Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Anda tahu apa itu penyakit trakoma pada mata? Penyakit menular ini dapat menyebabkan kebutaan yang diakibatkan oleh infeksi yang menimpa lebih dari 20 juta warga di dunia, maka ketahui Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata selengkapnya hanya disini.

Trakoma merupakan salah satu penyebab utama kebutaan yang masih dapat dicegah. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan bahwa penyakit trakoma bertanggung jawab pada penderita tunanetra dari 2,2 juta orang di mana diantaranya 1,2 juta adalah ireversibel buta.

Mulanya penyakit trakoma mata ini hanya dapat menyebabkan gatal-gatal atau iritasi ringan pada mata dan kelopak mata sehingga anda bisa mengetahuinya dari tanda kelopak mata yang mulai membengkak serta mengeluarkan nanah pada air mata. Sebagian dari infeksi ini biasanya akan berlangsung dengan menyebabkan rasa sakit pada mata serta penglihatan yang kebur dari hari ke hari. Jika infeksi ini tidak diobati dengan cepat dan tepat, maka dapat menyebabkan jaringan parut terjadi di dalam kelopak mata.

Maka sari itu, wajib bagi semua kalangan untuk mengetahui Ciri Ciri serta Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata yang dominannya terjadi karena faktor kesehatan lingkungan yang kurang mendukung.

Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Ciri Ciri Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Penyakti mata trakoma sudah banyak berkembang di negara-negara berkembang di mana kondisi kondisi hidup penduduknya yang sangat padat dan sanitasi lingkungan kyang tidak memadai sehingga mambantu penyebaran penyakit lebih cepat. Hal ini dapat menular dan menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi trakoma atau lewat benda-benda yang terkontaminasi olehnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa sebagian besar anak-anak dan perempuan memiliki infeksi trakoma yang aktif di tubuhnya dengan ciri-ciri penyakit trakoma sebagai berikut :

  • Gatal-gatal ringan dan iritasi yang terjadi pada mata dan kelopak mata
  • Mengalami perubahan dari kondisi mata menjadi mengandung lendir atau nanah
  • Terjadi pembengkakan pada kelopak mata
  • Sinsitivitas terhadap cahaya (photophobia)
  • Sakit mata

Ciri-ciri atau gejala pada penyakit trakoma ini berkembang dalam 5 tahapan, yakni :

  1. Peradangan – Folikel, infeksi baru akan dimulai dalam tahap ini, antara lima atau lebih folikel (benjolan kecil yang berisi limfosit sejenis sel darah putih) akan terlihat dengan pembesaran pada permukaan bagian dalam kelopak mata bagian atas (konjungtiva)
  2. Peradangan – Intens, pada tahapan ini, mata akan menjadi sangat menular menyebarkan virus infeksi trakoma dengan penebalan atau pembengkakan pada kelopak mata atas.
  3. Jaringan parut pada kelopak mata, infeksi yang terjadi secara berulang dapat menyebabkan jaringan parut pada kelopak mata bagian dalam. Kelopak mata dapat menjadi terdisrotsi dan dapat berubah dalam (entropion).
  4. Bulu mata yang tumbuh ke dalam (trichiasis). Lapisan bagian dalam yang harus berubah bentuk seiring kondisinya yang semakin memburuk, maka menyebabkan bulu mata untuk menyerah akan kondisi mata sehingga bulu-bulu mata ini menggosok pada permukaan luar transparan pada mata (kornea).
  5. Kornea berkabut, kornea akan terpengaruh oleh peradangan yang terjadi, peradangan terus menerus meningkat karena efek dari gesekan bulu mata yang berbalik arah ke mengaburkan kornea.

Dalam kondisi tertentu, jaringan kelenjar kelopak mata termasuk kelenjar air mata (kelenjar lakrimal) juga dapat berpengaruh sehingga menyebabkan kekeringan ekstrim pada mata yang akan memperparah masalah trakoma bahkan lebih.

Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Berbagai gejala yang terjadi pada penyakit trakoma tidak akan hadir tanpa penyebab. Penyakit trakoma terjadi disebabkan subtipe tertentu dari pertumbuhan bakteri Chlamydia trachomatis yaitu bakteri yang juga menyebabkan terjadinya penyakit menular seksual klamidia.

Penyakit trakoma dapat menyebar dan menular melalui kontak dengan langsung dengan mata, kelopak mata, hidung ataupun sekresi tenggorokan dari orang yang telah terinfeksi bakteri chlamydia. Kontak langsung bisa berupa cairan yang keluar dari mata atau hidung, atau berbagai arah lain, seperti tangan, pakaian, handuk dan serangga yang bisa menjadi rute atau perantara untuk transmisi bakteri tersebut. Di berbagai negara berkembang, lalat menjadi salah satu sarana transmisi penyebaran infeksi bakteri pada trakoma mata.

Anda Divonis Mengalami Mata Trakoma ?

Kini Telah Hadir Obat Khusus Masalah Kesehatan Mata Walatra Sehat Mata Softgel

EFEKTIF SEMBUHKAN MATA TRAKOMA SECARA ALAMI

KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT !

Baca Juga : Penyebab Mata Juling

by : Walatra Sehat Mata Softgel | Ciri Ciri, Penyebab Penyakit Trakoma Pada Mata

Leave a Comment