Khasiat dan Manfaat Riboflavin Untuk Mata

Khasiat dan Manfaat Riboflavin Untuk Mata -, Sebuah kandungan yang dikenal juga dengan vitamin B2 ini dapat memberikan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh, yang lebih terkenal adalah manfaatnya bagi kesehatan mata.

Khasiat dan Manfaat Riboflavin Untuk MataRiboflavin merupakan salah satu bagian dari vitamin B esensial yang dikenal mampu mendukung fungsi adrenal, membantu menenangkan serta menjaga sistem saraf dan memfasilitasi dari proses metabolisme yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi. Begitu kaitannya dengan sistem metabolisme, riboflavin akan sangat dibutuhkan dalam memproduksi energi dan fungsi sel normal dalam pertumbuhan.

Riboflavin juga sama pentingnya dalam membantu vitamin B lainnya. Dari penelitian, menunjukan bahwa riboflavin ini memiliki peranan sebagai antioksidan yang sanga berpotensi dalam mencegah perkembangan sel kanker dan mencegah serta memblokir celah-celah penumpukan kolesterol dengan cara mengontrol ploriferasi molekul berbahaya yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Efek Kekurangan Riboflavin

Begitu berperannya riboflavin atau vitamin B2 ini sehingga ketika kekurangan nutrisi dari kandungan ini maka tubuh pun akan menimbulkan gangguan. Tak sedikit dari beberapa kasus kekurangan nutrisi dari riboflavin ini dapat menyebabkan kelemahan tubuh, pembengkakan pada tenggorokan atau sakit tenggorokan bahkan hingga dapat menimbulkan radang pada tenggorokan, lidah menjadi bengkak, kulit pecah-pecah termasuk yang sering terlihat pada bibir, dermatitis kulit serta anemia.

Defisiensi atau kekurangan nutrisi dari kandungan riboflavin atau vitamin B2 juga bisa berpengaruh pada sistem penglihatan, dimana sistem penglihatan juga dapat mengalami berbagai macam gangguan seperti penglihatan kabur serta gatal-gatal pada bagian mata, mata merah, mata berair, serta membuat mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya sehingga mengakibatkan mata menjadi mudah lelah.

Kekurangan riboflavin bisa terjadi pada berbagai kalangan, namun yang lebih rentan mengalami defisiesi riboflavin adalah kelompok orang tua atau lansia juga orang sakit serta pecandu alkohol tingkat kronis.

Sumber penting dari Ribovlafin atau Vitamin B2

Manfaat dari kandungan riboflaviin atau vitamin B2 dapat didapatkan dari berbagai makanan, namun kadang sejumlah makanan mengandung riboflavin ini banyak diabaikan. Sumber riboflavin yang paling tinggi bisa didapat dari ragi atau jenis olahan yang menggunakan ragi, kedelai dan hati. Beberapa sumber lainnya adalah seperti brokoli, buah alpukat, daging tanpa lemak, jamur, tiram dan salmon.

Beberapa makanan tersebut mungkin tidak banyak yang sering kita temukan, tapi tidak perlu khawatir ternyata dalam daftar makanan termasuk telur, dan jenis kacang-kacangan juga terdapat kandungan riboflavin atau vitamin B2. Hebatnya lagi, kandungan riboflavin berbeda dengan kandungan nutrisi lain, jika kandugan lain ketika di masak kandungan nutrisinya akan berkurang bahkan hilang, pada riboflavin adalah sebalinya. Kandungan riboflavin tidak akan hilang meskipun dimasak dalam berbagai olahan apapun, hanya saja kandungan ini akan hilang dan dihancurkan oleh cahaya yang kuat serta baking soda.

Khasiat dan Manfaat Riboflavin Untuk Mata

Riboflavin atau vitamin B2 memiliki peran begitu penting untuk kesehatan mata, sehingga kandungan ini dipercaya dan menjadi peran utama yang bertanggung jawab dalam kesehatn kornea. Adapun Khasiat dan Manfaat Riboflavin dapat membantu dalam mengatasi berbagai gangguan pada mata.

Menurut penelitian oleh salah seorang ilmuwan dari University of Michigan, bawa riboflavin dibutuhkan untk melindungi glutathione yaitu salahs atu antioksidan penting pada mata. NLM atau AS National Lobrary of Medicine juga melaporkan bahwa dalam makananyang kaya akan kandungan riboflavin juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit katarak. Dengan mengkonsumsi suplemen dengan kandungan riboflavin dapat membantu mencegah terjadinya penyakit katarak yang dikenal sebagai penyebab kebutaan utama di Indonesia.

Kondisi lain yang dapat mengganggu mata

Ketika mata sangat peka terhadap akan cayaya, mata dapat mengangalami berbagai gangguan yang membuat ketidaknyamanan. Efek dari sensitivitas cahaya ini dapat menyebabkan ketajaman penglihatan menjadi berkurang atau bahkan bisa menimbulkan gejala seperti mata merah dan berair.

Di negara berkembang seperti Eropa, riboflavin sudah banyak dikembangkan salah satunya yaitu dapat membantu memfasilitasi transepitelial CXl atau yang sering disebut juga dengan Ricolin TE. Kemudian para peneliti berhasil mengevaluasiefektivitas transepitelial CXl hingga menghasilkan suatu suatu laporan bahwa riboflavin benar terbukti menjadi salah satu pengobatan lini pertama bagi orang dengan kondisi kelainan atau gangguan mata seperti degenerasi marjinal, keratoconus serta kelemahan kornea.

Riboflavin memang tidak begitu populer di telinga kita sebagai kaum awam, namun untuk mendapatkan manfaat dari kandungan ini beberapa makanan yang telah disebutkan di atas bisa menjadi referensi anda dalam mendapatkan Khasiat dan Manfaat Riboflavin Untuk Mata. Salam sehat 🙂

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Blueberry Untuk Mata

By Tasik Herbal | Khasiat dan Manfaat Riboflavin Untuk Mata

Tinggalkan Balasan