Khasiat dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata

7 May

Kelinci dikenal memiliki penglihatan tajam yang konon katanya karena sering mengkonsumsi wortel sebagai makanan favoritnya. Lantas benarkah wortel baik untuk kesehatan mata? Bagi anda yang masih ragu, wajib menyimak seputar Khasiat dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata berikut ini.

Khasiat dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata

Ketika seseorang mengalami gangguan terhadap kesehatan mata, terutama yang berkaitan dengan berkurangnya intensitas penglihatan tak jarang orang terdekatnya akan menyarankan mereka untuk mengkonsumsi wortel sebagai salah satu solusinya. Lalu seberapa pentingkah wortel untuk kesehatan mata? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Khasiat dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata, mari kita kenali dahulu apa itu wortel agar semakin bersemangat untuk mengkonsumsi wortel.

Wortel memiliki nama latin Daucus carota adalah salah satu tanaman yang tumbuh subur di daerah pegunungan dengan suhu udara yang dingin dan lembab. Tanaman ini memiliki warna oranye terang yang sangat menggoda. Warna oranye yang dihasilkan oleh wortel merupakan hasil rekayasa dari budidaya yang dilakukan oleh salah satu ilmuwan Belanda pada abad ke-17. Warna wortel yang asli ialah berwarna ungu lalu direkayasa menjadi warna oranye sebagai lambang dari warna kebanggaan belanda.

Wortel memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang bernilai tinggi, yaitu dikenal dengan kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi hingga sebesar 12.000 SI. Selain vitamin A, kandungan lainnya juga menyertai wortel seperti vitamin B1, vitamin C, protein, beta-karoten, kalori, lemak, akalsium, fosfor, besi dan hidrat arang.

Khasiat dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata

Berbagai kandungan yang terdapat dalam wortel, disinyalir sangat ampuh untuk memenuhi nutrisi penting untuk kesehatan mata. Wortel juga diperkaya zat beta-karoten yang juga memiliki manfaat luar biasa untuk menutrisi mata. Beta-karoten yaitu pigmen karotenoid yang merupakan prekursor penting bagi vitamin A. Ketika tubuh kekurangan asupan nutrisi vitamin A maka dapat meningkatkan risiko terhadap perkembangan kebutaan. Akibat kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan beberapa kondisi berikut ini :

  • Katarak
  • Degenerasi makula
  • Xeroftalmia, yaitu kondisi mata kering dengan pembengkakan pada kelopak mata dan ulkus kornea

Secara umum, wortel memiliki manfaat dalam membantu mengurangi risiko terhadap rabun senja

Penyakit yang umumnya sering terjadi pada orang tua ini akan dirasakan pada saat senja menjelang malam, oleh karena itulah penyakit ini disebut dengan rabun senja. Penyebab dari rabun senja ini ternyata disebabkan akibat kekurangan vitamin A dalam tubuhnya. Vitamin A dapat membantu dalam merubah sinyal molekul yang berasal dari sinar yang diterima oleh retina mata menjadi suatu proyeksi gambar yang terekam di otak kita, dan ini didukung oleh senyawa retinol yang berperan penting dalam hal tersebut. Retinol bersama dengan senyawa rodopsin kemudian akan membentuk suatu kompleks pigmen yang bersifat sensitif terhadap cahaya untuk meminimalisir sinyal cahaya tadi ke otak.

Dengan terpenuhinya kandungan vitamin A, masalah yang terdapat pada rabun senja tersebut diyakini dapat meringankan bahkan menghilangkan gangguan tersebut. apalagi dengan adanya kandungan beta-karoten yang dapat membantu memperbaiki dan memperkuat sistem penglihatan yang kian hari kian melemah.

Wortel memang sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai solusi ampuh untuk mengatasi kesehatan mata, maka tidak heran jika banyak orang yang mempercayakan sayuran berwarna oranye ini untuk mencegah terjadinya rabun senja. Selain rabun senja, berbagai penyakit atau gangguan lainnya pada mata juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi wortel secara teratur, diantaranya katarak, glaukoma dan rabun mata.

Selain manfaatnya pada kesehatan mata, wortel juga diperkaya sebagai antibodi yang bertindak untuk mempertahankan diri dari menjaga kesehatan. Ketika antibodi menurun atau sedang tidak normal, maka tubuh akan sangat mudah terjangkit berbagai penyakit. Maka dari itu, anda disarankan untuk mengkonsumsi sayuran yang mampu meningkatkan antibodi termasuk wortel.

Wortel bisa dimanfaatkan dalm berbagai jenis variasi, salah satu yang paling populer ialah dibuat menjadi jus. Cara pembuatannya pun sangatlah mudah, anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Siapkan wortel yang sudah dikupas dan dicuci bersih
  • Potong-potong wortel untuk mempermudah proses penghalusan
  • Kemudian wortel siap untuk di blender

Tidak perlu menambahkan gula pada jus wortel, karena pada dasarnya wortel sendiri sudah memiliki rasa manis. Namun bagi anda yang tidak terlalu suka dengan rasa original wortel, bisa menambahkan madu sebagai pemanis jus wortel anda.

Perlu diingat untuk tidak menambahkan gula pasir pada jus wortel anda, karena gula pasir memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi.

by : Tasik Herbal | Khasiat dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *