Ciri Ciri Penyakit Katarak Pada Mata

9 May

Kali ini ada promo dari Tasik Herbal! Jangan sampai terlewat. Anda bisa beli Walatra Sehat Mata Softgel obat khusus gangguan kesehatan mata DISINI

Dapatkan POTONGAN HARGA SENILAI Rp 100.000 + GRATIS ONGKIR dengan mencantumkan KODE PROMO NB-MTA.

Syarat Mudah !

1. Pesan Walatra Sehat Mata Softgel mulai 2 botol ke atas 2. Pakai kode NB-MTA dalam Chat Pemesanan

Kalo beli 1 botol? Dapat potongan harga juga, hanya senilai Rp 50.000/botolnya  !

Ayo !! Buruan Pesan Jangan Lewatkan Promonya ! 

Penyakit mata katarak dikategorikan ke dalam salah satu penyebab kebutaan utama terbesar di Indonesia, sayangnya penyakit ini lebih sering diketahui saat menjelang parah. Maka dari itu, kini Ciri Ciri Penyakit Katarak Pada Mata sangatlah diperlukan sebagai upaya pencegahan mata katarak sejak dini.

Ciri Ciri Penyakit Katarak Pada Mata

Penyakit mata katarak akan menyerang pada bagian bagian pusat lensa dengan membentuk kabut berupa cairan keruh pada mata. Inilah yang menyebabkan gangguan penglihatan rabun jauh serta pandangan yang berubah menjadi ganda atau lebih dari satu pada penderita penyakit mata katarak.

Penyakit katarak biasanya akan terjadi bahkan selalu dikaitkan dengan faktor usia karena kenanyakan dari penderita katarak sendiri adalah dari kalangan lansia, namun ada beberapa jenis penyakit katarak yang diantaranya bisa mempengaruhi pada orang yang belum dikategorikan lansia atau bahkan anak-anak, antara lain :

Berikut ini adalah 2 jenis penyakit mata katarak yang perlu anda pahami :

  1. Penyakit Katarak Pada Usia Lanjut
    Pada katarak jenis ini, penderita katarak lebih didominasi oleh lansia yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas. Awalnya penderita penyakit katarak jenis ini masih dapat melihat denganbantuan kacamata serta cahaya yang lebih terang. Namun seiring waktu, mata katarak dapat berkembang lebih cepat sehingga menyebabkan gangguan penglihatan yang lebih parah bahkan kebutaan.
  2. Penyakit Katarak Kongenital
    Berbeda jauh dengan katarak pada usia lanjut, katarak jenis ini biasanya akan terjadi pada bayi baru lahir atau sesaat setelah bayi lahir. Kondisi penyakit mata katarak kongenital ini dapat berkembang pada anak-anak hingga menginjak usia remaja.

Bagaimana penyakit mata katarak bisa terjadi?

Mata katarak ditandai dengan adanya kekeruhan pada lensa mata, lantas apa penyebab terjadinya keruh pada mata ini? Pembentukan mata katarak dapat terjadi melalui 2 tahapan, yaitu :

  1. Proses pembentukan mata katarak disebabkan karena adanya pembentukan protein pada bagian lensa mata, yang mana hal ini dapat menyebabkan mata menjadi seperti melihat awan yang kemudian menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke dalam retina menjadi berkurang secara terus menerus. Proses pembentukan protein atau bagian keruh pada mata ini bisa berlangsung cukup cepat maupun lambat sesuai dengan tingkat imunitas atau kesehatan dari penderita penyakit mata katarak.
  2. Perubahan dari pertumbuhan pada lensa mata, biasanya perubahan ini akan terlihat jelas dari warna lensa mata sendiri. Perubahan tersebut akan dimulai dari warna hitam, lalu hitam cerah, kuning coklat dan terus memudar hingga menjadi berwarna putih.

Ciri Ciri Penyakit Katarak Pada Mata

Pengetahuan mengenai Ciri Ciri Penyakit Katarak Pada Mata perlu diketahui sejak dini supaya pencegahan dan pengobatan bisa dilakukan sejak dini pula untuk menghindari risiko perkembangan penyakit mata katarak yang lebih parah lagi. Berikut ini adalah beberapa dari Ciri Ciri Penyakit Katarak Pada Mata :

  • Mata berawan alis mata berkabut alias keruh memang identik pada penderita penyakit mata katarak. Ini menyebabkan menghalangi pada penglihatan.
  • Rabun jauh progresif pada orang tua atau yang sering disebut juga dengan “Second sight” karena meskipun mungkin intensitas penglihatan penderita katarak semakin parah, namun mereka tidak memerlukan kacamata karena memang penggunaan kacamata pun tidak cukup membantu.
  • Perubahan dalam cara melihat warna.
  • Permasalahan pada saat mengemudi di malam hari seperti karena efek silau dari lampu lalu lintas.
  • Bermasalah pula dengan cahaya silau pada siang hari, sehingga membuat penglihatan seolah menjadi ganda atau lebih dari satu.
  • Perubahan secara mendadak pada resep kacamata yang biasa anda pakai.

Pada awalnya kekeruhan dalam suatu visi pada mata yang disebabkan oleh katarak dapat mempengaruhi hanya sebagian kecil dari dari lensa mata hingga banyak penderita yang tidak menyadari bahwa sedikit demi sedikit penglihatan mereka mulai berkurang atau bahkan hilang.

Katarak dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar, sehingga bagian keruh pada mata dapat menutup keseluruhan dari lensa mata. Maka dengan adanya pengetahuan mengenai Ciri Ciri Penyakit Katarak Pada Mata, anda dapat melakukan pencegahan lebih awal dan memilih pengobatan yang lebih tepat dan aman untuk menyembuhkan penyakit katarak.

Akhir kata dari artikel kali ini, salam sehat 🙂

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Buah Anggur Untuk Mata

by : Tasik Herbal | Ciri Ciri Penyakit Katarak Pada Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *