Faktor Penyebab Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

tasik-herbal-respostbanner
By | 05/10/2016

Faktor Penyebab Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening,- Penyakit kanker kelenjar getah bening menjadi salah satu dari sekian jenis kanker yang berbahaya dan mematikan. Kanker ini umumnya ditandai dengan pembengkakan. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja penyebabnya mari kita simak artikel dibawah ini :

Faktor Penyebab Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening bisa disebut juga dengan limfoma. Kanker kelenjar getah bening memiliki keterkaitan dengan sistem limfatik dalam tubuh. Sistem limfatik memiliki peranan penting dalam tubuh sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh seseorang. Sistem limfatik yang lemah akan menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai macam penyakit. Jenis kanker yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening adalah leukimia limfositik kronis dan limfoma non-Hodgkin. Kedua jenis kanker ini menyerang sel darah putih.

Biasanya kanker kelenjar getah bening bisa dikenali setelah dokter melihat riwayat medis pasien, pemeriksaan, tes darah, dan biopsi kelenjar getah bening.

Faktor Penyebab Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

  • Faktor Keturunan

Ini sudah sangat wajar jika dalam garis keturunan ada yang pernah mengalami penyakit ini, maka kemungkinan besar penyakit ini muncul di keturunannya besar.

  • Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa menyebabkan infeksi-infeksi mudah menyerang tubuh anda. Saat infeksi mudah menyerang tubuh maka rentan terkena infeksi HIV. Virus HIV inipun mudah menyebar dan memicu munculnya kelenjar getah bening jika menginfeksi di bagian kelenjar.

  • Kanker Darah

Penyakit kanker darah bisa menimbulkan komplikasi menjadi kanker kelenjar getah bening. Ini karena sel-sel kankernya masuk ke dalam kelenjar getah bening, akibatnya kondisi ini pun menyebabkan pembengkakan terjadi.

  • Virus

Virus ada dimana mana dan biasanya dibawa oleh lingkungan, angin, dan sekitarnya. Virus dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker kelenjar getah bening. Jika seseorang terkena virus lalu terkena infeksi ini bisa menyebabkan tumbuhnya pembengkakan kelenjar getah bening. Virus pun bisa beragam media penularannya. Pada saluran nafas bagian atas (rinovirus, parainfluenza, influenza, respiratory syncytial virus (RSV), coronavirus, adenovirus atau reovirus). Dan virus lainnya seperti virus ebstein barr, cytomegalovirus, rubela, rubeola, virus varicella-zooster, herpes simpleks virus, coxsackievirus, human immunodeficiency virus.

  • Merokok

Merokok termasuk dalam pola hidup tidak sehat. Apalagi merokok termasuk salah satu penyumbang terbesar dalam pembentukan penyakit. Kebiasaan merokok ini selain dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya seperti kanker paru-paru dan jantung.

  • Peradangan Atau Inflamasi

Inflamasi atau yang biasa disebut peradangan terjadi pada bagian kelenjar getah bening yang disebabkan oleh zat zat asing dalam tubuh. Hal ini menyebabkan peradangan pada sel darah putih yang kemudian mematikan sel darah putih tersebut karena munculnya zat asing.

Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, pembengkakan kelenjar getah bening inipun dapat disebabkan oleh :

 

  • Rheumoatoid Arthritis atau penyakit autoimun yang menyerang jaringan pelapis sendi.
  • Campak yang merupakan infeksi virus yang ditandai dengan gejala bintik-bintik merah pada kulit.
  • Tuberkulosis adalah infeksi bakteri yang ditandai dengan gejala batuk-batuk yang menetap
  • Sifilis adalah infeksi bakteri yang ditularkan lewat hubungan seksual

Itulah faktor-faktor penyebab kanker kelenjar getah bening muncul. Meskipun demikian masih ada lagi penyebab kanker kelenjar getah bening ini muncul misalnya saja karena mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan pengawet yang memiliki kandungan herbisida dan makanan yang mengandung zat pewarna berbahan kimia serta gaya hidup yang tidak sehat. Di jaman yang serba mudah saat ini jajanan dan makanan dengan bahan pengawet mudah ditemukan dimana-mana. Selain dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, pola hidup yang tidak sehat pun dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *