Manfaat Buah Apel Untuk Mata

11 May

Buah yang memiliki banyak variasi warna ini telah dikenal dengan kemampuannya untuk memenuhi nutrisi serta gizi untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh. Nutrisi yang didapatnya dapat pula memberikan Manfaat Buah Apel Untuk Mata hingga penyakit seganas kanker.

Buah yang memiliki nama ilmiah Malus domestica ini sangat populer di belahan dunia. Buah apel masik termasuk ke dalam keluarga Rosaceae dan memiliki rasa yang manis, renyah ketika digigit dan warnanya yang sangat menggoda membuat buah apel memiliki banyak peminat dan keberadaannya yang sudah beredar luas di pasaran, sehingga buah ini tidak akan sulit untuk ditemukan.

Manfaat Buah Apel Untuk Mata

Buah apel memiliki kandungan yang sangat beragam macamnya, apel memiliki kekayaan vitamin, mineral, nutrisi serta senyawa organik. Termasuk nutrisi penting yang ada di dalamnya seperti Vitamin A, B1, B6, C, dan K, riboflavin, serta kandungan mineralnya termasuk tembaga, mangan, kalsium dan magnesium. Ternyata buah apel juga sangat baik dijadikan sebagai sumber dari serat makanan, dalam satu porsi buah apel terdapat 12% kebutuhan serat harian bagi yang dapat diperoleh tubuh.

Bahkan kini buah apel banyak dijadikan sebagai racikan yang bisa digunakan dalam membantu mengobati berbagai keluhan kesehatan. Contohnya saja seperti racikan cuka sari apel yang kini lebih dikenal memiliki manfaat untuk penyembuhan batu ginjal dan bahkan apel disinyalir sebagai makanan yang sangat tepat sebagai pencegahan penyakit kanker.

Menurut seorang peneliti di Cornell Uniersity yang telah mengidentifikasi kandungan senyawa yang berada di dalam buah apel, dimana hasilnya menunjukan bahwa terdapat senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel yang diketahui memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti pada kanker usus besar, liver, serta kanker payudara.

Nah, lantas bagaimana selanjutnya dari buah apel untuk kesehatan mata? Tidak kalah dengan buah-buahan atau sayuran lain, buah apel juga memiliki kemampuan penting yang berguna bagi kesehatan mata, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Buah Apel Untuk Mata

Buah apel dipercaya mampu membuat kesehatan mata menjadi leih kuat dan meningkatkan sistem penglihatan, salah satunya kemampuan buah apel dalam membantu mengatasi rabun senja. Katanya ini dikarenakan sebuah fakta bahwa buah apat kaya akan senyawa flavonoid dan fitonutrien antioksidannya yang dapat membantu mengurangi dampak dari radikal bebas pada mata dan mencegahnya dari kemungkinan penyakit mata seperti degenerasi makula, katarak dan penyakit mata glaukoma.

Dari sebuah penelitian jangka panjang menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah yang kaya antioksidan seperti apel dapat memiliki risiko terkena katarak hingga 10-50 persen lebih sedikit daripada orang yang tidak mengkonsumsi buah apel.

Kandungan penting dalam buah apel yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan :

  • Vitamin
    Buah apel dikemas dengan berbagai kandungan vitamin sperti vitamin A dan C. Menurut pakar dari University of Illinois, bahwa hampir setengahnya dari kandungan vitamin C yang terdapat pada buah tomat terletak di bawah kulitnya. Yang mana telah kita ketahui bahwa kandungan vitamin C ini sangat berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat serta mengontrol dari tekanan darah agar tetap stabil.Vitamin A sendiri telah dikenal memiliki sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh organ mata kita, vitamin A bermanfaat untuk melindungi mata kita dari berbagai risiko gangguan atau kerusakan dan mengembangkan lapisan sehat pada mata dan organ lain dalam tubuh.

    Kedua kandungan vitamin tersebut dapat membantu dalam mengatasi kebutaan pada malah hari. Vitamin A dan C dapat menjaga dan memperkuat mata serta membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah memburuknya kondisi penglihatan

  • Antioksidan
    Pada kulit buah apel memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi, bahkan menurut Cornell University Chronicle Online, kulit apel sangat kaya akan senyawa phytochemical kuat seperti flavonoid dan asam fenolat, dimana kedua senyawa ini bekerja dalam membantu sel-sel dalam tubuh termasuk pada organ mata dari molekul destruktif yang disebut juga dengan radikal bebas.

Selain vitamin dan antioksidan ada juga kandungan mineral dan serat yang ada dalam buah apel dengan berbagai senyawa di dalamnya dapat memberikan manfaat dengan membantu mempromosikan sel-sel yang tepat untuk memperlancar dan memperbaiki fungsi jantung dan pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari buah apel tidaklah susah, karena kini buah apel sudah bisa anda temukan dimana-mana dengan. Sebelum gangguan kesehatan mata menyerang anda, buah apel bisa anda konsumsi dari sekarang sebagai pencegahan sejak dini. 🙂

Baca Juga : Manfaat Buah Kenop Untuk Kesehatan

by : Tasik Herbal | Manfaat Buah Apel Untuk Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *