Khasiat dan Manfaat Eyebright

Khasiat dan Manfaat Eyebright -, Eyebright merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki fungsi sebagai obat. Telah banyak bukti yang menunjukan bahwa tanaman ini benar-benar berguna untuk kesehatan. Mungkin belum banyak yang mengenal jenis tanaman ini, sehingga khasiat serta manfaatnya pun belum banyak yang tahu.  Nah, dalam artikel kali ini akan sedikit membahas ulasan mengenai Khasiat dan Manfaat Eyebright untuk menambah wawasan anda serta sebagai salah satu referensi pengobatan.

Khasiat dan Manfaat Eyebright

Sejenis apakah eyebright ini?

Eyebright suatu jenis tanaman yang memiliki nama ilmiah Euphrasia officinalis, yaitu tanaman herbal yang berasal dari famili figwort. Keseluruhan bagian dai eyebrigt bisa digunakan sebagai bahan pengobatan herbal. Umumnya tanaman eyebright ini dikenal sebagai suatu alternatif pengobatan untuk mengatasi permasalahan pada mata. Menurut para ahli, eyebright memiliki banyak kandungan bahan kimia, organik serta sifat gizi yang tak hanya dapat membantu mengobati masalah mata tetapi juga membantu mengatasi sejumlah kondisi pada kesehatan.

Tanaman Eyebright mengandung banyak sekali nutrisi, seperti viramin B, C dan E serta beta-karoten, alkaloid, antioksidan (seperti asam caffeic, adam ferulic dan flavonoid), glikosida iridoid, senyawa defensif, tanin serta minyak atsiri.

Kegunaan Eyebright

Eyebright sendiri sebenarnya telah digunakan sejak berabad-abad lamanya sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional untul berbagai penyakit. Khususnya banyak digunakan sebagai pengobatan untuk mengatasi penyakit pada organ mata, seperti mata merah atau mata tegang, iritasi mata, mata berair, belpharitis (radang mata), konjungtivitis (infeksi pada mata) bahkan hingga penyakit yang dikenal sebagai penyebab kebutaan terbesar yaitu katarak.

Manfaatnya tak hanya ditemukan pada kesehatan mata saja, terbukti eyebright juga mampu mengtatasi berbagai kondisi lain seperti pada masalah pernafasan dan juga masalah kulit, hingga memperbaiki memori buruk dimana eyebrigt dapat merespon secara baik untuk perawatan berbagai kondisi.

Khasiat dan Manfaat Eyebright

Tak hanya pada zaman dahulu saja, bahkan di zaman yang sudah modern seperti ini pun eyebright masih diperlukan kegunaannya, karena memang pada dasarnya tanaman ini memiliki khasiat dan manfaat yang sangat luar biasa. Berikut ini adalah berikut ini adalah beberapa Khasiat dan Manfaat Eyebright untuk kesehatan :

Untuk Mengatasi Permasalahan Mata

 Eyebright sangat populer dengan manfaatnya yang banyak digunakan untuk membantu mengobati masalah yang berhubungan dengan mata, seperti :

Peradangan pada mata
Peradangan mata ini bisa terjadi menjadi beberapa gejala penyakit, seperti mata blepharitis, oftalmia, tembel dan setiap peradangan lainnya pada mata. Adanya eyebight sangat menguntungkan untuk dijadikan sebagai kompres mata alami, rasa dingin yang hadir karena tanaman eyebright dapt menguangi radang pada mata.

Untuk memanfaatkan eyebright sebagai bahan untuk mengompres radang mata, anda bisa menggunakan teh eyebright sebagai solusinya, resep ramuan ini bisa menjadi referensi untuk anda :

  • cukup ambil 1 sendok teh eyebright yang telah dicuci bersih
  • rebus dalam 1 setengah cangkir air hingga mendidih
  • Kemudian tiriskan daun-daun teh eyebright dengan menggunakan saringan sehingga yang tersisa hanya airnya saja
  • celupkan kapas sebagai alat untuk mengompres pada bagian radang mata
  • lakukan ini setiap empat kali sehari

Mata katarak, Mata berair serta Mata merah
Eyebright bisa digunakan sebagai obat pencuci mata untuk mengatasi keluhan katarak, mata berair dan mata merah. Dengan terapi seperti ini dipercaya mampu meringankan gejala penyakit mata tersebut. Namun sayangnya, penggunaannya hanya berguna untuk pengobatan jangka pendek. Selebihnya penderita harus tetap melakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter agar proses penyembuhan lebih cepat.

Untuk menjadikan eyebright sebagai obat pencuci mata bisa menggunakan resep ramuan berikut ini :

  • masukan 5-8 tetes tingtur dalam 2 gelas air
  • masukan 1 sendok teh eyebright dalam 1 setengah cangkir air
  • kemudian campurkan keduanya dan aduk hingga air dirasa agak cukup dingin
  • lakukan pengobatan pencuci mata ini sebanyak 4 kali sehari.

Mengatasi Sinusitis, pilek serta alergi musiman yang dapat menyerang pernafasan

Hal ini karena dalam eyebright terdapat senyawa yang dianggap mampu mengobati ketidaknyamanan pernafasan. Zat tanin yang terdapat pada eyebriht mampu mengurangi lendir pada gejala pilek dan flu. Ini didukung pula dengan senyawa flavonoid dan defensif eyeright yang juga dapat membantu dalam mengobati alergi musiman seperti batuk, pilek dan lainnya.

Teh eyebright juga bisa dijadikan pilihan untuk digunakan dalam mengatasi permasalaha ini.

Dalam mengatasi permasalahan kulit
Eyebright memiliki efek antibakteri yang diketahui memiliki efek yag cukup mencengangkan banyak kalangan, dimana eyebright dapat membantu dalam mengatasi kulit berminyak yang menjadi salah satu penyebab berbagai masalah kulit seperti jerawat serta iritasi kulit.

Bermanfaat untuk memperbaiki penurunan daya ingat
Kandungan flavonoid dan beta-karoten yang terdapat dalam eyebright dapat membantu dalam perannya meningkatkan kinerja sistem kognitif serta memperkuat ingatan yang kian memburuk. Dari kandungan-kandungan alami yang terdapat pada eyebright mampu meningkatkan memori secara bertahap.

Pengetahuan mengenai eyebright memang belum banyak, namun dengan adanya artikel ini semoga bisa menambah wawasan anda akan berbagai tanaman herbal yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya tanaman eyebright. Salam sehat 🙂

Baca Juga : Khasiat Riboflavin Untuk Mata

By Walatra Sehat Mata Softgel | Khasiat dan Manfaat Eyebright

Tinggalkan Balasan