Penyebab Retina Robek

Penyebab Retina Robek,- Retina mata merupakan selapis tipis sel yang letaknya pada belakang bola mata. Retina merupakan salah satu bagian mata yang fungsinya mengubah cahaya menjadi sinyal syaraf. Retina juga memiliki sel fotoreseptor yang menerima cahaya.

Penyebab Retina Robek

Penyebab Retina Robek

Tetapi apa jadinya jika retina mengalami gangguan ? Macam-macam gangguan pada retina adalah retina robek, putus, lepas atau rusak. Retina robek adalah kondisi ketika bagian retina terpisah atau lepas dari lapisan luar mata. Masalah kesehatan mata ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sebagian bahkan seluruhnya.

Penyebab Retina Robek

Apa Yang Menyebabkan Retina Bisa Robek ?

Retina robek akibat cairan vitreous yang berbentuk seperti jel di dalam mata lebih cair dan menyebabkan tekanan abnormal pada retina. Tetapi yang lebih sering mengakibatkan kerusakan dan robekan pada retina adalah menyusutnya korpus vitreum, bahan jernih seperti agar-agar yang mengisi bagian tengah mata. Korpus vitreum ini erat melekat ke retina di beberapa lokasi sekeliling dinding bagian mata belakang. Jika korpus vitreum menyusut, ia pun dapat menarik sebagian retina sehingga retina pun mengalami robekan atau berlubang.

Faktor-faktor yang menyebabkan retina putus lainnya adalah efek samping dari operasi katarak. Lalu jika anda memiliki miopi (rabun jauh) ukuran tinggi, anda akan mengalami pelepasan retina lebih tinggi akibat penipisan retina dapat mengarah ke perkembangan lubang atau robek pada retina.

Apa Faktor Resiko Yang Akan Ditimbulkan Jika Retina Robek ?

Retina yang mengalami gangguan akibat robek, putus atau rusaknya retina akan mengalami kondisi penyakit mata Ablasio retina dan floaters. Ablasio adalah keadaan lepasnya retina sensoris dari epitel pigmen retina (RIDE). Keadaan ini sangatlah serius dan dapat terjadi oleh siapapun tetapi kebanyakan terjadi pada orang dewasa setengah baya. Ablasio retina terjadi akibat adanya satu adau lebih robekan-robekan atau lubang-lubang retina. Sedangkan floaters terjadi pada saat gumpalan vitrous kecil (cairan seperti jeli) di dalam mata lepas dari dinding dalam mata.

Bagaimana Ciri-Ciri Retina Robek Pada Penderita ?

Retina robek ini tidak akan menyebabkan rasa sakit. Gejalanya adalah peningkatan jumlah floaters dan flashes, juga penurunan penglihatan. Floater merupakan bintik kecil yang bergerak-gerak pada daerah pandang bahkan dalam keadaan mata tertutup pun bisa terlihat. Flash adalah melihat cahaya terang dalam daerah pandang mata, ini pun dapat menjadi gejala retina robek.

Penurunan Tingkat Penglihatan Secara Mendadak, Peningkatan Jumlah dan Ukuran Floater Atau Melihat Cahaya Kilat Seketika Adalah Ciri-Ciri Retina Robek

Pengobatan Apa Saja Yang Tersedia Untuk Menyembuhkan Retina Robek ?

Retina robek umumnya diobati dengan pengobatan laser agar mencegah retina robek berkembang menjadi pelepasan retina. Pengobatan laser bekerja dengan membentuk jaringan parut di sekitar retina yang rebek sehingga mencegah vitreous merembes keluar melalui robekan. Ada lagi pengobatan lain menggunakan pengobatan herbal alami yang biasanya pengobatannya melalui konsumsi obat.

Mata adalah indera yang sangat penting. Oleh karenanya kesehatan mata pun harus sangat dijaga. Jangan remehkan gangguan pada mata. Fungsi mata manusia seperti kamera dan retina bertindak seperti sebuah film. Retina sendiri adalah jaringan peka cahaya yang bereaksi terhadap cahaya yang masuk dan mengirim gambar ke otak melalui saraf optik. Masalah pada retina akan membuat sulit untuk untuk menafsirkannya.

Saran kami dianjurkan pemeriksaan retina anda jika mengalami bintik-bintik hitam, kilatan cahaya, atau pandangan kabur. Sebab ini bisa menjadi salah satu gejala Diabetic Retinopathy, Ablasi Retina, atau Retina Robek.

Terimakasih telah mengunjungi artikel kami, semoga dapat bermanfaat. Salam sehat !

Baca Juga : Ciri-Ciri Saraf Mata Rusak

By : Tasik Herbal

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>