Khasiat dan Manfaat Lutein Untuk Mata

Khasiat dan Manfaat Lutein Untuk Mata -, Seiring bertambahnya usia kondisi penglihatan semakin menurun sehingga berpotensi mengalami kondisi yang dikenal sebagai degenerasi makula, bahkan dalam kondisi cukup parah dapat menyebabkan kebutaan. Namun tidak perlu khawatir, senyawa lutein dapat anda manfaatkan sebagai salah satu terapi untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan pada mata dan penglihatan anda.

Khasiat dan Manfaat Lutein Untuk Mata

Lutein merupakan sejenis senyawa karteroid yang dihasilkan dari beberapa sumber makanan, Terdapat lebih dari 600 jumlah katerid alami , dimana senyawa ini adalah yang bertanggung jawab terhadap penglihatan yang menghasilkan warna yang kita lihat. Bersama antioksidan, lutein membantu menghalangi paparan cahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Senyawa lutein ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis buah-buahan dan sayuran seperti, jeruk, mangga, anggur, bayam, wortel, brokoli dan berbagai jenis buah dan sayur lainnya serta kuning telur.

Khasiat dan Manfaat Lutein Untuk Mata

Lutein memang sangat terkenal sebagai nutiri baik yang sangat penting ditubuhkan oleh mata, fungsinya yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata adalah untuk mengurasi dari risiko degenerasi makula dan katarak serta gangguan pada mata lainnya. Khasaiat dan Manfaat Lutein Untuk Mata serta penglihatan bisa dilihat dari fungsinya berikut ini :

  • Melindungi Fungsi Mata
    Setiap makanan yang mengandung lutein maka akan memberikan efek karotenoid alami. Karotenoid inilah yang merupakan bahan aktif yang bertindak sebagai pelindung mata dari berbagai kerusakan. Lutein dapat melindungai mata dari kerusakan akibat bertambahnya usia serta menjaga fungsi penglihatan agar tetap normal bahkan hingga tingkat optimal meskipun usia terus bertambah. Maka dari itu, perlu sekali untuk mengkonsumsi makanan yang mengantung kaotenoid sejak dini sebagai pencegahan jangka panjang.
  • Mencegah Mata Katarak
    Berkaitan lagi dengan usia, katarak biasanya akan muncul pada orang yang berusia lanjut atau sudah tidak produktif lagi. Katarak akan menimbulkan penglihatan menjadi kabur karena adanya pembentukan lapisankeruh pada mata yang menghalangi penglihatan. Dengan memenuhi kebutuhan lutein yang cukup, dapat membantu anda dalam pencegahan kondisi mata katarak terjadi serta perbaikan penglihatan yang cukup efektif.
  • Memperkuat Retina Mata
    Lagi-lagi kaitannya dengan pertambahan usia. Ketika usia bertambah disitu juga nutrisi yang ada pada retina mata secara otomatis akan berkurang karena kebanyakan fungsi-fungsinya sudah lemak. Namun dengan manfaat dari lutein, beberapa fungsi yang sudah hampir tidak dapat berfungsi dapat meningkat lagi serta melindungi dan mempertahankan retina dari berbagai kerusakan sehingga meningkatkan kualitas kesehatan pada mata.
  • Manfaat lutein lainnya untuk kesehatan mata
    Membantu mengurangi kelelahan pada mata serta sensitivitas mata terhadap silau, Membantu mempromosikan fungsi fisual dan kepadatan lensa mata yang tepat, Sebagai penguat jaringan mata dan mendukung ketajaman visual yang dihasilkan oleh mata

Lutein tak hanya dapat memberikan manfaat bagi sistem penglihatan saja, lutein juga merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Manfaat yang dihasilkan oleh lutein akan dirasakan secara bertahap. Bersamaan dengan zeaxanthin, lutein memiliki fungsi antioksidan yang penting bagi tubuh sebagai rute pigmen penting dalam menjaga tubuh dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas yang merupakan mplekul tidak stabil sebeagai penyebab utama timbulnya penyakit pada tubuh manusia. Lutein dapat membantu melindungi terhadap ateroklerosis (penumpukan simpanan lemak di arteri) yang merupakan suatu penyakit yang sebagian besar mengarah pada serangan jantung.

Penelitian Terhadap Lutein

Menurut studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliri dari School of Medichine and Opthalmologi Universitas Indiana, membuktikan bahwa kandungan lutein dan zaaxanthin adalah yang paling banyak menyumbangkan keragaman terhadap kerapatanmakular. Ini menunjukan senyawa lutein dan zeaxanthin adalah salah satu determinan utama pada kerapatan pigmen optik makular.

Sedangkan pada penelitian lain yang dilakukan oleh Dr MaxSnodderlu dari Harvard University menemukan bahwa cahaya biru merupakan salah satu penyebab utama pada kesusakan mata yang dapat menyebabkan foto-oksidasi pada daerah makula. Foko-oksidasi ini yang dapat mengakibatkan kerusakan pada retina.

Dari penelitian di atas menyimpulkan bahwa kandungan lutein dapat membantu mencegah kerusakan pada retina baik diakibatkan oleh cahaya biru ataupun penyebab lainnya dengan cara menyerap cahaya tersebut sebagai pencegahan foto-oksidasi.

Baca Juga : Manfaat Ekstrak Ginkgo Biloba

By Walatra Sehat Mata Softgel | Khasiat dan Manfaat Lutein Untuk Mata

Tinggalkan Balasan