Penyebab Penyakit Ablasio Retina

Bagaimana jika anda mengalami suatu kondisi yang mengakibatkan robek, putus, bahkan lepasnya retina? Tentu hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Lantas apa yang dapat menyebabkan hal ini terjadi? Simak selengkapnya dalam Penyebab Penyakit Ablasio Retina di bawah ini.

Kondisi kerusakan pada salah satu bagian pada mata tepatnya pada retina biasa disebut sebagai penyakit ablasio retina.

Penyebab Penyakit Ablasio Retina

Retina ialah berupa membran penting yang sangat sensitif terhadap cahaya di bagian belakang mata. Retina merupakan bagian penting yang terdapat pada organ mata yang berfungsi sebagai memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Retina kemudian akan mengkonversikan gambar dalam bentuk sinyal yang akan disalurkan ke otak melalui saraf optik. Tidak sendirian, tetapi retina bekerjasama dengan kornea, lensa dan bagian lain dari mata dan otak untuk menghasilkan penglihatan secara normal.

Bagaimana Ablasio Retina Bisa Terjadi?

Kasus ablasio retina dapat terjadi ketika bahan yang berupa seperti gel (vitreous) pada retina mengalami kebocoran melalui lubang retina atau air mata dan mengumpul di bawah retina. Ketika rertina mengalami penuaan atau gangguan maka kemudian akan menyebabkan kondisi retina menjadi menipis. Lantas blasio retina yang diakibatkan oleh robeknya retina biasanya akan berkembang ketika runtuhnya vitreous atau gel pada retina dengan kekuatan yang cukup kuat.

Kemudian cairan yang ada di dalam vitreous akan menemukan jalan keluarnya melalui air mata dan berkumpul di bawah retina dan mengupas jauh dari jaringan yang ada di bawahnya. Jaringan yang ada di bawah ini mengandung lapisan pembuluh darah atau yang disebut dengan koroid (KOR-oid), yaitu daerah di mana retina terlepas serta kehilangan suplai darah sehingga berhenti bekerja dan mengakibatkan kehilangan fungsinya sebagai penyalur sinyal visual yang menghasilkan suatu proses penglihatan normal.

Penyebab Penyakit Ablasio Retina

Penyakit ablasio terjadi dapat terjadi bukan tanpa sebab, banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan ablasio retina. Bisa jadi dari faktor yang sangat sepele hingga faktor yang mengakibatkan kerusakan berat pada retina.

Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ablasio retina adalah :

Terdapat lubang di dalam retina
Kondisi ini dapat menyebabkan ablasio retina dengan kemungkinan cairan yang berada dari tengah mata (vitreous gel) yang kemudian berkumpul di bawah retina. Secara umum penyebab dari ablasio retina ini adalah posterior detasemen vitreous (PDV). Selain itu beberapa kondisi yang dapat membuat retina menjadi rberlubang ialah gangguan cedera kepala atau pada mata seperti kisi degenerasi, yaitu suatu kondisi di mana retina menjadi tipis yang juga menyebabkan air mata dan lubang pada retina.

Traksi pada retina
Traksi retina merupakan kondisi mengerutnya retina. Kondiri ini dapat terjadi jika jaringan yang membangun antara gel vitreous dan retina dapat menarik retina menjauh dari belakang mata. Penyebab yang paling umum dari kondisi seperti ini ialah proliferatif retinopati diabetes atau suatu kondisi yang mengarah pada pertumbuhan jaringan parut yang dapat menarik retina sehingga jika retina berada di tempat semula maka kondisinya dapat berubah menjadi mengerut dan inilah yang juga dapat menyebabkan ablasio retina.

Penumpukan cairan di bawah retina
Kondisi penumpukan cairan ini dapat menyebabkan retina datang dari arah belakang mata. Menumpuknya cairan ini dapat disebabkan karena terjadinya peradangan atau penyakit pada retina, lapisan tepat di bawah retina (koroid) atau jaringan di mata.

Ketika penyebab di atas sudah menyerang retina, maka siapa saja bisa memungkinkan mengalami gangguan penyakit ablasio retina. Namun terdapat beberapa orang tertentu yang dapat berisiko tinggi terhadap penyakit ablasio retina, diantaranya :

Posterior detasemen vitreous, yang biasanya umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua
Penderita rabun jauh ekstrim, karena kondisi ini dapat menyebabkan beban yang berlebihan pada mata
Keluarga yang memiliki riwayat penyakit ablasio retina (faktor genetik)
Trauma pada mata, seperti akibat cedera pada mata
Orang tua yang berusia lebih dari 40 tahun
Sebelumnya pernah memiliki riwayat penyakit ablasio retina
Akibat dari komplikasi mata katarak
Karena penyakit diabetes

Meskipun anda bukan salah satu dari orang yang berisiko di atas, namun anda juga harus senantiasa menjaga kesehatan organ mata. Karena bukan hanya penyakit ablasio retina saja yang dapat mempengaruhi kerusakan mata anda, tetapi banyak kemungkinan lainnya yang bisa mengganggu kesehatan mata.

Baca Juga : Gejala Katarak Ringan

by : Tasik Herbal | Penyebab Penyakit Ablasio Retina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp Disini