Penyebab Mata Katarak dan Pencegahannya

17 May

Kepopuleran penyakit katarak sebagai penyebab utama kebutaan di seluruh dunia bukan lagi menjadi rahasia  umum, kini banyak penderita yang kehilangan penglihatannya akibat kurangnya fasilitas yang memadai akan pengetahuan mengenai  Penyebab Mata Katarak dan Pencegahannya.

Kebanyakan dari kita akan mengenal bahwa penyakit katarak adalah suatu penyakit mata yang hanya menimpa kaum lansia saja. Meskipun faktanya menunjukan hal ini, namun pada kenyataannya penyakit katarak juga dapat menyerang sebagian dari kaum muda bahkan anak-anak.

Katarak ialah suatu kondisi kesehatan yang ditandai dengan adanya gangguan pada lensa mata yang dapat menyebabkan pengaburan penglihatan atau secara fisik dapat terlihat bahwa pada lensa terdapat kabut atau kekeruhan yang pada akhirnya membuat penglihatan menjadi memburuk.

Pada mata yang normal, cahaya akan tembus sampai ke bagian belakang mat. Namun terjadinya mata katarak ini dapat menyebabkan kadar protein pada mata menjadi berkurang sehingga lensa tidak dapat meneruskan cahayanya seperti seharusnya. Inilah yang merupakan penyebab utama dari banyaknya kasus kebutaan di dunia.

Penyebab Mata Katarak dan Pencegahannya

Penyebab Mata Katarak dan Pencegahannya

Penyakit mata katarak tidak hanya dapat menimpa pada satu mata saja, tapi katarak juga dapat berkembang pada kedua mata. Namun kondisi kedua mata katarak tidak akan benar-benar simetris, kemungkinan dapa salah satu mata akan lebih maju dari yang lain.

Lensa yang ada di dalam mata bekerja seperti halnya lensa pada kamera yang akan memfokuskan cahaya ke retina untuk visi yang jelas. Lensa sendiri sebagian besar terbuat dari air dan protein yang disusun dengan cara yang tepat. Namun jika kondisi protein yang menyusun lensa mata ini berkumpul dan mulai membentuk awan kecil, maka sudah dipastikan bahwa hal ini adalah penyebab dari hilangnya penglihatan yang mengakibatkan katarak. Bahkan jika penggumpalan protein ini terus tumbuh lebih besar maka akan membuat penderita sangat sulit untuk melihat.

Selain karena memang faktor usia, penyakit mata katarak juga bisa terjadi karena beberapa faktor risiko seperti :

  • Radiasi ultraviolet dan sinar matahari serta sumber lain
  • Akibat penyakit, termasuk diabetes, hipertensi atau obesitas
  • Penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka panjang
  • Obat-obatan statin untuk mengurangi kolesterol
  • Frekuensi miopia atau mata minus yang tinggi
  • Sejarah keluarga (genetika)

Berdasarkan teori, banyak penyakit katarak yang disebabkan oleh perubahan oksidatif pada lensa manusia. Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian gizi yang menunjukan bahwa bahwa pentingnya buah-buahan dan sayuran yang mengandung tinggi antioksidan juga sangat berpengaruh bagi mata katarak.

Pencegahan Penyakit Mata Katarak

Sebelum berkembang menjadi lebih parah sehingga memerlukan tindakan operasi, penyakit mata katarak masih bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal yang dapat menurunkan potensi terhadap risiko penyakit mata katarak.

Dengan melakukan beberapa strategi berikut ini, diharapkan dapat membantu mencegah katarak atau memperlambat perkembangan katarak, diantaranya ialah :

  • Memiliki jadwal pemeriksaan mata secara teratur. Pemeriksaan mata secara berkala sangat diperlukan untuk membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap awal.
  • Berhenti merokok dan penggunaan alkohol, sebab kedua ini memiliki dampak buruk terhadap kesehatan mata serta sistem penglihatan dan dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit mata katarak.
  • Memakai kacamata hitam. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari dapat berkontribusi tinggi pada perkembangan katarak pada mata. Dengan menggunakan kacamata hitam yang menghalami b (UVB) sinar ultraviolet ketik berada di luar dapat meminimalisir risiko.
  • Mengelola masalah kesehatan lainnya, penyakit katarak juga bisa terjadi akibat dari penyakit lain seperti diabetes, maka dari itu dengan menjaga kesehatan terhadap risiko penyakit lain juga membantu mencegah katarak.
  • Menjaga berat badan agar tetap stabil, kenapa harus begitu? Karena kelebihan berat badan atau obesitas dapat menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan risiko katarak.
  • Perhatikan asupan nutrisi untuk kesehatan mata, sebab gizi dan nutrisi sangatlah penting dan amat dibutuhkan untuk membantu menjalankan fungsi dan kinerja mata, dan bahkan dari beberapa jenis buah-buahan atau sayuran memiliki kandungan yang berperan untuk mencegah terjadinya risiko penyakit mata katarak.

by : Tasik Herbal | Penyebab Mata Katarak dan Pencegahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *