Penyebab Mata Juling

17 May

Kali ini ada promo dari Tasik Herbal! Jangan sampai terlewat. Anda bisa beli Walatra Sehat Mata Softgel obat khusus gangguan kesehatan mata DISINI

Dapatkan POTONGAN HARGA SENILAI Rp 100.000 + GRATIS ONGKIR dengan mencantumkan KODE PROMO NB-MTA.

Syarat Mudah !

1. Pesan Walatra Sehat Mata Softgel mulai 2 botol ke atas 2. Pakai kode NB-MTA dalam Chat Pemesanan

Kalo beli 1 botol? Dapat potongan harga juga, hanya senilai Rp 50.000/botolnya  !

Ayo !! Buruan Pesan Jangan Lewatkan Promonya ! 

Penyebab Mata Juling -, Tak hanya dari segi estetika, ternyata kelainan mata juling juga dapat mempengaruhi pada perkembangan penglihatan. Lantas apa sebenarnya Penyebab Mata Juling yang kini marak terjadi? Apakah bisa disembuhkan?

Anda pernah melihat orang dengan keterbatasan mata juling? Tak sedikit disekitar kita orang-orang yang menderita kelainan mata ini. Mata juling atau strabismus merupakan suatu kondisi di mana kedua mata tidak terlihat fokus di tempat yang sama dan pada waktu yang sama.

Penyebab Mata Juling

Kelainan mata juling ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kondisi kontrol otot yang buruk atau memiliki riwayat rabun dekat yang sangat parah. Enam otot yang ada pada daerah mata dapat mengontrol pergerakan mata, otot akan menerima sinyal dari otak yang akan mengarahkan gerak pada mata. Biasanya mata dan juga otot akan bekerja sama sehingga akan berada di titik tempat yang sama.

Gangguan ini sangat umum terjadi pada anak-anak bahkan dapat mempengaruhi 4% dari anak-anak yang berusia 6 tahun atau yang lebih muda. Biasanya kelainan mata juling atau strabismus ini terjadi pada saat lahir yang akan dibawa hingga anak tumbuh dewasa.

Terdapat 2 jenis kelainan mata juling atau strabismus yang umumnya dapat muncul pada anak-anak hingga ia berkembang menjadi seorang yang tumbuh menjadi dewasa atau lebih tua.

  • Infantil Esotropia, yakni kelainan mata juling yang sering muncul pada bayi selama tahun pertama pada kehidupan mereka dan kelainan ini mungkin lebih sering terjadi hanya pada sau mata tidak yang lain.
  • Acquired Esotopria, biasanya lebih sering terjadi pada anak antara berusia 2 higga 5 tahun dan biasanya akan dibantu dengan penggunaan kacamata.

Lantas bagaimana asal mulanya mata juling ini bisa terjadi? Jangan kemana-mana simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Mata Juling Atau Strabimus

 

Sebenarnya kebenaran pasti mengenai penyebab kelainan mata juling atau strabismun ini belum pasti, namun diperkirakan faktor beban yang terjadi pada mata dapat mempengaruhi terhadirnya penyakit mata juling atau strabismus.

Mata juling dapat terjadi karena faktor bawaan (congential) sejak lahir atau selama 6 bulan sampai usia 2,5 tahun pertama usia anak. Tidak semua orang dapat langsung menderita kelainan mata juling seperti bawaan sejak lahir, namun ada yang tersembunyi (phoria) dan akan terlihat ketika orang itu orang itu terlihat lelah atau sakit.

Tapi selain itu, ada juga kelainan mata ini yang sudah dapat terlihat (tropi) bahkan jika orang tersebut dalam kondisi baik-baik saja. Untuk pasiesn mata juling tropia terdapat empat jenis yaitu mata penyimpangan, esotropia (mata menyimpang ke dalam), exotropia (mata menyimpang ke luar), hyperropia (mata menyimpang ke atas) serta hypotropia (mata menyimpang ke bawah).

Strabismus dapat disebabkan karena masalah dengan otot mata, saraf yang mengirimkan informasi ke otot-otot atau pusat kendali otak yang mengarah pada gerakan mata. Ini dapat berkembang karena beberapa kondisi kesehatan secara umum seperti cedera dan lainnya , serta beberapa faktor yang dapat mengembangkan terjadinya mata juling atau strabismus, yaitu :

  • Faktor keluarga (genetika), keluarga akan sangat berpengaruh pada potensi akan terjadinya mata juling.
  • Refractive kesalahan, orang yang memiliki riwayat rabun dekat yang tidak mendapatkan pengobatan (hyperopia) dapat mengembangkan terjadinya kelainan mata juling karena mereka harus melakukannya untuk menjaga kejelasan objek yang mereka lihat.
  • Kondisi kesehatan, orang dengan kondisi down sindrom dan cerebral palsy atau yang telah menderita penyakit stroke atau cedera pada daerah kepala juga memiliki risiko tinggi untuk mengembangkan strabismus.

Ketika seseorang sudah mengalami kelainan mata juling atau strabismus, maka beberapa kemungkinan ini dapat terjadi, seperti :

  1. Penderita akan melihat ganda karena kedua matanya tidak ditujukan pada satu titik yang sama.
  2. Salah satu mata dapat menekan atau mematikan (di otak untuk menghindari penglihatan ganda (diplopia).
  3. Otak dapat mengembangkan pertandingan baru dengan setiap mata sehingga fungsi pada mata akan terjadi merskipun mata tidak ditujukan pada tempat yang sama. Fenomena ini dikenal juga sebagai korespondensi retina abnormal.

Bagaimana penyembuhan mata juling strabismus?

Bagi orang yang memiliki kelainan mata juling terdapat beberapa alternatif untuk meningkatkan keselarasan dengan koordinasi antar mata, yaitu :

  • Penggunaan kacamata atau lensa
  • Visi terapi
  • Operasi otot mata

Baca Juga : Penyebab Mata Katarak dan Pencegahannya

 

by : Tasik Herbal | Penyebab Mata Juling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *