Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Mata

tasik-herbal-respostbanner
By | 10/05/2016

Buah kiwi merupakan salah satu jenis buah yang kurang dilirik keberadaannya di pasaran, mengingat harganya yang cukup mahal maka tidak heran jika buah ini tidak banyak diminati. Tapi jangan salah, harga buah kiwi yang mahal tidak sebanding dengan Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Mata yang diperolehnya.

Buah yang berasal dari Cina dan mulai diperkenalkan di Selandia baru pada tahun 1906 ini, sekarang sudah memiliki sekitar 10 jenis kiwi yang banyak di tanam di hampir seluruh penjuru dunia seperti, Spanyol, Prancis, Italia, Amerika Serikat, Afrika Selatan hingga rusia.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Mata

Buah kiwi adalah jenis buah-buahan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi demi memenuhi kebutuhan kesehatan. Buah yang juga disebut gooseberry Cina ini mampu memberikan kekuatan antioksidan lebih banyak dibandingkan dengan jeruk ataupun lemon. Antioksidan ini dikenal sebagai senyawa yang dapat membantu dalam mencegah kerusakan sel mata yang disebut dengan senyawa radikal bebas.

Dalaam buah kiwi terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, B, C, E (termasuk niacin, vitamin B6 dan folat), sert dan magnesium serta kalsmiun namun tetap rendah natrium dan kadnungan lain yang memiliki manfaat bagi kesehatan mata seperti riboflavin, lutein dan lainnya.

Buah yang padat nutrisi ini jika dikonsumsi sebanyak 2-3 kiwi per harinya ternyata dapat melindungi mata dari bahaya risiko berbagai penyakit termasuk katarak dan kehilangan penglihatan akibat dari degenerasi makula. Kandungan yang mineral yang ditawarkan oleh buah kiwi ini memberikan keuntungan pula pada sistem saraf dan fungsi peredaran darah.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Mata

 Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa buah kiwi memiliki kandungan yang berperan dalam membantu meningkatkan kesehatan mata, apa sajakah kandungan tersebut? Simak berikut ini.

  • Lutein dan Zeaxanthin

Kedua kandungan di atas mampu berperan sebgai antioksidan yang terletak di mata, keduanya mengandung nutrisi yang sangat pentingbagi kesehatn mata. Banyak penelitian yang telah menunjukan bahwa lutein dan zeaxanthin mampu mengurangi risiko penyakit mata kronis termasuk pada Age-relaed Macular Degeneration (AMD dan katarak.

Lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai penyaring bahaya energitinggi yang dipancarkan dari gelombang cahaya biru yang dapat merusak retina serta membantu memelihara dan melindungi sel-sel sehat pada mata serta berguna untuk memprediksi suatu penyakit dan fungsi visual pada mata. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin seperti halnya buah anggur, tubuh anda akan mendapatkan jumlah harian lutein dan zeaxathin yang cukup dan seimbang bagi tubuh khususnya bagi kesehatan mata dan bagian retinanya.

  • Tembaga

Selama ini tak banyak yang mengenal manfaat dari senyawa tembaga ini, namun ternyata manfaatnya memberikan efek sangat positif bagi kesehatan mata. Tembaga merupakan mineral penting yang membatu membantu fungsi sostem saraf yang lebih sehat. Dengan mempertahankan sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik, maka akan meningkatkan pula dari kinerja retina yang optimal. Dimana bagian dari mata yang berisi saraf ini bergna untuk mengkonversi gambar menjadi impuls listrik yang dialirkan ke otak untuk menafsirkannya.

Dengan mengkonsumsi secangkir jus kiwi dapar menyediakan sekita 20% dari asupan harian untuk memenuhi nutrisi dari senyawa tembaga pada tubuh

  • Vitamin C

Vitamin yang satu ini memiliki peran sebagai antioksidan dalam pencegah penyakit mata. Ini karena vitamin C serta antioksidan lainnya dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan mendorong suatu pertumbuhan sel-sel baru. Menurut peneliti di National Eye Institute meyakini bahwa asuan tinggi vitamin C dapat membantu dalam pencegahan pembentukan penyakit mata katarak yang lebih sering ditemukan pada orang tua. Dengan secangkir irisan buah kiwi mengandung sekitar 167 miligram vitamin C bahkan 2 kali lebih banyak dari nutrisi viamin C yang ada pada buah jeruk

Hebatnya lagi, jika buah kiwi ini dikonsumsi wanita yang sedang hamil dapat menambah manfaat yang lebih banyak lagi. Selain baik untuk kesehatan matanya, kandungan asam folat yang ada pada buah kiwi sangat baik bagi ibu hamil dalam upaya mencegah kecacatan pada otak serta saraf tulang belakang janin.

by : Tasik Herbal | Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *