Faktor Penyebab Penyakit Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan penyakit serius.

Faktor Penyebab Penyakit Kolesterol

Faktor Penyebab Penyakit Kolesterol,-  Kolesterol ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh tetap berfungsi secara normal. Kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak. Tetapi jika kolesterol terlalu banyak ini merupakan hal yang berbahaya. Apapun jika terlalu banyak akan menimbulkan dampak negatif. Kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu banyak seperti paparan diatas dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, jantung koroner, stroke ringan, arteri perifer dll.

Faktor utama penyebab kolesterol tinggi adalah gaya hidup. Banyak hal yang dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol tinggi yaitu :

Faktor Penyebab Penyakit Kolesterol

Memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Ini menjadi salah satu faktor utama. Ya karena dijaman yang serba mudah saat ini kita jarang memperhatikan asupan makanan yang sehat, asal makan dan tidak tahu dampak apa yang ditimbulkan. Seperti sering mengkonsumsi makanan dengan tinggi kadar lemak jenuh seperti santan, jeroan, otak sapi, daging kambing, daging bebek ddengan kulit, kulit ayam, kerang, udang, cumi, dan telur burung puyuh. Makanan tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Jarang berolahraga

Jarang berolahraga dapat menurunkan stamina dalam tubuh. Olahraga akan membuat fisik menjadi bergerak dan melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh.

Mengkonsumsi alkohol

Alkohol selain dilarang oleh agama islam juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sifatnya memabukan dan merusak seluruh sistem-sistem yang ada dalam tubuh.

Merokok

Rokok memiliki kandungan zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Oleh karena itu terjadilah aterosklerosis.

Faktor ras

Ternyata ras tertentu di dunia juga memiliki resiko terkena kolesterol misal keturunan Bangladesh, India, Sri lanka, atau Pakistan lebih beresiko terkena kolesterol tinggi.

Faktor usia

Memasuki usia yang lebih tua ternyata banyak sekali resiko penyakit yang bisa ditimbulkan jika sejak dini tidak dibiasakan hidup sehat. Kolesterol tinggi pun kerap terjadi pada usia dewasa dan tua.

Faktor genetik

Ini sudah menjadi hal lazim. Kolesterol tinggi bisa terjadi pada keturunan dari orangtua yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. Seperti pada penyebab asam urat juga dipengaruhi oleh genetik.

Obesitas

Kegemukan atau obesitas juga menjadi faktor penyebab kolesterol tinggi. Jika seseorang mengalami obesitas maka ia cenderung memiliki kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida yang lebih tinggi dan kadar kolesterol baik yang lebih rendah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mata Berair Secara Alami

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Kolesterol

Leave a Comment