Gejala Katarak Ringan

Terkadang penyakit katarak bisa datang tanpa kita sadari, padahal dari hal-hal ringan pun sebenarnya bisa menjadi sebuah tanda, maka dari itu ketahui Gejala Katarak Ringan sejak dini agar dapat melakukan pencegahan dan pengobatan sedini mungkin.

Kebanyakan penyakit mata katarak ditemukan setelah berada dalam kondisi yang sudah parah. Banyak dari mereka yang tidak menyadari akan Gejala Katarak Ringan yang menimpanya sehingga dengan sendirinya mereka membiarkan penyakit katarak terus berkembang.

Kenapa banyak dari mereka yang tidak menyadari adanya gejala katarak ringan? Mungkin ini berhubungan dengan faktor yang mempengaruhi daya ingat penderita, karena kebanyakan penderita katarak yaitu didominasi oleh orang tua atau lanjut usia sehingga secara otomatis daya ingat mereka pun sudah mulai menurun. Atau mereka menganggap bahwa gejala yang terjadi bukanlah suatu yang perlu dikhawatirkan.

Gejala Katarak Ringan Yang Harus Anda Ketahui

Gejala Katarak Ringan

Penyakit mata katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di seluruh dunia yang menyebabkan berjuta-juta orang kehilangan penglihatannya secara perlahan.

Katarak sendiri ialah suatu perubahan penuaan universal lensa mata secara alami. Di mana suatu kondisi yang berkembang dari waktu ke waktu seiring bertambahnya usia, semakin parah penyakit mata katarak maka akan semakin parah pula gejala yang dirasakan oleh penderita. Namun sebelum berkembang pada potensi penyakit yang lebih parah, gejala-gejala ringan juga mungkin terjadi pada awal penyakit katarak.

Katarak dapat berkembang selama bertahun-tahun, pada awalnya memang diawali dengan permasalahan yang tidak begitu mencolok menandakan penyakit katarak. Bahkan penyakit mata katarak dapat berkembang di kedua mata walaupun masing-masing dari kedua mata memiliki pengaruh yang berbeda satu sama lain.

Penglihatan kabur biasanya akan menandai pada awal gangguan penyakit ini, atau juga mempengaruhi padndangan dengan cara berikut ini :

  • Anda mungkin akan kesulitan untuk melihat dalam cahaya yang redup atau bahkan sangat terang.
  • Silau dari lampu yang terang akan menyilaukan atau membuat tidak nyaman ketika melihatnya.
  • Pengliahatan terhadap warna akan memudar akan kurang jelas.
  • Segala yang dilihat mungkin akan bernada kuning atau coklat.
  • Kemungkinan memiliki penglihatan ganda.
  • Dapat melihat halo atau lingkaran cahaya di sekitar lampu terang, seperti lampu depan mobil atau lampu jalan.
  • Jika menggunakan kacamata mata, mungkin anda akan menemukan bahwa penggunaan kacamata sendiri sudah dirasa tidak efektif dari waktu ke waktu dalam membantu penglihatannya.

Penyakit katarak tidak akan membuat mata menjadi menyakitkan dan tidak pula mengiritasi mata, hanya saja dapat sedikit menyebabkan mata menjadi merah.

Siapa saja yang dapat terpengaruh terhadap penyakit katarak?

Tidak heran jika penyakit katarak banyak terjadi pada lansia karna memang usia merupakan salah satu faktor utama dari penyebab berekmbangnya penyakit mata katarak. Bahkan di Inggris, kebanyakan orang yang berusaia antara kisaran 65 tahun atau lebih memiliki beberapa derajat gangguan penglihatan yang disebabkan oleh penyakit mata katrak, tak mengenaljenis kelamin pria dan wanita sama-sama bisa terpengaruh.

Meskipun demikian, namun kadang-kadang penyakit katarak juga dapat mempengaruhi anak-anak bahkan bayi atau yang lebih dikenal dengan sebutan katarak kecil.

Katarak pada masa kanak-kanak lebih sering disebut sebagai :

  • Katarak kongenital, yaitu katarak yang hadi sejak bayi lahit atau sesudahnya.
  • Perkembangan, yaitu penyakit mata katarak pada yang terjadi pada anak-anak atau remaja.

Katarak pada bayi dan anak-anak memang jarang terjadi, diperkirakan dapat mempengaruhi antara tiga dan empat orang di setiap 10.000 anak di Inggris.

Gejala Katarak Ringan Pada Anak-Anak

Seperti halnya penyakit mata katarak yang terjadi pada orang tua, katarak pada anak-anak pun bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata. Cairan berawan pada lensa mata juga bisa membesar dan dapat lebih berkembang seiring waktu sehingga fungsi visual dang anak juga semakin terpengaruh. Katarak pada anak juga dapat menyebabkan “mata bergoyang-goyang” dan juling di mana mata menunjuk dalam arah yang berbeda.

Ketika usia anak masih sangat muda, mungkin akan sangat sulit untukk menemukan tanda-tanda katarak. Namun untuk mengetahui mata bayi anda terpengaruh katarak atau tidak anda bisa melakukan pemeriksaan mata secara rutin dalam waktu 72 jam setelah lahir dan ketika mereka berusia enam sampai delapan minggu. Bahkan penyakit mata katarak justru dapat terlihat perkembangannya setelah melihat hasil tes skrining.

Itulah beberapa Gejala Katarak Ringan yang memang sepele tapi ini sangat penting sebagai upaya untuk mengetahui potensi atau perkembangan penyakit mata katarak.

Anda Ingin Merasakan Gejala Katarak Ringan Seperti Diatas ?

Kini Telah Hadir Obat Khusus Masalah Kesehatan Mata Walatra Sehat Mata Softgel

EFEKTIF SEMBUHKAN GEJALA KATARAK SECARA ALAMI

KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT !

Baca Juga : Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

by : Walatra Sehat Mata Softgel | Gejala Katarak Ringan

Leave a Comment