Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma

 

Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma,- Glaukoma adalah kondisi dimana penderitanya mengalami peningkatkan tekanan cairan di dalam mata. Glaukoma ini bisa terjadi secara tiba-tiba bahkan jika sudah kronis dapat menyebabkan kebutaan. Glaukoma kronis ditandai dengan peningkatkan tekanan di dalam mata dan terjadi selama beberapa bulan atau beberapa tahun tanpa disertai gejala apapun. Untuk itu perlunya kewaspadaan yang tinggi terhadap penyakit mata glaukoma.

Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma

Jenis-Jenis Glaukoma

Glaukoma terbagi menjadi 2 jenis dan keduanya disebabkan oleh tekanan pada mata. Yang pertama adalah glaukoma sudut terbuka dan yang kedua adalah glaukoma sudut tertutup.

  • Glaukoma sudut terbuka merupakan jenis gangguan yang paling umum dan bisa disebut juga glaukoma kronis karena muncul dan berkembang secara perlahan-lahan.
  • Glaukoma sudut tertutup lebih jarang terjadi dan dikenal sebagai glaukoma akut karena terjadi secara tiba-tiba. Glaukoma sudut tertutup merupakan kondisi darurat karena dapat menyebabkan kebutaan permanen dengan cepat.

Glaukoma dapat dipicu oleh faktor-faktor yang menyebabkan glaukoma semakin parah yaitu peradangan dan infeksi parah pada mata, penyakit yang mendasar seperti diabetes, dan efek samping dari penggunaan obat-obatan steroid. Glaukoma juga beresiko lebih tinggi seiring dengan usia seseorang, terutama bagi mereka yang berada diatas 40 tahun.

Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma

  • Orang yang terkena glaukoma rasanya ingin mengedip terus dengan menekan kedipan berlebih
  • Penglihatan yang makin menyempit hingga pada akhirnya tidak dapat melihat obyek sama sekali
  • Penderita akan merasakan sakit mata karena matanya membengkak
  • Penderita glaukoma saat memandang cahaya lampu rumah akan merasakan timbulnya warna pelangi di sekitar cahaya lampu tadi

Memiliki kondisi mata yang terkena glaukoma memang Pada sebagian pasien kerusakan mata yang ditimbulkan oleh glaukoma sulit diobati. Tetapi ada baiknya penderita glaukoma mengurangi tekanan intraokular pada mata dan mencegah meluasnya kerusakan pada mata.

Mengobati sangatlah penting, tetapi mencegah penyakit jauh lebih penting. Seperti penyakit mata glaukoma yang umumnya menyerang lansia yang berusia 40 tahun tetapi glaukoma bisa menyerang siapa saja dan usia berapapun. Jika glaukoma dapat dicegah sebelum terjadi kerusakan pada retina dan saraf mata, kemungkinan besar anda sembuh dari glaukoma akan semakin besar. Oleh sebab itu sekali lagi mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tips Mencegah Penyakit Mata Glaukoma

  • Lakukan pemeriksaan mata secara rutin dan teratur
  • Lakukan juga pemeriksaan segera jika mata terasa buram
  • Berhati-hati jika tekanan mata lebih dari 21mmHg
  • Hati-hati jika salah satu anggota keluarga anda menderita glaukoma

Sebagian besar faktor resiko glaukoma seperti usia, resiko keturunan memang tidak dapat dicegah. Tetapi kesehatan mata dan pemeriksaan yang teraturlah yang sangat penting untuk deteksi sejak dini. Diagnosa dini adalah kunci atau usaha untuk mencegah kebutaan akibat glaukoma.

Baca Juga : Jenis Operasi Bedah Mata

By : Tasik Herbal | Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Glaukoma

  1. umur berapa sebaiknya kita rutin memeriksakan mata kita ke dokter spesialis mata?

  2. umur berapa sebaiknya kita rutin memeriksakan mata kita ke dokter spesialis mata?

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>