Khasiat dan Manfaat Zinc Untuk Mata

Khasiat dan Manfaat Zinc Untuk Mata -, Zinc memiliki peranan penting untuk membantu fungsi tubuh agar tetap berjalan normal, fungsinya sangat diperlukan dalam sistem penglihatan dengan membuat kinerja mata menjadi lebih baik, menjaga kesehatan mata serta memenuhi nutrisi cukup yang dibutuhkan untuk sistem penglihatan.

Secara alami kandungan zinc dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan ataupun tersedia dalam bentuk suplemen kesehatan yang kini banyak beredar di pasaran. Dalam berbagai jenis makanan, zinc bisa ditemukan pada protein hewani termasuk ayam, telur, daging, berbagai jenis seapud terutama tiram, sumber nabati termasuk pada kacang-kacanganserta biji-bijian, sayuran berdaunhijau, buah alpukat serta berbagai sayuran laut sepertirumput lait dan spirulina.

Zinc bisa dikatakan juga sebagai senyawa semacam mineral yang ada dalam tubuh manusia. Zinc diyakini sebagai komponen penting pada penglihatan karena tingkat mineral yang paling tinggi banyak ditemukan pada daerah makula salah satu bagian dari retina mata.  Kandungan zinc ini dapat memungkinkan vitamin A untuk membuat pigmen yang sisebut sebagai melamin yang berfungsi untuk melindungi mata, kemudian zinc juga menunjuknan kemampuannya untuk memperoleh penglihatan yang lebih baik di malam hari.

Khasiat dan Manfaat Zinc Untuk Mata

Khasiat dan Manfaat Zinc Untuk Mata

Berbagai gangguan penglihatan rata-rata akan membutuhkan zinc untuk memenuhi nutrisi pada bagaianmata terutama bagaian retina mata yang mengalami gangguan atau kerusakan. Sehingga zinc mampu berkonsentrasi di daerah mata terlebih yang berhubungan langsung dengan retina maupun jaringan lapisan pembuluh darah di bawah retina.

Beberapa diantaranya yang mengalami kekurangan zinc dapat memiliki risiko lebih tinggi terhadap alopecia atau kehilangan berbagai rambut mulai dari rambut yang aa di kepala, alis hingga buku mata, kelelahan mental serta peningkatan kerentanan terhadap infeksi bakteri. Bahkan orang yang rentan terkena degenerasi makula yang berkaitan dengan usia (AMD) dapat mengambil manfaat dari asupan zinc untuk mengembalikan nutrisi harian yang hilang akibat degenerasi makula sehingga nutrisi pada mata dengan begitu pemeliharaan kesehatan mata dapat berjalan lebih baik lagi.

Manfaat Seng Terhadap Degenerasi Makula

Degenerasi makula ialah suatu kondisi di mana bagian tengah pada bidang visual mata mengalami penurunan pigmentasi serta perubahan degeneratif pada makula di bagian retina. Kekurangan senga dalam tubuh ternyata dapat menurunkanukuran bagian penghasil pigmen, maka dari itulah zinc dibutuhkan untuk membantu mengatasi kondisi degenerasi makula terkait usia.

Manfaat zinc sebagai antioksidan kuat

Kerusakan retina akibat berbagai faktor dapat dihindari maupaun dicegah dengan meningkatkan nutrisi kandungan zinc dalam tubuh.

Antioksidan dikenal dengan fungsinya sebagai penangkal radikal bebas, antioksidan berperan dalam membantu memperbaiki fungsi dari retina itu sendiri agar bisa pulih kembali dan dapat bekerja secara optimal serta melindungi retina agar jauh dari kerusakan.

Manfaat Zinc Untuk Katarak Mata

Dalam Journal of Food, Agricultural, Nutrition and Development, menemukan bahwa definisi dari zinc memiliki keterlibatan pada tinginya relevansi pembentukan katarak mata. Di mana zinc memiliki kemampuan untuk melindungi lensa dari bahaya kerusakan oksidatif termasuk yang menyebabkan pembentukan katarak.

Zinc, Selenium dan Glaukoma

Zinc dan selenium dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit glaukoma, yaitu sebuah kondisi dimana terdapat tekanan yang terjadi di daerah mata yang dapat menyebabkan kerusakan saraf optik mata hingga bisa menyebabkan kebutaan. Sehingga diperlukan asupan dari kandungan zinc dan selenium yang cukup sebagai makanan harian para penderita glaukoma untuk menghindari perkembangan penyakit glaukoma serta pencegahan sejak dini terhadap penyakit mata yang satu ini.

Manfaat Zinc Untuk Rabun Senja

Dengan mengkonsumsi zinc dalam jumlah sekitar 150-450 mg dalam sehari dapat membantu memperbaiki penglihatan, salah satunya pada kasus rabun senja. Zinc akan meningkatkan kemampuan sistem penglihatan yang sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kekurangan penghilahan pada malam hari atau rabun senja. Vitamin A memang paling terkenal dalam kinerjanya untuk kesehatan mata, untuk merangsang enzim tertentu agar bisa bekerja di malam hari pada sistem penglihatan, namun enzim tidak akan berfungsi tanpa ada zinc, maka dari itulah enzim menjadi elemen penting dalam mengurangi risiko rabun senja.

Ternyata tak hanya memenuhi kebutuhan vitamin A saja yang bisa meningkatkan kualitas penglihatan, tetapi kebutuhan zinc juga diperlukan untuk dapat melengkapi kesehatan mata serta penglihatan yang lebih baik. Salam sehat ­čÖé

Baca Juga : Manfaat Ekstrak Biji Anggur Untuk Mata

By Walatra Sehat Mata Softgel | Khasiat dan Manfaat Zinc Untuk Mata

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>