Manfaat Ekstrak Ginkgo Biloba

Manfaat Ekstrak Ginkgo Biloba -, Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang sudah terkenal bahkan telah digunakan sebagai pengobatan tradisional di negara China sana sejak hampir 300 juta tahun lamanya, sehingga tidak heran jika tanaman ginkgo biloba banyak dicari produsen suplemen herbal untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatannya.

Bahkan menurut NIH (National Institutes of Health, ginkgo biloba merupakan jenis herbal terlaris di negara Amerika yang banyak diperdagangkan dalam bentuk suplemen kesehtan.

Ginko biloba yang juga dikenal sebagai pohon maidenhair yaitu salah satu spesies tertua dari  berbagai pohon di bumi, bahkan pohon ginkgo biloba dikenal sebagai “fosil hidup” yang berarti betapa sudah tuanya umur pohon ini yang terus dan tetap bertahan setelah peristiwa kepunahan beberapa ratus tahun lalu. Ginkgo biloba disebut-sebut sebagai pohon yang memiliki sifat sangat unik, dimana pohon ini mampu tumbuh lebih dari 130 kaki dan dapat hidup lama hingga beribu-ribu tahun. Bahkan di China, terdapat pohon ginkgo biloba yang sudah berusia  lebih dari 2.500 tahun.

Tanaman ini memiliki sejumlah sifat penyembuhan dan memiliki kandungan flavonoid serta terpenoid yang merupakan jenis antioksidan yang dapat memberikan perlindungan terhadap kerusahan sel-sel oksidatif juga mencegah terhadap radikal bebas berbahaya yang bisa kapan saja menyerang tubuh.

Manfaat Ekstrak Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan

Penggunaan ginkgo biloba sebagai pengobatan sudah banyak membuahkan hasil, diantaranya sebagai berikut :

Manfaat Ekstrak Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba akan lebih baik jika dikombinasikan dengan ginseng

Ramuan ini merupakan salah satu ramuan kuno peninggalan sejarah yang ternyata manfaatnya mampu bertindak dalam meningkatkan oksigen serta segala sesuatu yang berhubungan dengan fungsi otak seperti peningkatan memori, konsentrau serta kemampuan mental lainnya. Ginkgo biloba secara signifikan mampu meningkatkan ketajaman penglihatan serta memperbaiki gangguan kerusakan pada retina mata.

Dalam sebuah studi menegaskan bahwa ginkgo biloba dinilai memiliki kekuatan bagi pengobatan depresi sebagai penenang alami serta memberikan efek menyembuhkan pada penderita sinusitis, vertigo, dan sakit kepala serta membantu meringankan kondisi pada penderita tinnitus (telinga berdeging).

Mengurangi kerusakan retina

Dalam salah satu laoporan hasil studi, ginkgo biloba menunjukan kemampuan kandungan antoioksidanya dalam memperbaiki trombosit serta sel-sel syaraf dan aliran darah yang menuju ke sistem saraf dan otak. Dalam studi tersebut juga mengatakan, bahwa ginkgo mampu meningkatkan pelebaran pembuluh darah sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kekentalan darah, dengan begitu gingko dapat membantu mengurangi kerusakan retina akibat degradasi makula dan perbaikan terhadap gangguan pendengaran yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah.

Fungsi Mental dan Alzheimer

Ginkgo biloba mampu memfasilitasi aliran darah ke selutuh tubuh. terutama pada bagian otak. Ginkgo biloba bekerja dengan menstabilkan serta meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakti degeneratif seperti gangguan fungsi mental dan alzheimer. Dalam ginkgo biloba ditemukan kandungan antioksidan yang manfaatnya dapat membantu memperlambat kerusakan pada sistem saraf, membantu memulihkan peregangan pada otot-otot saraf otak sehingga kedua permasalah tersebut yang berhubungan dengan aliran darah ke otak menurun dapat dibantu dengan manfaat dari ginko biloba.

Depresi

Ginkgo biloba juga mengambil peran penting bari para pasien yang menderita tingkat depresi yang tinggi. Ini dikarenakan kandungan dalam ginkgo biloba dapat memberikan dorongan terhadap penurunan tingkat depresi karena memiliki sifat sebagai antidepresan.

Stroke

Salah satu cara untuk penyembuhan stroke ialah dengan mencegah pembekuan darah dari pengembangannya terhadap peningkatan aliran darah ke otak. Dengan bantuan ginkgo biloba, dipercaya mampu menghambat kesusakan akibat radikal bebas dari sel-sel otak yang mengalami kerusakan pasca stroke

Seksualitas

Selain mampu membantu dalam pengobatan sejumlah penyakit, ginkgo biloba juga mampu membantu mengatasi masalah seksualitas, salah satunya adalah impotensi. Impotensi dipengaruhi oleh gangguan pada aliran darah melalui penis. Kaiannya dengan ginkgo adalah kemampuannya dalam meningkatkan kualitas aliran darah, dengan begitu gangguan aliran darah penis pada penderita impotensi dapat diatasi secara efektif dengan ginkgo biloba.

Kondisi lainnya

Selain beberapa kondisi yang telah disebutkan sebelumnya, ginkgo biloba juga mampu membantu memperbaiki atau mengatasi berbagai kondisi lain seperti diabetes yang diakibatkan kerusakan saraf serta yang buruk, alergi, kehilangan memori jangka pendek, degenerasi makula, retinopati, serta PMS dan gangguan lainnya.

Satu hal yang perlu anda perhatikan, bahwa ekstrak ginkgo biloba (GBE) yang banyak digunakan sebagai suplemen biasanya akan terbuat dari daun ginkgo kering atau beberapa diantaranya juga ada yang menggunakan biji ginkgo sebagai pencegahan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur. Nah, anda juga tidak bileh sembarangan menggunakan ginkgo biloba sebagai pengobatan karena di dalam ginkgo terkandung racun yang bisa menyebabkan kejang serta hilangnya kesadaran. Sehingga penggunaannya perlu pengawasan yang cukup serius.

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Eyebright

By Walatra Sehat Mata Softgel | Manfaat Ekstrak Ginkgo Biloba

Tinggalkan Balasan