peradangan sehingga membuat anda lebih rentan terkena infeksi sinus. Orang-orang yang merokok akan beresiko lebih tinggi terkena infeksi sinus.

Jamur

Pada beberapa orang, sinusitis kronis bisa disebabkan oleh reaksi alergi terhadap jamur.

Terlalu Sering Menggunakan Obat Semprot

Semprotan yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan ketergantungan dan menyebabkan anda menjadi kurang sensitif terhadap efek sehingga hidung menjadi bengkak lagi.

Kurangnya Kelembaban Atau Udara Kering

Ketika lendir terperangkap di bagian hidung dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kehilangkan air dan menebal. Ini dapat memperburuk gejala dan membuat sinusitis lebih parah.

Kondisi Medis yang Kronis

Kondisi kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anda dan bisa menyebabkan peradangan pada saluran udara juga membuat anda rentan untuk mengembangkan lendir tebal.

Baca Juga : Cara Menjernihkan Mata Keruh

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Sinusitis

Leave a Comment