Faktor Penyebab Penyakit Miom

Miom adalah kondisi tumbuhnya sel otot rahim secara abnormal dan membentuk tumor jinak. Miom yang tumbuh di sekitar uterus (rahim) tidak bersifat kanker atau ganas.

Faktor Penyebab Penyakit Miom

Faktor Penyebab Penyakit Miom,- Ukuran penyakit miom ini bervariasi, ada yang sekecil biji dan ada pula yang berukuran besar dan mengakibatkan rahim semakin membesar. Miom bisa muncul hanya satu biji bisa juga muncul beberapa sekaligus. Miom terkadang didiagnosis secara tidak sengaja saat hendak melakukan pemeriksaan ginekologi, tes atau pencitraan tertentu. Ini karena miom tidak menimbulkan gejala apapun pada saat pertumbuhan awal. Ada banyak faktor yang bisa menimbulkan tumbuhnya miom. Diantaranya :

Faktor Penyebab Penyakit Miom

Inilah faktor-faktor penyebab timbulnya miom.

  • Faktor Genetik

Wanita dengan garis keturunan tingkat pertama penderita miom memiliki 2x kemungkinan keturunannya juga menderita penyakit miom dibanding dengan wanita lain tanpa garis keturunan penderita miom.

  • Faktor Hormon Estrogen

Jumlah hormon estrogen pada jaringan miom lebih tinggi dibanding dengan jaringan miomaterium normal terutama pada fase proliferasi dan siklus haid.

  • Faktor Obesitas

Obesitas memiliki andil yang besar dalam mempengaruhi timbulnya penyakit miom. Karena dengan meningkatnya berat tubuh, menyebabkan hormon estrogen dalam tubuh pun menjadi meningkat.

  • Faktor Makanan

Makanan juga bisa mempengaruhi timbulnya penyakit. Misalnya mengkonsumsi daging setengah matang bisa meningkatkan timbulnya miom dan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang diawetkan pun bisa menjadi pemicu timbulnya miom.

  • Kebiasan Merokok

Merokok merupakan aktivitas yang kurang sehat. Bisa menyebabkan berbagai gangguan penyakit. Merokok pun bisa menyebabkan miom. Ini karena kandungan rokok yang sangat berbahaya.

  • Faktor Usia

Telah ditemukan penderita miom 20% terjadi pada usia reproduksi dan 50% pada wanita usia diatas 40 tahun.

Jenis miom pun berbeda beda, berdasarkan lokasi tumbuhnya miom. Inilah jenis jenis miom :

  • Fibroid intramural : Miom yang tumbuh diantara jaringan otot rahim, lokasi paling umum terbentuknya miom.
  • Fibroid subserous : Miom tumbuh di bagian luar dinding rahim, ke rongga panggul. Jenis ini bisa tumbuh menjadi sangat besar.
  • Fibroid submucous : Miom jenis ini tumbuh di lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim.

Bagi ibu hamil, kondisi miom ini sangatlah berbahaya. Apalagi pada trimester pertama ada ancaman keguguran karena miom yang bisa membesar dan mendorong embrio sehingga tidak bisa menempel dengan baik di dinding rahim. Kehamilan yang berlanjut bisa mendesak janin hingga plasenta previa. Kondisi ini adalah plasenta yang tumbuh di bawah rahim dan pendarahan persalinan.

Baca Juga : Faktor Penyebab Katarak

By : Walatra Sehat Mata Softgel | Faktor Penyebab Penyakit Miom

Leave a Comment