Faktor Penyebab Penyakit Asam Lambung

22 Oct

Penyakit asam lambung atau yang biasa dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan masalah umum yang terjadi di masyarakat. Ini merupakan suatu kondisi naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri di ulu hati atau sensasi terbakar di dada.

Faktor Penyebab Penyakit Asam LambungFaktor Penyebab Penyakit Asam Lambung,- Penyakit GERD merupakan masalah yang umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini penyebabnya adalah naiknya asam lambung menuju esofagus dan menyebabkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus ini juga dikenal sebagai kerongkongan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Penyebab GERD yang umum adalah LES (Lower Esophageal Sphincter (LES) yang tidak berfungsi. LES sendiri merupakan lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan masuk, LES akan menutup dan mencegah asam dan makanan yang di perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus. Nah jika LES menjadi longgar dan menutup dengan tidak baik, asam lambung kita bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. (Mengapa Asam Lambung Bisa Naik?)

Faktor Penyebab Penyakit Asam Lambung

Banyak hal yang menyebabkan naiknya asam lambung berikut ini faktor penyebab penyakit asam lambung :

  • Faktor Kelebihan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi lebih dalam tubuhnya dibanding dnegan orang yang memiliki berat badan ideal. Tekanan darah tinggi ini juga diduga dapat melemahkan otot LES.

  • Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Makanan berlemak dalam tubuh memerlukan waktu pencernaan lebih lama ke dalam perut sehingga asam lambung yang diproduksi pun akan lebih banyak dan resiko naik ke esofagus pun lebih tinggi.

  • Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Yang Kurang Sehat

Apapun yang dikonsumsi terlalu banyak akan berdampak tidak baik. Makanan dan minuman seperti cokelat, alkohol, kopi dan aktivitas merokok bisa menyebabkan otot LES menjadi rileks sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

  • Keadaan Hamil

Orang yang sedang hamil bisa mengalami perubahan hormon, inilah yang akan melemahkan LES dan menyebabkan tekanan meningkat pada perut.

  • Penderita Hernia Hiatus

Kondisi penyakit ini bisa menyebabkan lambung terdorong hingga melewati diafragma. Akibatnya LES melemah pada penderita hernia hiatus.

  • Stres

Stress merupakan kondisi yang perlu dijauhi. Faktor stress bisa membuat LES menjadi lemah.

  • Obat-obatan

Obat-obatan dapat memberi dampak kepada lemahnya otot LES. Terhadap penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  • Penderita Diabetes

Penderita diabetes bisa memiliki resiko terkena penyakit asam lambung. Kadar gula yang tinggi bisa merusak saraf yang mengendalikan otot perut. Akibatnya makanan tinggal di dalam perut bisa lebih lama sebelum berlanjut ke usus halus. Kondisi ini memberi asam lambung kesempatan untuk naik ke kerongkongan.

By : Tasik Herbal | Faktor Penyebab Penyakit Asam Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *