Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Mata

6 May

Alpukat lebih dikenal dalam membantu proses penurunan berat badan sehingga sangat cocok dijadikan sebagai menu diet sehat, namun bagaimana dengan kesehatan mata? Bagaimana kandungan buah alpukat untuk mata? Simak Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Mata secara detail hanya disini.

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Mata

Alpukat adalah jenis buah-buahan yang paling sering dijadikan sebagai hidangan minuman seperti jus dan sangat banyak digemari oleh berbagai kalangan. Selain enak, buah satu ini juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperoleh kesehatan tubuh. Disamping unggul dalam masalah diet, siapa sangkan buah yang memiliki stuktur padat ini ternyata memiliki berbagai kandungan yang juga bisa anda gunakan sebagai salah satu terapi sederhana untuk kesehatan mata.

Kabar baiknya buah alpukat adalah termasuk salah satu jenis makanan yang masuk pada jenis healtiesfood sehingga keunggulan alpukat bagi kesehatan tidak dapat diragukan lagi. Di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang dapat memberikan nutrisi penting bagi tubuh, hanya saja kandungan dari masing-masing buah alpukat akan berbeda-beda sesuai dengan ukuran buah alpukat itu sendiri.

Setidaknya dalam buah alpukat terdapat kandungan vitamin A, B, C, E dan K, beta-karoten, klorofil, saponin, serat, alkaloid dan tanin serta memiliki antioksidan yang cukup cuat dan kadar gula yang sedikit. Alpukat juga mengandung banyak mineral kalium namun tetap rendah nutrium.

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Mata

Beta-karoten pada buah alpukat yang diperkaya pula dengan antioksi dan kuat memberikan efek yang sangat signifikan dapat membantu melindungi sel-sel termasuk pada mata dari kerusakan.

Kandungan beta-karoten disebut juga sebagai pro-vitamin A dimana kegunaannya untuk mata lebih efektif daripada vitamin A. Beta-karoten berfungsi untuk menghambat penuaan dini pada otot-otot mata sehingga dapat membantu pencegahan kebutaan kelak di usia senja. Meskpiun demikian, vitamin A tetap memiliki perannya sendiri dalam kesehatan mata. Di mana vitamin A berguna untuk menjaga kejernihan korea mata dan menjadi salah satu komponen penting yang dibutuhkan dalam sel-sel retina mata

Alpukat Salah Satu Sumber Lutein

Buah alpukat merupakan salah satu sumber lutein, kenapa? Ini karena buah alpukat memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dimana lutein sendiri merupakan antioksidan alami yang dapat membantu menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

Menurut American Optometric Association, lutein dan zeaxanthin adalah sebuah karotenoid yang berfungsi untuk memfilter berbagai macam ancaman bahaya terutama gelombang cahaya biru yang menjadi salahs atu penyebab kerusakan pada mata, keduanya juag berfungsi sebagai antioksidan pada mata untuk melindungi dari berbagai sel-sel jahat yang menyerang pada bagian mata.

Lutein telah terbukti mampu berkonsentrasi dan bertanggung jawab di daeah makula mata, bahkandalam beberapa penelitianpun menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpukat yang mengandung kurang lebih 81 mikrogram lutein per harinya dapat membantu melindungi penglihatan agar tetap sehat sebagai aset masa tua dan sebagai pencegahan sejak dini terhadap perkembangan penyakit katarak di masa yang akan datang.

Karena alasan itulah alpukat adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan banyak lutein dalam bentuk makanan. Dengan menambahkan alpukat pada berbagai variasi makanan dapat membantu memperoleh lutein dengan cara yang sangat mudah.

Membantu dalam penyerapan nutrisi lebih baik

Diketahui bahwa buah alpukat dapat meningkatkan sejumlah karotenoid dalam tubuh, termasuk dalam karotenoid ini adalah beta-karotenoid dan likopen yang mampu membantu agar nutrisi yang dipeoleh dari makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh sehingga tingkat kesehatan menjadi lebih berkualitas dan meningkat. Peningkatan ini dikarenakan nutrisi dan enzim yang ada dalam buah alpukat mampu mengurangi peradangan pada lambung serta lapisan mukosa pada usus sehingga keduanya mampu bekerja dengan baik tanpa mengurangi fungsinya untuk menyerap makanan.

Untuk mendapatkan nutrisi dari buah alpukat sangatlah mudah, buah alpukat bisa dijadikan berbagai macam variasi makanan atau minuman seperti jus alpukat atau menjadi salah satu campuran pada salad atau sandwic. Buah alupat juga bisa ditemukan di mana saja, sehingga tidak akan sulit bagi anda untuk mendapatkan kemurnian khaisatnya untuk kesehatan mata. ­čÖé

| Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *