Khasiat dan Manfaat Buah Anggur Untuk Mata

10 May

Anggur merupakan salah satu jenis buah yang memiliki ukuran amat kecil tapi memiliki segudang khasiat yang sangat luar biasa, bahkan kini anggur banyak dijadikan sebagai salah satu bahan herbal pada suplemen mata. Mau tahu apa saja Khasiat dan Manfaat Buah Anggur Untuk Mata? Mari cermati ulasan berikut ini.

Anggur memiliki banyak variasi warna, seperti anggur merah, hijau ataupun hitam. Apapun warna anggur yang anda sukai, ternyata dibalik warna yang menggoda dan ukurannya yang cukup mungil anggur memiliki nutrisi gizi yang cukup untuk kesehatan mata.

Bahkan menurut penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh Bascom Palmer Eye Institute of Miami telah menyoroti bahwa dengan mengkonsumsi buah anggur memiliki perananpenting untuk mengurangi risiko kesehatan mata serta memastikan anggur sebagai salah satu perawatan mata yang tepat.

Tanaman yang telah lama dibudidayakan ini memiliki kandungan yang sangat beragam, diantaranya ialah kandungan vitamin B1, B2, B3, B9, vitamin C, vitamin K folat, asam pantotenat dan berbagai kandungan lainnya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan harian manusia.

Yang membuat buah anggur sangat berkhasiat bagi kesehatan, ini dikarenakan perannya dari senyawa resveratol dan polifenol sebagai senyawa aktif yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu dalam proses metabolisme serta pencegahan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, senyawa ini terkombinasi dengan senyawa metabolit sekunder yang menjadi formula sebagai penangkal radikal bebas melalui perannya sebagai antioksidan.

Khasiat dan Manfaat Buah Anggur Untuk Mata

Khsiat dan Manfaat Buah Anggur Untuk Mata

Tak hanya berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, kandungan yang ada pada buah anggur juga mampu berkonsentrasi dalam mengatasi keluhan kesehatan pada organ mata. Bahkan buah anggur disebut-sebut sebagai pelindung mata beserta kesehatan retinanya.

Kenapa retina mata? Karena retina memiliki peranan penting bagi sistem penglihatan, dimana retina merupakan bagian dari mata yang mengandung sel-sel yang dapat merespon cahaya atau yang lebih dikenal sebagai fotoreseptor. Kesehatan retina ini benar-benar harus diperhatikan, karena jika retina mengalami kerusakan maka akan menurunkan risiko terhadap degeneratif retina yang pada akhirnya dapat menyebabkan matinya sel fotoreseptor hingga berujung kebutaan bahkan bisa bersifat secara permanen.

Menurut penelitian yang dipresentadikan pada konferensi Association of Research in Vision and Ophthalmology (ARVO) menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi anggur secara teratur dapat berperan dalam perlindungan retina dari kerusakan serta sebagai perawatan mata yang tepat bagi penyakit degeneratif retina atau makula sebagai salah satu penyebab utama dari kebutaan.

Seperti yang dikemukakan pada konferensi ARVO bahwa buah anggur diperkaya dengan efek perlingungan pada struktur dan fungsi retina, membuat buah anggur mampu meningkatkan jumlah protein yang dibawa untuk perlindungan retina dan protein inflamasi yang mencegah terjadinya peradangan pada retina. Hal ini juga didukung dengan fungsinya dalam melawan stress oksidatif yang dibawa oleh kandungan antioksidan pada buah anggur.

Mengkonsumsi buah anggur yang lezat dan menyegarkan akan memberikan sensasi fantastis oleh tubuh anda sebagai reaksi dari kandungannya untuk kesehatan. Dengan buah anggur fungsi retina sebagai fotoreseptor dapat berjalan kembali secara normal sehingga gangguan atau kelainan penglihatan yang sebelumnya pernah terjadi seperti mata minus, plus bahkan katarak dapat kembali pulih secara berangsur-angsur.

Dengan biaya yang sangat murah anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan kesehatan mata, dengan mengkonsumsi buah anggur saja tak hanya kesehatan mata tetapi kesehatan tubuh lainnya pun bisa anda dapatkan, seperti :

  • Menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan pelebaran pembuluh darah yang akan memberikan kesempatan pada darah untuk mengalirkan ke seluruh tubuh dengan lebih mudah.
  • Sebagai sumber gula darah yang baik. Buah anggur memiliki sajian sekitar 43-53 kadar glikemik dimana ini menunjukan kadar glikemik yang cukup rendah. Pada sebuah studi yang telah dikembangkan saat ini, keseimbangan dari kadar gula darah yang baik berkaitan dengan kandungan phytonutrisi yang ada di dalam buah anggur.
  • Ini yang lebih penting, dimana dengan mengkonsumsi buah anggur secara teratur dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh akan lebih kuat terhadap berbagai serangan virus atau bakteri dan berbagai jenis parasit lainnya sebagai pembawa penyakit.

by : Tasik herbal | Khasiat dan Manfaat Buah Anggur Untuk Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *