Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus

Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus – Kebanyakan penderita mata minus akan menyadari terkena mata minus setelah kondisi mata minusnya sudah terlanjut tinggi sehingga merasa sulit untuk melakukan pengobatan. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus secara lengkap agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus

Penyakit mata minus merupakan salah satu gangguan atau kelainan mata yang sudah banyak terjadi di masyarakat, tidak mengenal usia penyakit mata minus ini banyak terjadi pula pada anak-anak. Biasanya penyakit ini akan timbul karena kebiasaan-kebiasaan buruk kita sendiri, salah satunya karena terlalu lama berada di layar monitor komputer atau gadget.

Mata minus atau yang dikenal dalam istilah medis dengan miopia adalah kondisi yang akan menyulitkan anda untuk melihat objek-ojek yang berjarak jauh. Penyakit ini diakibatkan karena kondisi kornea yang terlalu cembung sehingga tidak dapat sehingga penderita mata minus ketika cahaya masuk pada mata tidak fokus ke daerah retina melainkan jauh di depannya dan inilah yang menyebabkan tidak bisa melihat jarak jauh pada penderita mata minus.

Bahkan menurut penelitian baru-baru ini oleh National Eye Institute (NEI) menunjukan bahwa prevalensi miopia tumbuh dari 25% populasi di Amerika Serikat dengan kisaran usia antara 12-54 tahun. Meskipunpenyaki ini belum pasti penyebabnya, namun diperkirakan mata minus dapat terjadi karena sesuatu yang bisa membuat mata menjadi lelah sehingga fungsinya mulai melemah ditambah lagi dengan kecenderungan genetik yang dapat mempengaruhi penyakit mata minus ini terjadi.

Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus

Beberapa hal berikut ini biasanya akan sering terjadi pada Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus, berikut diantaranya :

  • Penglihatan akan menjadi buram ketika melihat suatu objek seperti benda dalam jarak jauh. Atau orang awam sering menyebutnya dengan rabun jauh.
  • Kecenderungan untuk menyipitkan mata atau kelopak amata secara terus menerus sebagai upaya untuk meningkatkan kejelasan mata.
  • Sakit kepala akibat kelelahan pada mata
  • Kesulitan untuk melihat saat mengemudikan kendaraan sehingga akan membutuhkan sedikit bantuan kacamata minus, trutama jika berada pada kondisi malam hari (night myopia) .
  • Memerlukan posisi duduk yang lebih dekat untuk berkonsentrasi dalam melihat suatu objek.
  • Mendekatkan buku atau apapun ketika hendak dibaca.
  • Tidak mampu untuk melihat objek yang jauh.
  • Mengedipkan mata secara berlebihan
  • Lebih sering menggosok mata walaupun dalam keadaan baik-baik saja.
  • Bola mata akan terasa perih hingga mengeluarkan air mata.
  • Mata minus biasanya tidak akan kuat jika melihat benda terang seperti cahaya lampu maupun matahari.

Kondisi tersebut jika akan bertambah semakin parah jika tidak dilakukan upaya pengobatan yang tepat. Karenanya sekarang ini banyak para penderita mata minus menggunakan kacamata minus sebagai salah satu alah bantu penglihatan yang umum di masyarakat bagi penderita mata minus. Padalah perlu anda ketahui, bahwa penggunaan kacamata bukanlah solusi tepat dalam mengatasi mata minus. Bukannya intensitas mata minus berkurang, dengan penggunaan kacamata secara terus menerus justru akan menambah dari frekuensi mata minus.

Komplikasi Mata Minus

Bahkan pengunaan kcamata dapat menjadi suatu hal wajib yang tidak bisa dihindari, penggunaannya sangat dibutuhkan karena jika mata minus ini terus bertambah tinggi maka dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit mata yang lebih serius seperti lepasnya retina atau ablasio retina hingga glaukoma dan katarak yang bisa mengakibatkan pada kebutaan secara permanen.

Dari pada anda menggunakan kacamata dalam jangka panjang yang justru dapat memperburuk kondisi mata minus anda, lebih baik sedikit-demi sedikit anda lakukan pengobatan serta pencegahan secara sederhana yang sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, yaitu :

  1. Menjaga asupan nutrisi bagi kesehatan terutama mata, mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung senyawa penting untuk mata seperti sayuran dan buah-buahan terasuk minyak ikan salmon sebagai vitamin juga dapat membantu memperbaiki gangguan mata minus dan menjaga kesehatan mata.
  2. Hindari rokok. Dengan menghindari rokok, baik bagi perokok aktif maupun pasif tak hanya membantu menghindari bahaya sistem pernafasan tetapi juga membantu memperbaiki kondisi kesehatan mata.
  3. Istirahat yang cukup secara berkala. Tidak hanya tubuh kita saja yang memerlukan istirahat, tapi mata pun juga sama. Setelah seharian bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, mata memerlukan istirahat untuk memulihkankembali kondisinya agar dapat bekerja secara optimal kembali.

Mata merupakan salah satu organ penting untuk menunjang segala aktifitas anda sehari-hari, maka dari itu jaga selalu kesehatan mata anda agar terhindar dari penyakit mata minus yang dapat terjadi karena kebiasaan diri sendiri.

Baca Juga : Ciri Ciri Penderita Mata Silinder

by : Tasik Herbal | Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Mata Minus

Leave a Comment